Garuda Indonesia melakukan perluasan jaringan dalam kerja sama codeshare dengan Etihad (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ pixabay)

Hai Traveller, Yuk Kenalan dengan Istilah Codeshare

15 November 2022   |   12:47 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Gehype yang suka traveling pasti sering mendengar sejumlah istilah asing dalam dunia penerbangan. Salah satu dari sejumlah istilah yang mungkin kalian dengar dalam industri penerbangan itu adalah codeshare. Seperti apa ya maksud codeshare?

Sebagaimana dilansir dari laman emirates.com, codeshare adalah kerja sama saat maskapai penerbangan mengangkut penumpang yang tiketnya diterbitkan oleh maskapai penerbangan lainnya.

Dengan kerja sama ini, traveller memiliki tujuan penerbangan yang lebih luas jika dibandingkan tidak melakukan kerja sama codeshare dengan maskapai lainnya atau menggunakan rute yang diterbangi sendiri.

Maskapai dapat menawarkan penerbangan lanjutan kepada calon pelancong dengan memiliki kemitraan codeshare dengan maskapai lainnya. Penerbangan lanjutan tersebut bisa menggunakan penerbangan dari maskapai lainnya yang telah menjalin kerja sama codeshare.

Baca jugaMengenal Flightradar 24, Layanan Lacak Penerbangan Pesawat Secara Online

Tidak hanya itu, pelancong juga dapat memesan penerbangan lanjutan itu di laman satu maskapai meskipun dapat menggunakan penerbangan dari maskapai lain. Koper yang kalian bawa bahkan disebut dapat tidak perlu diambil di bandara transit saat berganti pesawat.

“Ketika Anda memesan penerbangan codeshare, tiket Anda akan memuat nomor penerbangan maskapai tempat Anda memesan perjalanan, meskipun beberapa bagian perjalanan Anda akan berada di penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan lain dan memuat nomor penerbangan lain dari yang dicetak pada tiket Anda,” demikian tertulis dalam laman Emirates.com.

Saat ini, banyak maskapai melakukan kerja sama codeshare. Di antara banyak maskapai yang melakukan kerja sama itu adalah maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan bahwa Garuda Indonesia melakukan perluasan jaringan dalam kerja sama codeshare dengan Etihad Airways, dan menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait hal itu.

Menurutnya, kerja sama itu sebagai bentuk perluasan jaringan penerbangan perusahaan dan diharapkan dapat mendukung penuh penguatan ekosistem pariwisata nasional secara berkelanjutan seiring potensi kunjungan wisatawan mancanegara yang kian menjanjikan pada saat ini.

Para penumpang Etihad Airways dapat melanjutkan perjalanan menuju ke sejumlah wilayah di Indonesia Timur, di antaranya Ambon, Biak, Jayapura, Gorontalo, Kendari, Kupang, Lombok, Merauke, Palu, dan Timika dengan menggunakan penerbangan Garuda melalui kerja sama codeshare ini.

Sementara itu, penumpang Garuda  dapat melakukan perjalanan menuju Amerika Serikat seperti Chicago, New York, dan Washington serta menuju Istanbul, Turki, dari Abu Dhabi menggunakan penerbangan Etihad Airways.

Menurutnya, ketersediaan rute tersebut melengkapi jaringan rute penerbangan codeshare Garuda Indonesia dan Etihad yang telah terjalin sejak 2012 yang meliputi wilayah Indonesia, Asia Tenggara, Eropa, hingga Timur Tengah.

“Adanya inisiatif perluasan jaringan penerbangan melalui rute penerbangan codeshare ini juga diharapkan dapat membawa nilai tambah layanan bagi penumpang Garuda Indonesia baik dari segi kenyamanan dan kemudahan untuk menuju destinasi di berbagai belahan benua lainnya dengan memanfaatkan jaringan penerbangan dari Etihad,” katanya.

Group Chief Executives Officer of Etihad Aviation Group, Antonolado Neves, berharap kerja sama yang terjadi menjadi sebuah sinergi berkelanjutan yang mendalam antara Garuda Indonesia dan Etihad dalam menjajaki berbagai potensi yang dapat meningkatkan upaya pemberian manfaat dan pengalaman bagi kedua pengguna jasa. “Utamanya bagi mereka yang sering melakukan aktivitas bepergian,” katanya.

Dia menambahkan bahwa perusahaan juga berharap kerja sama yang terjalin dapat terus memaksimalkan perluasan jaringan penerbangan yang ada di luar hub penerbangan perusahaan pada saat ini.

Baca juga10 Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Intip 5 Artis yang Sukses Berbisnis Kuliner

BERIKUTNYA

Siap-siap Ticket War! Begini Cara Beli Tiket Konser BLACKPINK di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: