Ilustrasi maskapai penerbangan (Sumber gambar: John McArthur/Unsplash.com)

Mengenal Flightradar 24, Layanan Lacak Penerbangan Pesawat Secara Online

30 August 2022   |   14:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Kecanggihan teknologi digital penerbangan dibuktikan dengan berkembangnya situs yang mampu melacak pesawat yang sedang terbang. Situs pelacakan pesawat membantu kita mengetahui keberadaan maskapai hingga pesawat militer yang sedang mengudara secara real time. Diketahui terdapat hingga 200 ribu pesawat yang mengudara di langit dunia.

Jumlah pesawat itu tak hanya diisi maskapai komersil, namun juga pesawat militer, pesawat muatan kargo, helicopter, drone, dan jet yang disewa untuk kepentingan pribadi. Peran situs yang mampu melacak penerbangan pesawat secara online dibutuhkan untuk memantau pergerakan angkutan udara. 

Baca juga: Yuk Intip 5 Pesawat Boeing & Airbus yang Paling Banyak Dipakai Maskapai 

Flightradar24 merupakan salah satu situs yang menyediakan layanan pelacakan angkutan udara di seluruh dunia. Dengan cara menangkap sinyal dari transponder, situs tersebut memanfaatkan teknologi Automatic Dependent Surveillance Braodcast dari alat komunikasi pesawat kepada ATC.

Melalui situs Flightradar24, pengguna bisa melihat pesawat yang bergerak diatas langit, disertai cuaca penerbangan hingga data lengkap berbagai bandara di dunia. Tak hanya itu, situs ini juga memampangkan ikon pesawat diatas peta dunia yang lengkap dengan jalur penerbangan, tujuan penerbangan, nomor maskapai penerbangan, ketinggian, kecepatan, hingga posisi pesawat.

Diciptakan oleh Svenska Resenatverket AB, bukan mudah bagi tim Flightradar24 mengembangkan situs dengan layanan yang saat ini. Diperlukan pengumpulan data dan pembangunan jaringan Automatic Dependent Surveillance Braodcast hingga puluhan ribu unit di dunia. Sebanyak 34 ribu Automatic Dependent Surveillance Braodcast dibangun hingga daerah terpencil demi penangkapan sinyal yang lebih baik dalam pelacakan pesawat.

Selain dalam format situs, Flightradar24 juga dapat diakses di smartphone yang aplikasinya bida diunduh di App Store atau Google Play Store. Tak semua layanan dan fitur bersifat gratis, pengguna dapat berlangganan dengan harga Rp469.000 per tahun untuk mengakses semua data penerbangan dengan lengkap. 
 

Lantas, bagaimana cara melacak penerbangan secara realtime melalui situs Flightradar24? Yuk simak! 
 
  1. Unduh aplikasi Flightradar24 di Google Play Store atau App Store
  2. Buka aplikasi dan pengguna akan diperlihatkan peta dunia dengan ikon pesawat yang menyebar di seluruh dunia
  3. Saat ingin melacak penerbangan tertentu, Genhype dapat melakukan klik pada kolom search
  4. Masukkan data pesawat yang ingin dipantau, bisa berupa nama maskapai, bandara keberangkatan dan kedatangan, hingga nomor maskapai
  5. Setelah klik search, Genhype akan melihat pelacakan penerbangan secara umum
  6. Untuk kelengkapan informasi secara detail, selanjutnya Genhype bisa klik more information di bagian bawah aplikasi
  7. Akan muncul informasi lengkap penerbangan yang dicari mulai dari kecepatan, ketinggian, lokasi real time berdasarkan garis lintang dan bujur, cuaca, bandara, hingga pergerakan pesawat

Genhype bisa memantau pesawat yang bergerak dari posisi keberangkatan hingga tiba di kedatangan. Itulah cara melacak penerbangan secara online menggunakan situs dan aplikasi Flightradar24. Selamat mencoba!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Shae Comeback Sebagai Penyanyi Independen Lewat Single Love With You

BERIKUTNYA

Huawei Luncurkan Smartwatch dengan Fitur Pengukuran Tekanan Darah, Cek Spesifikasi & Harganya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: