Alat untuk mengukur kadar gula darah. (Sumber gambar : Freepik/xb100)

5 Fakta Diabetes, Generasi Muda Wajib Tahu!

14 November 2022   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

3. Gejala

International Diabetes Foundation (IDF) gejala diabetes, terutama tipe 2 mirip dengan diabetes tipe 1. Gejala tersebut diantaranya haus yang berlebihan dan mulut kering, sering buang air kecil, kurangnya energi atau kelelahan. 

Kemudian luka penyembuhan yang lambat, infeksi berulang di kulit, penglihatan kabur, dan esemutan atau mati rasa di tangan dan kaki. Jadi ketika kamu mengalami gejala tersebut, segera periksa ke dokter ya, Genhype.
 

4. Bahaya Komplikasi 

WHO menegaskan pasien diabetes berisiko dua hingga tiga kali lipat terkena serangan jantung dan stroke. Diabetes juga menjadi salah satu penyebab utama gagal ginjal. 

Mereka yang mengalami diabetes tidak jarang mengalami ulkus kaki, infeksi, terutama pada kaki dan akhirnya harus dilakukan tindakan amputasi. Ancaman kebutaan karena retinopati diabetes pun cukup besar. Hampir 1 juta orang buta karena diabetes. Selain itu, mereka bisa mengalami perburukan gejala jika terserang penyakit menular, termasuk Covid-19.
 

5. Cara mencegah

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sebagai kewaspadaan dini, kamu bisa mencegah terjadinya diabetes dengan menerapkan diet atau gaya hidup sehat, serta aktivitas fisik secara teratur. 

IDF mencatat diet sehat termasuk mengurangi jumlah kalori jika kamu kelebihan berat badan, mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, makan lebih banyak serat, dan menghindari penggunaan tembakau, alkohol berlebihan, serta gula tambahan.

Aktivitas fisik yang teratur juga sangat penting untuk membantu menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali. Jangan banyak rebahan ya, Genhype. Bukan hanya aktivitas, fisik olahraga jenis aerobik seperti jogging, berenang, bersepeda sebaiknya dilakukan.

Baca jugaTidak Ada Istilah Diabetes Tipe Basah dan Kering, Ini Kata Dokter

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Dirilis pada 9 November Lalu, Ini Pendapatan Sementara Film Black Panther: Wakanda Forever di Indonesia

BERIKUTNYA

5 Fakta Air Force One, Pesawat Canggih yang Dipakai Joe Biden ke KTT G20 di Bali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: