Pesawat Air Force One merupakan salah satu kendaraan resmi presiden AS yang cukup terkenal. (sumber gambar Flickr)

5 Fakta Air Force One, Pesawat Canggih yang Dipakai Joe Biden ke KTT G20 di Bali

14 November 2022   |   12:24 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akhirnya tiba di Bali untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022. Menggunakan pesawat kenegaraan Air Force One, Biden mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Minggu, (13//11) malam. 

Pesawat Air Force One sendiri merupakan salah satu kendaraan resmi presiden AS yang cukup terkenal. Pesawat berjenis Boeing itu juga rutin mengantar orang nomor satu di Amerika Serikat itu dalam kunjungan kenegaraannya ke berbagai belahan dunia, termasuk ke Indonesia kali ini. 

Baca jugaMengenal Flightradar 24, Layanan Lacak Penerbangan Pesawat Secara Online
 

Presiden AS Joe Biden tiba di Bali, Minggu (13/11) malam. (Foto: BPMI Setpres)

Presiden AS Joe Biden tiba di Bali, Minggu (13/11) malam. (Foto: BPMI Setpres)

Dalam sejarahnya Presiden AS juga jamak melakukan kunjungan negara dengan menggunakan pesawat. Hal ini dimulai sejak era Franklin D Roosevelt, tapi pesawat yang khusus didesain untuk keperluan presiden di negara itu baru selesai era John F. Kennedy pada tahun 1962.  

Nah, bagi yang penasaran dengan pesawat canggih, Air Force yang digunakan Biden untuk ke Bali, berikut Hypeabis.id rangkumkan informasi dan fakta menarik tentang kendaraan resmi tersebut. 
 

1. Air Force One Bukan Nama Pesawat

Secara teknis Air Force One merupakan istilah untuk pesawat angkatan udara yang digunakan saat mengantar Presiden Amerika Serikat. Saat ini, pesawat yang menyandang nama tersebut adalah Boeing 742-200 B yang membawa Biden ke Bali.

Sementara itu, demi alasan keamanan pesawat udara yang membawa wakil presiden AS juga dipisah. Biasanya orang nomor dua di negara itu menggunakan Boeing C-32 yang juga memiliki spesifikasi tinggi seperti pesawat sebelumnya.
 

2. Jadi Simbol Kepresidenan AS

Selain menjadi kendaraan fungsional kendaraan presiden, pesawat Air Force One juga menjadi simbol kepresidenan Amerika Serikat.Tak hanya itu, pesawat ini juga menjadi kebanggana warga karena kecanggihannya. Untuk menunjukkan kedigdayaannya, pesawat dihiasi dengan kata-kata "United States of America", bendera AS, dan kepresidenan AS sehingga menjadi ciri tersendiri. 
 

3. Dapat Mengisi Bahan Bakar di Udara

Salah satu hal menarik dari Air Force One adalah pesawat dapat mengisi bahan bakar sembari melakukan penerbangan di udara. Selain itu pesawat ini juga memiliki jangkauan tak terbatas dan dapat membawa orang nomor satu di Amerika itu ke mana pun dia pergi.

Pesawat ini juga dimodifikasi untuk melindungi diri dari gelombang elektromagnetik serta dilengkapi dengan peralatan komunikasi canggih. Sehingga, pesawat juga bisa berfungsi sebagai pusat komando jika terjadi serangan pada Amerika dan Gedung Putih.
 

4. Memiliki Fasilitas Mewah

Pesawat Air Force juga memiliki fasilitas mewah dengan luas ruangan mencapai 4.000 kaki, termasuk kamar tidur, kamar mandi, dan ruang konferensi yang berfungsi sebagai kantor udara. Terdapat juga fasilitas kesehatan dengan dokter yang siaga penuh saat diperlukan.

Memiliki berat 800.000 pon pesawat ini juga memiliki ruangan tersendiri bagi pejabat teras yang menemani presiden saat bepergian. Tak hanya itu, Air Force One juga memiliki dapur mewah dengan koki handal yang mampu menyiapkan hingga 2.000 makanan dan memberi makan pada 100 orang sekaligus. 
 

5. Luas dan Sangat Cepat

Selain memiliki fasilitas mewah, pesawat Air Force One juga mampu menampung sebanyak 76 penumpang dalam waktu sekali jalan. Orang-orang yang ikut dalam perjalanan itu termasuk staf pesawat, anggota staf presiden, petugas keamanan, dokter, juru masak, dan tamu istimewa.

Namun, meski memiliki bobot berat melebihi pesawat pada umumnya, kendaraan ini juga mampu melesat dengan kecepatan tertinggi sekitar 600 mph. Hal ini tentu lebih cepat dari pesawat standar Boeing 747, yang hanya bisa mencapai 570 mph.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Diabetes, Generasi Muda Wajib Tahu!

BERIKUTNYA

Semakin Tegang, Intip 4 Hal Menarik dari Serial Money Heist Korea Part 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: