Kiri atas ke kanan bawah: My Father's Dragon, Extraordinary Attorney Woo, Keluarga Cemara 2, The Adam Project. (Sumber gambar: Netflix)

7 Rekomendasi Film & Serial Keluarga untuk Rayakan Hari Ayah Nasional

14 November 2022   |   07:00 WIB

Like
Indonesia merayakan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 12 November. Momen ini menjadi kesempatan untuk mengapresiasi sosok ayah, di mana biasanya hari raya ini bisa dilakukan dengan memberikan kado yang disukai olehnya atau melakukan aktivitas yang dia sukai bersama-sama.

Salah satu hobi yang bisa Genhype lakukan dengan ayah adalah menyaksikan tayangan tentang sosok ayah. Mulai dari drama keluarga hingga anime yang memperlihatkan peran ayah yang unik, yuk simak beberapa rekomendasi film dan serial berikut ini.
 

1. Ngeri Ngeri Sedap


Digarap oleh Bene Dion Rajagukguk, film yang menghadirkan kisah keluarga ini melihat pasangan suami istri Pak Domu dan Mak Domu yang kini tinggal dengan Sarma, salah satu anaknya, di kota Toba, Sumatra Utara. Keduanya berharap bahwa tiga anak mereka yang tengah merantau, yaitu Domu, Gabe, dan Sahat pulang untuk bisa hadir dalam acara adat.

Sayangnya, hubungan ketiga anak laki-laki ini dengan Pak Domu yang tidak harmonis membuat mereka menolak untuk pulang. Sebagai akibatnya, pasangan suami istri ini akhirnya berpura-pura berselisih hingga memutuskan akan bercerai agar anak-anaknya tetap pulang.

Film ini memiliki pesan yang menarik tentang dinamika hubungan orang tua dan anak yang kompleks ditambah dengan budaya Batak dan isu-isu yang relevan pada saat ini.

Baca juga20 Ucapan Untuk Hari Ayah Nasional, Bikin Lebih Hangat & Spesial
 

2. Keluarga Cemara 2


Sekuel dari film pertamanya ini akan melanjutkan kisah Abah dan keluarganya. Abah kini memiliki pekerjaan baru yang menyita waktu lebih untuk berbagai hal lainnya, termasuk memberi perhatian untuk anak-anaknya yaitu Euis, Ara, dan Agil. 

Saat inilah mereka juga memiliki ragam masalah seiring bertumbuh dewasa, di mana Euis ingin privasi saat pertumbuhan Agil menarik perhatian orang tuanya. Emak kini juga punya pekerjaan sampingan dan Ara merasa kurang diperhatikan dengan adanya perubahan tersebut. Masalah dan konflik mulai hadir dengan Ara yang bertekad menjalankan petualangan baru.
 

3. The Adam Project


Beraliran fiksi ilmiah, film ini mengikuti perjalanan Adam Reed, seorang pilot tempur penjelajah waktu, yang mendarat darurat pada tahun 2022. Situasi bahaya di masa depan ini membuat Adam harus bekerja sama dengan mendiang ayahnya dan dirinya sendiri versi usia 12 tahun agar bisa menyelamatkan dunia.

Film ini menunjukkan berbagai momen bersama keluarga dan aksi pertempuran pesawat berteknologi tinggi. Di saat yang sama, film ini juga menggambarkan momen menyentuh antara anggiota keluarga, misalnya ayah kepada anak dan diri sendiri.
 

4. My Father's Dragon


Dengan tema keberhasilan dan petualangan, film animasi hasil adaptasi buku anak-anak kerya Ruth Dtiles Gannett ini menceritakan kisah Elmer yang mengalami kesulitan setelah pindah ke sebuah kota bersama ibunya. Kesulitan adaptasi inilah yang membuatnya melarikan diri demi mencari sebuah pulau bernama Wild Island dan seekor naga yang menanti untuk diselamatkan.
 

5. SPYxFAMILY


Serial animasi manga berjudul sama karangan komikus Tatsuya Edo, SPYxFAMILY memiliki cerita seorang mata-mata yang ditugaskan untuk membuat sebuah keluarga demi menjalankan misi khusus. Hal yang tidak dia sadari saat membuat keluarga ini adalah sang 'anak' memiliki kemampuan telepati dan sang 'istri' ternyata adalah pembunuh bayaran profesional.

Dengan berbagai tujuan yang mereka miliki, keluarga kecil ini harus berhadapan dengan situasi yang membuat ketiganya sadar akan arti dari sebuah keluarga.
 

6. Extraordinary Attorney Woo


Serial Korea bertema keluarga ini menyorot Woo Young-woo, perempuan yang memulai kariernya sebagai pengacara dalam Firma Hukum Hanbada. Selain karena kecerdasannya, dia juga dikenal dengan sindrom spektrum autisme, kecintaannya terhadap dunia hukum, dan pendekatan yang berbeda dalam mengungkap kasus yang ditangani. Sindrom ini pula yang membuat dirinya mampu menangkap berbagai hal yang luput dari perhatian orang lain.

Hal lain yang menarik dari kisahnya adalah dia tinggal bersama sang ayah yang merupakan orang tua tunggal dan juga memberikan dukungan yang tak pernah putus, termasuk kebiasaannya untuk membuatkan sarapan selama bertahun-tahun dan siap memberikan nasihat yang dibutuhkan Young-woo. Dinamika orang tua dan anak inilah yang membuat serial ini menarik.
 

7. Yes Day


Beraliran komedi, film yang diangkat dari buku anak berjudul sama buatan penulis Amy Krouse Rosenthal ini melihat kisah pasangan suami istri Allison dan Carlos Torres yang sadar bahwa mereka terlalu sering berkata "tidak" kepada anak-anak mereka. Hal ini dirasakannya setelah keduanya mendapatkan teguran dari ketiga anaknya.

Karena inilah, Katie mengusulkan agar kelimanya menghabiskan satu hari penuh untuk berjalan-jalan dan baik Allison maupun Carlos harus mengatakan "ya" atas permintaan ketiga anaknya. Ide dari si anak pertama ditambah dengan beragam permintaan anak-anaknya membuat mereka menjalankan berbagai petualangan luar biasa di Los Angeles.

Baca juga5 Rekomendasi Hadiah Sederhana & Menyentuh untuk Merayakan Hari Ayah Nasional

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Room to Read & Ashoka Ajak Anak-Anak Jadi Changemaker lewat 12 Buku Cerita Bergambar

BERIKUTNYA

7 Desain Kamar Tidur Minimalis, Ruangan Tampak Luas & Nyaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: