Ilustrasi ayah dan anak. (Sumber gambar : Freepik/Our Team)

20 Ucapan Untuk Hari Ayah Nasional, Bikin Lebih Hangat & Spesial

12 November 2022   |   00:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Ayah menjadi sosok yang tidak kalah pentingnya dengan ibu. Sebagai kepala keluarga, dia memiliki tanggung jawab besar untuk menafkahi, membahagiakan, hingga membantu mewujudkan mimpi anak dan istrinya. Ayah juga menjadi garda terdepan dalam menghadapi rintangan kehidupan yang ada. 

Untuk mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas jasa tersebut, tanggal 12 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Dikutip dalam Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, munculnya peringatan ini diprakarsai oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama, dan budaya bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo. Acara itu diwarnai dengan sayembara menulis surat untuk ibu. Sekitar 70 surat terbaik berhasil dibukukan. Namun demikian, pasca acara, panitia dibanjiri dengan pertanyaan kapan diadakan sayembara menulis surat untuk ayah dan kapan peringatan hari ayah diselenggarakan. PPIP berusaha mencari informasi terkait hari ayah hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta. 

Dalam audiensi tersebut, mereka lantas mempertanyakan apakah boleh lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah.  Melalui kajian yang cukup panjang, PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut mengambil semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya. 

Baca juga4 Rekomendasi Kado untuk Merayakan Hari Ayah

Nah, buat Genhype yang ingin ikut merayakan Hari Ayah Nasional, kamu juga bisa mengirim ucapan rasa terima kasih dan kagum kamu untuk mereka lho. Berikut rekomendasi ucapan atau kata-kata manis untuk memperingati Hari Ayah Nasional yang bisa jadi referensi kamu.

1. Ayah adalah seseorang yang saya hormati, tidak peduli seberapa tinggi saya bertumbuh.

2. Aku tahu ayah mencintaiku selama aku hidup, tapi aku mencintaimu sepanjang hidupku.

3. Tuhan mengambil kekuatan gunung, kesabaran keabadian, dan menggabungkannya untuk menciptakan hal yang kita sebut ayah.

4. Untuk ayahku, pria yang menggerakkan api dan tanah untuk keluarganya.

5. Dia ada saat aku tidak mengerti, dia ada saat aku salah, dia ada saat aku menangis, dia ada saat aku berbohong. Untuk beberapa alasan ayahku selalu ada, saat aku sangat membutuhkannya. Cinta itu tidak pernah berakhir.

6. Ayah memegang tangan kita sebentar dan memegang hati kita selamanya.

7. Terima kasih untuk semua yang telah kau ajarkan padaku dan selalu ada saat aku membutuhkanmu.

8. Siapa pun bisa menjadi seseorang, tetapi dibutuhkan pria khusus untuk menjadi ayah. Aku sangat bangga memanggilmu ayahku.

9. Di mana aku jika tanpamu sebagai ayah? Aku sangat berterima kasih padamu. Selamat Hari Ayah.

10. Ayah, bahkan ketika kamu tidak ada di sana, aku merasakan kamu di sekitar duniaku.

11. Terima kasih untuk selalu membuat sesuatu dari ketiadaan. Selamat Hari Ayah!

12.  Ayah: Seorang pria dengan kesabaran tak terbatas. Terima kasih untuk semua hal indah yang kau lakukan... yang gagal saya sadari!

13. Hari ini adalah harimu, Ayah. Nikmatilah, dan ketahuilah betapa dicintainya ayah. 

14. Selamat Hari Ayah! Ayah lebih dari seorang ayah—ayah adalah seorang teman. Terima kasih untuk semua yang telah ayah lakukan untukku.

15. Semua orang selalu mengatakan mereka memiliki ayah terbaik di dunia, tapi itu tidak benar... karena pria itu ada di sini bersamaku. Semangat untukmu, Ayah.

16. Terima kasih telah membuat tumbuh dewasa menjadi menyenangkan. Love you, dad

17. Terima kasih telah membawa cinta, penerimaan, dan kegembiraan ke dalam hidup selama ini. Selamat Hari Ayah!

18. Aku berterima kasih untukmu, Ayah, dan aku tidak yakin akan pernah bisa membayar kembali untuk semua yang telah ayah lakukan. Selamat Hari Ayah!

19. Untuk pria terbaik yang kukenal: Selamat Hari Ayah! Nikmati setiap momen di hari istimewa ini.

20. Satu hari saja tidak cukup untuk memberitahumu betapa berartinya dirimu bagiku. Terima kasih karena selalu mendukungku, ayah. Love you. 

Baca jugaManfaat Membaca Buku Bersama bagi Ayah & Anak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Musisi John Legend & Shandy Sondoro Bakal Manggung Bareng di Bali Akhir pekan Ini

BERIKUTNYA

Mengenal Gejala & Risiko Skizofrenia, Gangguan Mental yang Bisa Diwariskan ke Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: