Timnas Jepang ketika merayakan gol kedua yang dicetak oleh Takuma Asano (Smber: FIFA)

Kegigihan Jepang Berbuah Kemenangan Atas Jerman

23 November 2022   |   23:06 WIB

Like
Hasil mengejutkan kembali terjadi di laga lanjutan Piala Dunia 2022. Setelah Argentina tumbang dari Arab Saudi, kini Jerman yang harus mengakui keunggulan Jepang di laga pembuka grup E. Berlangsung di Stadion Internasionl Khalifa, Doha, Jerman tumbang atas Jepang dengan skor 2-1.

Timnas Jepang berhasil membobol gawang Manuel Neuer pada menit ke-7 lewat tendangan dari Daizen Maeda, tapi sayang gol tersebut dianulir wasit karena sudah berada dalam posisi offside.

Baca jugaSejarah Pertemuan Jerman vs Jepang, Siapa yang Unggul?

Der Panzer, julukan bagi timnas Jerman, unggul lebih dulu lewat penalti Ilkay Guendogan pada menit ke-33. Skor berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan Jerman.

Babak pertama dikuasai oleh timnas Jerman, terlihat dari statistik pertandingan, Der Panzer memiliki 13 tendangan shot on target, sementara tim Samurai Biru Jepang hanya memiliki 1 tendangan shot on target.

Pada babak kedua, pelatih Jepang, Hajime Moriyasu melakukan beberapa perubahan strategi. Terlihat dari pergantian Takefusa Kubo dengan Takehiro Tomiyasu, dan memasukan Kaoru Mitoma dan Takuma Asano.

Perubahan strategi tersebut berbuah manis pada menit ke-73. Serangan balik cepat dari Jepang berhasil dimanfaatkan oleh Ritsu Doan utnuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Jepang yang tidak diunggulkan pada pertandingan kali ini ternyata bukan hanya sekedar mengincar hasil seri.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan tim Samurai Biru dengan gigih ke daerah pertahanan Jerman. Kegigihan itulah yang membuat kepercayaan diri para pemain Jepang menjadi meningkat.

 Petaka bagi Jerman datang pada menit ke-83, memanfaatkan terbukanya sisi kiri pertahanan Jerman, Ko Itakura berhasil mengirimkan umpan panjang ke Takuma Asano.

Kontrol bola yang baik dari Asano dan kecepatan yang dimiliki, membuat dia tidak terkejar oleh pemain bertahan Jerman sehingga berhasil melakukan tendangan keras melalui sudut sempit ke gawang Neuer. Jepang berbalik unggul 2-1 atas Jerman.

Baca jugaDaftar Line Up Pemain Jerman vs Jepang di Piala Dunia 2022, Der Panzer Hadirkan Kimmich

Kegigihan pemain dan keefektivitasan strategi dari pelatih merupakan kunci dari kemenangan Jepang malam ini. Dengan hasil ini membuat Jepang berhasil memuncaki klasemen grup E dengan 3 poin.

Formasi & Susunan pemain: 
Jerman (4-2-3-1): 1-Manuel Neuer; 15-Niklas Sule, 2-Antonio Ruediger, 23-Nico Schlotterbeck, 3-David Raum; 6-Joshua Kimmich, 21-Ilkay Guendogan; 10-Serge Gnabry, 13-Thomas Mueller, 14-Jamal Musiala; 7-Kai Havertz. Pelatih: Hansi Flick 

Jepang (4-2-3-1): 12-Shuichi Gonda; 5-Yuto Nagatomo, 4-Ko Itakura, 22-Maya Yoshida, 19-Hiroki Sakai; 17-Ao Tanaka, 6-Wataru Endo; 11-Takefusa Kubo, 15-Daichi Kamada, 14-Junya Ito; 25-Daizen Maeda. Pelatih: Hajime Moriyasu

Editor:  Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Ini Dia Tren Fesyen Pria yang Tengah Naik Daun

BERIKUTNYA

Tandamata Dukung UMKM Tingkatkan Penjualan lewat Platform Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: