Piala Dunia Qatar 2022 menjadi ajang sepak bola tingkat dunia yang pertama kali diadakan selama musim dingin. Ilustrasi Piala Dunia (Sumber gambar Unsplash/Fauzan Saari)

5 Fakta Unik Piala Dunia 2022, Digelar di Musim Dingin hingga Wasit Perempuan Pertama

20 November 2022   |   09:04 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

FIFA resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah World Cup atau Piala Dunia 2022. Ajang sepak bola tingkat dunia itu akan dibuka dengan rangkaian opening ceremony pada Minggu (20/11/2021) di stadion utama Qatar yaitu Stadion Al Bayt di kawasan Al Khor.

Puluhan ribu orang dipastikan mengisi tribun dengan kapasitas 60.000 orang tersebut selama acara berlangsung. Kegiatan itu juga akan dilanjutkan dengan laga pembuka ajang Piala Dunia 2022 antara Qatar vs Equador pada pukul 23.00 WIB.

Baca juga: Yuk Tengok Sejarah Pertemuan Qatar vs Ekuador Sebelum Membuka Laga Piala Dunia 2022

Namun, di balik euforia penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia itu ternyata juga menghadirkan fakta-fakta unik untuk disimak loh Genhype. Nah, biar enggak penasaran yuk simak rangkuman Hypeabis.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut.


1. Digelar di Musim Dingin

Piala Dunia Qatar 2022 menjadi ajang sepak bola tingkat dunia yang pertama kali diadakan selama musim dingin. Biasanya, FIFA menggelar Piala Dunia pada musim panas, yakni antara Mei-Juli. Akan tetapi, untuk menghindari musim panas yang menyengat di Qatar maka turnamen tersebut digelar di bulan November-Desember 2022.


2. Jadi Piala Dunia Termahal

Piala Dunia di Qatar dianggap sebagai ajang Piala Dunia termahal yang pernah ada. Dirangkum dari Deutschwelle menurut berbagai laporan  dari ahli, biaya untuk merenovasi stadion, jalan, dan hotel bahkan mencapai lebih dari US$200 miliaratau setara Rp3,1 kuadriliun.

Padahal, Piala Dunia termahal sebelumnya, yakni 2014 di Brazil dan edisi 2018 di Rusia hanya menelan biaya kurang dari US$15 miliar. Hal itu tentu saja sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan yang terjadi di Qatar.  Tak ayal mahalnya biaya pembanguna  inilah yang kemudian berimbas pada mahalnya harga tiket yang untuk laga final  rata-rata US$812 atau sekitar Rp 12,7 juta.
 

3. Ada Delapan Stadion Utama

Ajang Piala Dunia 2022 Qatar akan dihelat di 8 stadion utama pada 20 November-18 Desember dari total sebanyak 32 tim peserta yang bakal bersaing untuk mencapai prestasi tertinggi. Stadion itu adalah Lusail, Al Bayt, 974, Al Thumama, Khalifa International, Education City, Ahmad bin Ali, dan AlJanoub. 
 

4. Gunakan Bola Teknologi  Canggih

Fakta unik lain dari ajang Piala Dunia 2022 Qatar adalah akan menggunakan bola dengan teknologi terbaru yang dinamakan Al Rihla. Bola ini dilengkapi dengan fitur CRT-Core dan Speedshell untuk memberikan kecepatan, akurasi dan stabilitas saat digunakan oleh para pemain.

Tak hanya itu, Al Rihla juga dilengkapi dengan teknologi penghubung untuk meningkatkan sistem video assistant referee (VAR) yang nantinya bakal menyediakan data lebih terperinci untuk membantu wasit dalam menegakkan peraturan selama pertandingan berlangsung.


5. Dipimpin Wasit Perempuan

Ajang Piala Dunia 2022 Qatar juga membawa misi kesetaraan gender juga loh Genhype. Di perhelatannya kali ini FIFA juga melibatkan sebanyak enam wasit perempuan yang akan memantau langsung jalannya pertandingan. Hal ini merupakan kali pertamanya dalam sejarah Piala Dunia dengan ofisial wanita.

Mereka antara lain Stephanie Frappart (Perancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang). Kemudian tiga lainnya akan menjadi asisten wasit yaitu Neuza Back (Brasil), Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat).

Baca juga: Jadwal Opening Ceremony Piala Dunia Qatar 2022, Ada Jungkook BTS hingga Black Eyed Peas

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Perhatikan 4 Bentuk Kekerasan dalam Rumah Tangga

BERIKUTNYA

Hypereport: Putar Otak Agar Bisa Bertahan & Dilirik Klien

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: