Para pelancong di stasiun kereta api (Sumber gambar: PT KAI Daop 1 Jakarta)

Jelang Nataru 22.000 Tiket Kereta Api Ludes Terjual, Ini Rute Favoritnya

12 November 2022   |   16:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah pelancong sudah bersiap untuk melakukan liburan pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023. Kondisi ini terlihat dari jumlah penjualan tiket kereta api jarak jauh yang terus mengalami peningkatan.

Kahumas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan bahwa sampai dengan Sabtu, 12 November 2022, tiket kereta api dari Daop 1 Jakarta periode Natal dan Tahun Baru 2022/2023 sudah terjual sebanyak 22.000 tiket untuk periode keberangkatan 22 – 26 Desember 2022.

“Jumlah tersebut masih dapat bertambah mengingat pemesanan tiket masih berlangsung melalui penjualan online menyesuaikan ketentuan H-45,” katanya.

Dia menuturkan bahwa saat ini keberangkatan kereta api jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen rata-rata mencapai 47 perjalanan setiap hari, dengan komposisi keberangkatan dari Stasiun Pasarsenen sebanyak 24 kereta api dan Stasiun Gambir 23 kereta api.

Jumlah itu masih dapat mengalami perubahan menyesuaikan dengan evaluasi berkala yang dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.
 

Tujuan Favorit

Menurut Eva, beberapa tujuan favorit para pelancong yang akan menggunakan kereta api pada masa Natal dan Tahun Baru 2022/2023 antara lain Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Kutoarjo, Surabaya, Malang, Cirebon, Bandung, Tegal, dan sebagainya.

Dia mengingatkan kepada para pelancong untuk teliti dalam memilih tanggal, rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan tiket dan merencanakan perjalanan sebaik mungkin, termasuk estimasi perjalanan menuju stasiun agar tidak tertinggal kereta.

Tidak hanya itu, para pelancong juga perlu selalu memperhatikan kembali syarat perjalanan yang berlaku pada saat ini. Menurutnya, perusahaan masih menerapkan aturan sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022.

Aturan itu menyebutkan bahwa para pelancong yang ingin menggunakan kereta api jarak jauh dan telah berusia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Sementara itu, pelancong usia 6-17 tahun wajib melakukan vaksinasi dosis kedua.

Selain itu, bagi pelancong berusia 18 tahun ke atas yang merupakan warga negara asing dari perjalanan luar negeri wajib telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua. Adapun, pelancong dengan usia 18 tahun ke atas yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Kemudian, pelancong dengan usia 6-17 tahun yang berasal dari perjalanan luar negeri tidak wajib vaksin. Selanjutnya, pelancong dengan usia yang sama yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Adapun, pelancong dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR. Namun, wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Untuk diketahui, menjelang momen libur Natal  dan Tahun Baru 2022/2023, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta mulai membuka penjualan tiket kereta api jarak jauh  secara bertahap mulai 7 November 2022 atau H-45 keberangkatan. 

Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan dari 22 Desember 2022 sampai dengan  8 Januari 2023.

Jika pada momen-momen libur sebelumnya KAI menjual tiket mulai H-30 sebelum keberangkatan, menjelang periode libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 ini KAI mengubah menjadi H-45 sebelum keberangkatan.

Perubahan itu sebagai peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

6 Destinasi Wisata Seni & Budaya di Hong Kong yang Wajib Dikunjungi

BERIKUTNYA

Selain Stadion, Qatar Memiliki Sejumlah Galeri Seni yang Menarik untuk Didatangi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: