Melly Goeslaw (tengah) yang sukses menurunkan berat bedan dengan bedah bariatrik (Foto : Desyinta Nuraini)

Kupas Tuntas Bedah Bariatrik, Prosedur Potong Lambung yang Dilakukan Melly Goeslaw

11 November 2022   |   18:34 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like

Bisa Menurunkan Risiko Diabetes dan Hipertensi

Peter mengungkapkan dengan melakukan bedah ini, kondisi penderita diabetes dan hipertensi bisa lebih membaik walaupun masih terbilang abu-abu. Namun semua tergantung pada kondisi pasien. 

“Tergantung berapa lama diabetesnya. Kalau makin cepat, makin bagus. Kalau dihitung semuanya bagus, habis operasi gejalanya (diabetes) hilang. Artinya diabetnya terkontrol. Hipertensi akan turun, tapi butuh waktu lebih lama, mungkin 70-75 persen,” jelas Peter.  

Sementara itu, Peter menyebut tidak menutup kemungkinan berat badan pasien yang menjalani operasi bariatrik meningkat kembali. Hal tersebut terjadi apabila pasien tidak menjalani pola hidup sehat, terutama tidak menjaga asupan makannya.


Efek Samping

Peter menyampaikan bedah ini tetap memiliki efek samping. Untuk metode sleeve gastrectomy seperti yang dilakukan Melly, biasanya menimbulkan gastroesophageal reflux disease (GERD). “Setelah kurus GERD berkurang,” tambahnya. 

Untuk jenis Roux en Y gastric bypass, efek samping yang ditimbulkan berupa dumping, terutama mereka yang sebelumnya mengonsumsi karbohidrat dan soda dalam jumlah tinggi. 

“Karena gula darah tiba-tiba turun, darah ketarik dalam lambung, tapi itu jadi senjata. Kalau orang seneng manis, saya lakukan by pass, nanti dia kapok makan manis. Kalau makan manis, dia jadi enggak enak,” ungkap Peter. 

Baca juga6 Cara Agar Luka Operasi Cepet Sembuh Anti Infeksi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Izin Konser Diperketat, Promotor Bakal Temui Pj Gubernur DKI Jakarta

BERIKUTNYA

Resep Ayam Goreng Shihlin, Tekstur Renyahnya Bikin Nagih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: