Gerhana bulan bakal terjadi pada 8 November 2022 (Sumber gambar Unsplash/Sanni Sahil)

Tata Cara Salat Khusuf Saat Gerhana Bulan Total 8 November 2022

06 November 2022   |   17:00 WIB

Like
Fenomena gerhana bulan total (GBT) akan terjadi pada 8 November 2022 dan dapat diamati di sebagian besar wilayah Indonesia. Peristiwa ini terjadi saat cahaya Matahari terhalangi oleh Bumi, sehingga tidak semua cahayanya memancar sampai ke Bulan.

Gerhana bulan total merupakan salah satu peristiwa akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan. Fenomena ini terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. Adapun, gerhana bulan total terjadi saat posisi Bulan, Matahari, dan Bumi dalam keadaan sejajar.

Bagi pemeluk agama Islam, saat terjadi gerhana baik matahari dan bulan, disunahkan untuk melaksanakan salat khusuf. Pelaksanaan ibadah tersebut juga disesuaikan dengan waktu terjadinya gerhana di daerah masing-masing.  Hal itu dilakukan sebagai bentuk syukur atas kebesaran Allah SWT.

Adapun, badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan fenomena gerhana bulan total kali ini berdurasi  1 jam, 24 menit, 58 detik dan durasi umbranya (sebagian & total) selama 3 jam, 39 menit, 50 detik di seluruh Indonesia. 

Baca jugaCek Daftar Lokasi untuk Melihat Gerhana Bulan Total 8 November
 

Ilustrasi sumber gambar  (Unsplash/ Rachid Oucharia)

Ilustrasi seseorang sedang beribadah sumber gambar (Unsplash/ Rachid Oucharia)

Menurut data astronomis yang dikutip dari laman Kementerian Agama, gerhana bulan total berlangsung dan dapat diamati di berbagai daerah. Rinciannya, wilayah Aceh Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu fenomena GBT dapat dilihat pada kontak Umbra 3 (U3) pukul 18:42 WIB. 

Di Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Barat, dapat dilihat pada waktu puncak gerhana, yakni 17:59 WIB. Untuk wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dapat dilihat pada kontak Umbra 2 (U2) pukul 17:16 WIB/18:16 WITA/19:16 WIT. 

Sementara itu pada wilayah Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku dapat dilihat pada kontak Umbra 2. Lalu, untuk wilayah Papua dan Papua Barat GBT terjadi pada kontak Umbra 1 (U1), atau pukul 18:08 WIT.

Bagi Genhype yang menjalankannya, berikut ini adalah tata cara salat khusuf atau salat gerhana bulan, sebagaimana dikutip dari laman Kemenag: 
  • Berniat di dalam hati
  • Membaca Takbiratul ihram, atau bertakbir sebagaimana salat biasa
  • Membaca doa iftitah dan ber-taawuz. Lalu membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti surat Al Baqarah) sambil dijaharkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih)
  • Kemudian rukuk sambil memanjangkannya
  • Bangkit dari rukuk (i’tidal) sambil mengucapkan “Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana Wa Lakal Hamd” 
  • Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, tapi dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama
  • Kemudian rukuk kembali (rukuk kedua) yang panjangnya lebih pendek dari rukuk sebelumnya
  • Bangkit dari rukuk (i’tidal)
  • Melakukan sujud yang panjangnya sebagaimana rukuk, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali
  • Bangkit dari sujud dan mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya
  • Mengucap salam
  • Setelah itu, imam menyampaikan khutbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berzikir, berdoa, beristighfar, bersedekah.
Baca juga: Fakta-fakta yang Mesti Kalian Ketahui Mengenai Gerhana Matahari Parsial

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Jalan-Jalan & Fotografi Bikin Laely Indah Lestari Jatuh Cinta dengan Budaya Indonesia

BERIKUTNYA

Bawa Lagu-Lagu Andalan, Fourtwnty Bikin Penonton Soundsfest 2022 Nyanyi Bareng

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: