Gerhana bulan total dan fasenya. (Sumber gambar : Unsplash/Mark Tegethoff)

Gerhana Bulan Total Pertama Tahun Ini, Begini Cara Menyaksikannya

10 May 2022   |   17:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pencinta astronomi, bakal ada gerhana bulan total pertama pada tahun ini loh. Tepatnya pada 15 atau 16 Mei 2022. Adapun sepanjang tahun ini diperkirakan hanya ada dua kali peristiwa gerhana bulan sebagai fenomena ketika permukaan bulan tertutup oleh bayangan Bumi. 

Sayangnya, fase totalitas dari gerhana bulan ini hanya akan terlihat di sebagian besar Amerika Utara, seluruh Amerika Selatan, Eropa Tengah dan Barat, dan sebagian besar Afrika (kecuali bagian paling timur). Itupun kalau langit dalam keadaan cerah. 

Gerhana parsial secara resmi dimulai pada 15 Mei pukul 10:28 malam waktu setempat dan mencapai puncaknya pada 12:11 malam. Gerhana berakhir pada 1:55 malam. Gerhana penumbra akan dimulai dan berakhir kira-kira satu jam setelah gerhana sebagian.

Tidak seperti gerhana matahari, gerhana bulan sangat aman untuk ditonton dengan mata telanjang atau teleskop.

Buat kamu yang berada di luar wilayah fase gerhana bulan tersebut, kamu tetap bisa menyaksikannya kok melalui siaran YouTube NASA mulai pukul 21:32 EDT atau 15 Mei. 

Siaran YouTube lainnya tersedia dengan webcaster astronomi TimeandDate.com mulai pukul 10 malam EDT pada 15 Mei. TimeandDate.com berencana untuk menampilkan seluruh gerhana, jika cuaca memungkinkan.

Gerhana bulan berikutnya alias yang terakhir pada 2022 akan terjadi pada 8 November 2022. Gerhana ini bisa disaksikan oleh masyarakat di wilayah sebagian dari Asia, Australia, Amerika Utara, sebagian Eropa utara dan timur, Kutub Utara, serta sebagian besar Amerika Selatan. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Cara Padu Padan Pakaian Warna Biru Navy ala Idol K-pop

BERIKUTNYA

Penuh Ketegangan, Intip First Look Serial Money Heist Korea

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: