Laely Indah Lestari (kanan) jatuh cinta dengan budaya Indonesia lewat jalan-jalan dan fotografi (Sumber gambar: Instagram.com/laelypassions)

Jalan-Jalan & Fotografi Bikin Laely Indah Lestari Jatuh Cinta dengan Budaya Indonesia

06 November 2022   |   18:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Nama Laely Indah Lestari kini sedang jadi perbincangan hangat, terutama di dunia fesyen. Maklum saja, dia belum lama ini memamerkan produk fesyen dengan material utama tenun Sumba di ajang peragaan busana Front Row Paris 2022. Seluruh koleksi yang dibawanya bahkan terjual habis dibeli oleh pencinta fesyen di sana. 

Namun, siapa sangka, sebelum menjadi desainer, Laely lebih dulu dikenal sebagai fotografer dan culture traveler. Dua aktivitasnya itu yang kini membentuknya menjadi pribadi yang begitu mencintai budaya Indonesia. “Latar belakang saya adalah seorang fotografer. Dahulu, saya suka sekali membuat foto dengan konsep human interest,” ujar Laely kepada Hypeabis.id

Baca jugaCerita Laely Indah Lestari Sukses Bawa Tenun Sumba Tembus Pasar Internasional 
 

(Sumber gambar: situs LaelyPassions)

(Sumber gambar: situs LaelyPassions)

Dunia otografi yang ditekuninya membuat Laely menjadi begitu dekat dengan budaya. Sebab, dirinya sering memotret aktivitas budaya di berbagai daerah dengan pendekatan human interest. Aktivitas fotografi tersebut juga membawanya menjadi seorang traveler. Pemilik jenama LAELYIND jadi itu suka bepergian ke suatu tempat untuk mencari tema-tema baru dalam memotret.

Laely bercerita ada satu momen yang akhirnya benar-benar mengubah kehidupannya. Saat itu dia sedang menjelajah ke daerah pedalaman di daerah Sulawesi. Di sana dia ingin mempelajari kain wastra kulit kayu dari suku Bada. Momen tersebut menjadi titik awal kesadarannya tentang begitu kayanya budaya Nusantara.

Hal itu membuatnya terpanggil untuk menyebarkan pengetahuan tentang keberagaman budaya Indonesia ke masyarakat. Dengan kemampuan fotografi yang dimilikinya, dia pun mencoba untuk membuat lebih banyak orang tahu tentang budaya-budaya Indonesia di daerah pedalaman. Dirinya tidak ingin generasi muda Indonesia tidak mengenal budaya negaranya sendiri.

“Akhirnya, saya berkeliling Indonesia saat itu untuk belajar lebih dekat lagi tentang budaya tiap daerah. Alhamdulillah, sekarang generasi muda sudah mulai suka dan bangga dengan budaya Indonesia,” imbuh Laely. 

Baca jugaLAELYIND, Wujud Cinta Laely pada Wastra Nusantara
 

Pengetahuan & Pengalaman Adalah Hadiah Terbaik

Culture traveler telah memberikan makna hidup yang berharga untuk Laely. Baginya, berwisata budaya adalah investasi di dalam kehidupan. Sebab, hal tersebut memberikan banyak sekali pengalaman berharga sekaligus pengetahuan yang memperkaya hidup.

Baginya, mempelajari budaya adalah perihal mengulik kehidupan. Mempelajari budaya juga melihat pola pikir masyarakat setempat, terutama sering kali berkaitan dengan bagaimana mereka memaknai hidup. Dari sana pikirannya menjadi lebih terbuka. 

“Kita jadi dapat pengetahuan baru. Bagi saya, ini lebih dari seperti mendapat hadiah apa pun,”  tegasnya.

Keseruan utama dalam berwisata budaya ialah tentang sejarah. Dirinya sangat menyukai ragam cerita yang ada di sebuah daerah. Ini juga menjadi bentuk nyata dari kecintaannya terhadap budaya Indonesia. Tak dimungkiri, bahwa ada beberapa budaya yang hampir punah karena tiada penerus dan pengetahuan tentang itu. 

“Jangan sampai budaya kita punah. Sebab, banyak sekali budaya yang hilang dan hampir punah. Beberapa pembuat wastra di daerah ada yang tinggal satu orang saja dan dia sudah sepuh. Kalau beliau tidak ada, tentu habis penerusnya,” kata Laely.

Kekhawatiran sekaligus kecintaannya terhadap budaya mendorongnya untuk melakukan sesuatu yang lebih. Dirinya tidak hanya puas sebatas menikmati sajian cerita menarik dari sebuah budaya. Akan tetapi, dia juga ingin menyebarkannya ke masyarakat agar makin banyak yang tertarik dengan tradisi dan budaya Nusantara.

Baca juga5 Traveler Wanita di Indonesia, Petualangannya Seru Banget!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

LAELYIND, Wujud Cinta Laely pada Wastra Nusantara

BERIKUTNYA

Tata Cara Salat Khusuf Saat Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: