Ilustrasi sendok kayu (Sumber gambar: Freepik)

5 Alasan Kenapa Kalian Mesti Coba Gunakan Alat Makan Berbahan Kayu

01 November 2022   |   16:49 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Belakangan tren menggunakan alat makan berbahan kayu lagi disukai banyak orang. Peralatan makan berbahan alami ini dipilih, karena bisa menambah estetika di meja makan. Selain itu, kepopulerannya juga didorong oleh kampanye ramah lingkungan yang makin masif berkembang.

Sebagian orang menganggap alat makan kayu sebagai solusi untuk mengurangi penggunaan plastik. Namun, nyatanya inovasi baru ini bukan hanya sekadar gimmick. Penggunaan alat makan kayu juga memiliki manfaat yang baik pada makanan.

Baca juga: 5 Peralatan Dapur Unik Khas Jepang

Seseorang akan merasakan pengalaman berbeda ketika mengonsumsi makanan menggunakan alat makan berbahan kayu. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika alat makan berbahan kayu digemari banyak orang.

Lantas apa saja fakta-fakta tentang alat makan berbahan kayu bagi makanan? Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah manfaat yang dirasakan ketika menggunakan alat makan berbahan kayu.
 

1. Tahan Panas

Kayu bukan bahan konduktor yang baik. Artinya, seseorang bisa memakan makanan dengan nyaman tanpa takut sendok atau piring kayunya menjadi panas. Alat makan berbahan kayu lebih tahan panas. Jadi, kamu bisa lebih menikmati makanan yang akan disantap.

Alat makan berbahan kayu juga tidak mudah mengubah suhu makanan. Hal ini penting mengingat beberapa makanan sensitif dengan suhu. Penggunaan alat makan berbahan kayu dapat mengurangi risiko perubahan rasa pada makanan.


2. Desain Indah

Dalam mengonsumsi makanan, lidah bukan jadi satu-satunya indera yang digunakan. Kesempurnaan makanan juga dapat terjadi ketika indera penciuman dan mata ikut merasakannya. Nah, menggunakan produk berbahan kayu akan menambah sensasi saat makan.

Menggunakan alat makan berbahan kayu menimbulkan sensasi klasik. Sensasinya akan makin kuat ketika yang disajikan ialah makanan khas pedesaan. Selain itu, alat makan berbahan kayu juga lebih nyaman digunakan karena genggamannya lebih kuat
 

3. Ramah Lingkungan

Penggunaan alat makan berbahan kayu menjadi alternatif yang menarik, terutama bagi mereka yang peduli dengan isu lingkungan. Menggunakan alat makan berbahan kayu membuat pengguna merasa lebih aman.

Sebab, alat makannya lebih organik, halus, dan menghasilkan sensasi berbeda. Pengguna juga tidak merasakan rasa logam yang sering kali ditimbulkan oleh alat masak berbahan logam.


4. Tahan Karat

Alat makan berbahan kayu sudah tentu tidak mungkin berkarat. Karat pada alat makan dapat membuatnya cepat rusak. Selain itu, karat pun akan mengubah rasa asli dari makanan.

Dengan memakai bahan kayu, risiko alat makan berkarat jadi minim sekali. Pengguna juga akan merasakan rasa makanan lebih alami dibanding menggunakan alat makan berbahan logam.


5. Tidak Menimbulkan Bunyi

Mayoritas orang sangat terganggu dengan bunyi-bunyian yang muncul saat makan. Akan tetapi, ketika menggunakan alat makan berbahan kayu, risiko tersebut bisa dihindari dengan mudah. Alat makan berbahan kayu jika berbenturan tidak menimbulkan bunyi yang keras seperti pada logam.

Oleh karena itu, menggunakan alat makan berbahan kayu dapat membuat pengguna lebih menjaga etika saat makan, terlebih saat melakukan table manner.

Baca juga: 5 Cara Membuat Dapur Mungil Kalian Terasa Luas Tanpa Harus Membongkarnya

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Mau Berbuat Sesuatu untuk Lingkungan & Masyarakat? Ikut Saja Program Ini

BERIKUTNYA

70 Tahun Berkarya, Ini Cerita di Balik Hits Legendaris Titiek Puspa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: