Ilustrasi ramah lingkungan (dok: Noah Buscher)

Perilaku Konsumen di Indonesia Berubah, Kini Jadi Lebih Sadar Lingkungan

03 September 2021   |   10:21 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Sebuah studi baru dari konsultan bisnis PricewaterhouseCoopers (PwC) mengungkapkan bahwa setengah atau 50 persen dari konsumen global menyatakan bahwa mereka makin menyadari pentingnya kelestarian lingkungan. Kini, mereka memilih layanan atau produk-produk yang lebih ramah lingkungan, terutama konsumen yang berada di kawasan Asia Tenggara dan Timur Tengah.

PwC Global Consumer Insights Pulse Survey berfokus pada kebiasaan dan perilaku pembelian konsumen dan menunjukkan bagaimana konsumen semakin beradaptasi untuk menjadi lebih sadar lingkungan dan digital dalam enam bulan terakhir. Konsumen di Indonesia (86 persen), Vietnam (74 persen), Filipina (74 persen), dan Mesir (68 persen) memimpin perubahan perilaku ini. 

Berbelanja produk lokal menjadi faktor kunci dalam mendorong keberlanjutan dengan 52 persen konsumen global menyatakan bahwa mereka secara aktif berbuat lebih banyak untuk mendukung bisnis lokal dan retail independen.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa pekerja rumahan memiliki kebiasaan berbelanja yang sedikit berbeda dari mereka yang bekerja terutama di luar rumah.

Sebanyak 62 persen pekerja rumahan mengatakan mereka membeli dari perusahaan yang sadar dan mendukung perlindungan lingkungan; 61 persen pekerja rumahan membeli produk dengan kemasan ramah lingkungan atau yang mengurangi penggunaan kemasan; dan 61 persen pekerja rumahan membeli lebih banyak produk yang biodegradable atau ramah lingkungan.

Setengah (50 persen) dari mereka yang umumnya tidak bekerja di rumah membeli dari perusahaan yang sadar dan mendukung perlindungan lingkungan; 55 persen dari mereka yang bekerja di luar ruma membeli produk dengan kemasan ramah lingkungan atau yang mengurangi penggunaan kemasan; dan 50 persen dari mereka yang bekerja di luar rumah membeli lebih banyak produk yang biodegradable atau ramah lingkungan.

Survei terhadap 8.681 konsumen di 22 wilayah juga menyoroti bahwa generasi milenial adalah segmen terkuat untuk berubah ke arah perilaku peka terhadap lingkungan, dengan Gen Z menjadi generasi yang bersikap aspiratif tentang perilaku ramah lingkungan dan dilampaui oleh Gen X dalam kesadaran lingkungan.

Global Consumer Markets Leader PwC France Sabine Durand-Hayes mengatakan evolusi perilaku konsumen yang lebih digital dan ramah lingkungan adalah bukti bagaimana pandemi Covid-19 mengubah bisnis industri konsumen. Dengan kaum muda menjadi yang paling optimistis tentang masa depan 

"Kita akan melihat perilaku dan kebiasaan baru ini memengaruhi kebiasaan kita,” katanya melalui keterangan resmi, dikutip Jumat (3/9/2021).

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Aktor Bollywood Sidharth Shukla Meninggal pada Usia 40 Tahun karena Serangan Jantung

BERIKUTNYA

Warga Korea Selatan Lebih Sehat selama Pandemi Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: