Pantai di Pulau Bintan memiliki hamparan pasir putih yang indah (Sumber gambar ilustrasi: pexels/Asad Photo Maldives)

Destinasi Wisata di Pulau Bintan yang Wajib Kalian Kunjungi

01 November 2022   |   16:34 WIB

Siapa yang tidak kenal dengan keindahan Pulau Bintan yang berada di Kepulauan Riau? Pulau yang terletak tidak jauh dari negeri tetangga, Singapura dan Malaysia, itu menyimpan banyak destinasi wisata menarik, yang tentunya tidak boleh kalian lewatkan. 

Dilansir dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pulau Bintan adalah wilayah yang memiliki luas lebih dari 110.000 hektare dan memiliki panjang garis pantai sekitar 728 kilometer. Tidak hanya itu, posisinya yang berdekatan dengan garis khatulistiwa juga membuat iklim tropis menjadi dominan sepanjang tahun, dengan dua musim berbeda.

Pertama adalah musim laut monsoon dari November sampai dengan Maret dan monsoon barat daya kering dari Juni sampai dengan Oktober. Curah hujan yang terdapat di pulau ini bervariasi dengan kisaran 2.500 – 3.000 milimeter.  Selain itu, pulau ini juga disebut memiliki karakter dengan rata-rata suhu konstan pada 26 derajat celsius.

Pulau ini juga memiliki keindahan alam dan ekosistem perairan yang beragam, dan didominasi oleh ekosistem hutan bakau atau mangrove. Terumbu karang juga menjadi salah satu dari banyak ekosistem subur yang terdapat di pesisir Pulau Bintan. Di tempat ini terdapat 49 genus karang batu dan setidaknya 100 spesies horal. 

Baca jugaDestinasi  5 Wisata Instagramable di Sumbar, Cocok untuk Healing di Akhir Pekan

Dengan kondisi tersebut, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar destinasi wisata yang dapat kalian temukan ketika berada di Pulau Bintan. 
 

Pantai di Bintan (Sumber gambar: Indonesia Travel)

Pantai di Bintan (Sumber gambar: Indonesia Travel)

 

Pantai & Laut

Dengan panjang garis pesisir hingga 728 meter, Pulau Bintan memiliki pantai indah yang tidak kalah dari negara lain. Salah satu dari banyak pantai yang ada di pulau ini adalah Pantai Trikora. Pantai ini memiliki air jernih yang akan membuat para pelancong langsung ingin bermain air. Selain itu, batuan bercampur dengan hamparan pasir putih juga membuat pantai ini menjadi sangat menarik.

Ada juga Pantai Sakera yang dapat menjadi pilhan berwisata. Terletak di Tanjung Uban, wisatawan dapat menikmati berbagai wahana air selain berenang dan bermain pasir di tempat ini. Selain itu, kalian juga dapat menikmati keindahan bawah laut yang ada di Pulau Bintan ini, yang menyuguhkan variasi biota air mulai dari ikan laut hingga terumbu karang.
 

Air Terjun Gunung Bintan

Dari lokasi wisata dataran rendah, Genhype juga dapat menikmati berbagai destinasi yang ada di kawasan dataran tinggi. Salah satu tempat yang bisa jadi tujuan adalah Gunung Bintan. Kawasan wisata ini menyimpan air terjun yang masih asri, yang harus masuk dalam daftar wajib kunjungan kalian. 

Air terjun ini berada di bawah kaki Gunung Bintan. Sebagaimana dilansir dari laman Kementerian Pariwisata, air terjun yang ada tetap memiliki keindahan yang masih sangat alami, meksipun sudah tertata dan juga terawat dengan rapi.  Bebatuan hitam berupa ornamen yang berada di air terjun membuat objek wisata ini kian cantik. 
 

Wisata Mangrove Desa Penaga

Tempat wisata lainnya yang dapat dikunjungi ketika berada di Pulau Bintan adalah wisata mangrove yang ada di Desa Penaga. Di tempat ini, kalian dapat melihat 18 jenis dari 12 kelompok mangrove. Tidak hanya itu, kalian juga dapat melakukan kegiatan ekowisata petualangan telusur sungai, mengamati burung, menelusuri mangrove, dan masih banyak lagi. 
 

Masjid Raya Baitul Makmur

Selain wisata alam, kalian juga dapat menikmati wisata religi ketika berkunjung ke Pulau Bintan. Di tempat ini, tepatnya di Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara, terdapat Masjid Raya Baitul Makmur yang dapat dikunjungi. Tempat ibadah umat islam yang memiliki warna beragam dengan arsitekturnya membuat masjid ini terlihat artistik dan megah selain menarik untuk memenuhi media sosial Genhype

Baca juga7 Destinasi Wisata Wajib di Kota Khatulistiwa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iOS

BERIKUTNYA

Mau Berbuat Sesuatu untuk Lingkungan & Masyarakat? Ikut Saja Program Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: