Ilustrasi penonton konser (Sumber gambar: Craig Whitehead/Unsplash)

Rawan Berdesakan, Ini 5 Hal yang Wajib diantisipasi Saat Nonton Konser

31 October 2022   |   21:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Memasuki akhir tahun, banyak penyelenggara yang mulai menggelar rangkaian konser musisi lokal dan mancanegara. Setelah pandemi Covid-19 mereda, tak sedikit orang yang ingin bernyanyi bersama musisi favoritnya secara langsung. Hal ini bisa saja mengundang animo tinggi dan menyebabkan kerumumnan.

Seperti diketahui, stamina menjadi salah satu aspek penting yang harus dipastikan saat pergi ke konser. Dengan stamina yang kuat, tubuh lebih bugar untuk beradaptasi dengan situasi konser yang padat pengunjung. 

Baca juga: Biar Badan Enggak Drop di Tengah Konser, 5 Barang Ini Wajib dibawa

Sebelum pergi ke konser, perhatikan beberapa hal yang wajib kamu antisipasi jika sewaktu-waktu terdapat kemungkinan berdesakan dengan pengunjung lain di area konser:
 

1. Pastikan memiliki cukup ruang untuk bernafas

 

Ilustrasi konser (Sumber gambar: Danny Howe/Unsplash)

Ilustrasi konser (Sumber gambar: Danny Howe/Unsplash)


Memastikan setiap orang memiliki ruang yang cukup di tengah padatnya penonton konser menjadi hal yang penting. Pastikan kamu memiliki cukup ruang bergerak dan mendapat oksigen untuk bisa bernapas lancar. Kesusahan bernafas akan menyebabkan kesulitan menerima oksigen. Dilansir dari Spinal Cord, kekurangan oksigen dalam darah membuat tubuh tidak mampu mengoksidasi darah dengan baik dan menyebabkan serangan jantung, pingsan, hingga kesulitan berpikir.
 

2. Siapkan obat-obatan

 

Ilustrasi obat-obatan (Sumber gambar: Volodymyr Hryshchenko/Unsplash)

Ilustrasi obat-obatan (Sumber gambar: Volodymyr Hryshchenko/Unsplash)


Obat-obatan meruapkan hal yang harus kamu siapkan saat hendak pergi ke konser. Antisipasi ini penting jika sewaktu-waktu kamu atau orang terdekat mengalami sesak atau pingsan di tengah arena konser. Bawalah obat seperti minyak aromaterapi, minyak kayu putih, obat sakit kepala, obat maag, dan inhaler sebagai antisipasi jika tubuh tiba-tiba tidak fit di tengah konser.
 

3. Tidak menggunakan pakaian ketat

 

Ilustrasi pakaian ketat (Sumber gambar: Tamara Bellis/Unsplash)

Ilustrasi pakaian ketat (Sumber gambar: Tamara Bellis/Unsplash)


Pakaian ketat tidak hanya membuatmu susah bergerak leluasa saat bernyanyi di konser, tetapi juga membuat kesulitan bernafas di tengah keramaian. Pakaian yang terlalu ketat akan menekan bagian tubuh dan membuat sirkulasi tubuh menjadi buruk bahkan memicu penyakit dan iritasi. Dilansir dari Everyday health, dokter spesial refluks, Jamie Koufman menyarankan untuk menghindari pakaian ketat yang dapat menekan perut dan memicu asam lambung naik. Untuk itu, guankan pakaian yang sedikit longgar dan tetap nyaman ya!
 

4. Makan sebelum pergi konser

 

Ilustrasi makan sebelum pergi ke konser (Sumber gambar: Louis Hansel/Unsplash)

Ilustrasi makan sebelum pergi ke konser (Sumber gambar: Louis Hansel/Unsplash)


Pastikan kamu memiliki stamina yang baik dan energi yang cukup untuk konser. Saat konser, akan banyak orang bernyanyi bersama dan terbawa dalam suasana yang cukup menguras energi pada tubuh. Untuk itu, pastikan kamu makan yang cukup sebelum pergi ke konser. Disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi protein sebagai penyokong stamina saat ingin pergi ke konser. Namun tetap ingat, hindari untuk makan berlebihan karena akan memicu gangguan saluran pencernaan.
 

5. Pastikan tubuh terhidrasi

 

Ilustrasi minum (Sumber gambar: Bluewater Sweden/Unsplash)

Ilustrasi minum (Sumber gambar: Bluewater Sweden/Unsplash)


Terakhir, kamu harus memastikan tubuh terhidrasi dengan minum air mineral yang cukup. Jangan klupa untuk membawa air mineral di tas sebelum memasuki arena konser. Atau, kamu bisa membeli minuman air mineral di dalam arena konser. Dilansir dari situs Harvard, manusia dewasa disarankan mengonsumsi 4 hingga 6 gelas air atau setara dengan dua liter per hari.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Berawal dari Tempat Sederhana, Pengusaha Laundry Ini Sukses Punya Ratusan Cabang

BERIKUTNYA

Pendapatan Kotor Film Black Adam Drop Pada Akhir Pekan Kedua Penayangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: