Karya seniman FX Harsono di pameran Jejak (Sumber gambar : Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Agenda Pameran Seni Rupa yang Bisa Dinikmati pada November 2022

31 October 2022   |   09:05 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian pencinta seni rupa, sejumlah pameran seni rupa bakal diselenggarakan di sejumlah kota di Indonesia sepanjang November 2022. Agend pameran seni ini dapat menjadi opsi destinasi liburan menjelang akhir tahun ini sambil menikmati karya-karya seniman terkini baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Sebagaimana kita saksikan, kegiatan pameran atau bursa seni rupa di dalam negeri terus berlangsung seiring keadaan pandemi Covid-19 yang kian membaik. Tidak hanya daring, kegiatan yang menampilkan karya sejumlah seniman itu juga dilakukan secara luring sehingga kita dapat menikmati karya-karya tersebut secara langsung.

Baca juga: Profil Seniman Nasjah Djamin: Murid dari Pelukis Sudjojono & Sastrawan Chairil Anwar

Nah agenda seni apa saja yang bakal berlangsung pada November tahun ini. Berikut pameran-pameran seni rupa yang dapat disaksikan para pencinta seni.


1. Art Moments Jakarta

Pameran yang juga bursa seni rupa di Jakarta ini akhirnya kembali diselenggarakan secara luring setelah beberapa kali terselenggara secara daring akibat pandemi Covid-19.

Bagi kalian yang ingin menikmati karya-karya seniman dan berencana mengoleksinya, pameran Art Moments Jakarta akan terselenggara pada pada 4-6 November 2022 di Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City dan Gandaria City Hall.

Art Moments Jakarta kelima ini akan mengusung sejumlah seniman, seperti Miwa Komatsu, Andrey Ostashov, Made Wianta, Handrio, dan Nyoman Nuarta.

Tidak hanya itu, Art Moments Jakarta juga akan memberi panggung kepada beberapa pembuat seni digital, seperti Arya Mularama- Indonesia, Diela Maharanie- Indonesia, Tommy Chandra- Indonesia, Sarisa Kojima- Thailand, Marion Olmillo - Philippines, dan Hamlatul Arsy - Brunei.


2. Pameran Tunggal Seniman FX Harsono

Pameran seni rupa lainnya yang bisa menjadi pilihan pada November ini adalah pameran tunggal seniman FX Harsono yang berlangsung telah sampai dengan 13 November 2022 di Can’s Gallery bertajuk Jejak.

Pameran ini merupakan pencarian sang seniman yang lebih intim dan personal tentang sosok-sosok yang membangun kisah diri dan bernegosiasi dalam beragam pergeseran sosial dan komunal.

Secara khusus, FX Harsono mendedikasikan pameran ini untuk para perempuan yang terkait dengan kultur Tionghoa, terutama narasi yang memunculkan kekuatan, resistensi, dan memori, yang selama ini tidak banyak terkuak dalam wacana utama.

Kemudian, beberapa karya dalam pameran ini berangkat dari penelusuran sang seniman di kota tua Lasem saat bertemu dengan para perempuan yang menjaga rumah-rumah kuno China, hidup dalam tradisi Cina yang masih cukup kuat sekaligus beradaptasi dengan kultur Jawa di mana mereka menjadi bagian di dalamnya.


3. The Soul Trembles

Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) bakal mengadakan pameran tunggal seniman asal Jepang, Chiharu Shiota untuk yang pertama kalinya di Indonesia. Pameran bertajuk The Soul Trembles itu akan berlangsung mulai dari 26 November 2022 hingga 30 April 2023.

Karya-karya yang akan dipamerkan menggabungkan instalasi berskala besar, patung, video performance, fotografi, dan desain panggung. Adapun, berbagai karya itu dia ciptakan selama 30 tahun menggeluti bidang kesenian, sejak 1990an.

Pameran bertajuk The Soul Trembles yang akan terselenggara di Museum MACAN merupakan bagian dari tur global sang seniman yang sebelumnya sudah terselenggara di sejumlah negara. Indonesia adalah satu-satunya tempat penyelenggaraan tunggal sang seniman di Asia Tenggara.


4. Here Comes The Towtow : a close-up glimpse of a strange

Pameran lainnya yang dapat kalian saksikan adalah pameran Here Comes The Towtow : a close-up glimpse of a strange. Pameran ini merupakan pameran tunggal seniman Rato Tanggela yang diadakan pada 30 Oktober – 12 November 2022 di Rumah Miring by CGartspace, Jakarta.

Towtow adalah signature character rekaan dari sang seniman yang hadir dalam beragam karya. Karakter ini berubah-ubah, kadang memanjang dan menyusut. Tidak hanya itu, karakter itu juga bisa menjadi sosok anak-anak dan membesar seperti orang dewasa.

Karakter ini merupakan gambaran tokoh dari beragam kisah yang ada di sekitar seniman, seperti teman-teman dan keluarga. Sosok karakter ini terlihat aneh lantaran sekujur tubuh berbulu dengan wajah berupa bulatan kuning yang seolah hanya ditempelkan kepada sosok itu.


5. Timeless Creativity-A Different Kind of Canvas

Pameran lainnya yang dapat disaksikan pada November tahun ini adalah pameran  bertajuk Timeless Creativity-A Different Kind of Canvas di Senayan City, Jakarta, pada 28 Oktober - 4 November 2022. Di pameran ini, Genhype bisa menikmati karya seniman yang diaplikasikan di furnitur alih-alih di atas kanvas.

Baca juga: 3 Seniman Populer Ini Sukses Mengubah Mental Illness Jadi Energi Berkarya

Ada dua seniman yang ikut serta dalam pameran ini, yakni Naufal Abshar dan Bunga Yuridespita. Di pameran ini, kalian bisa menikmati bagimana menyentuh karya seni yang diaplikasikan di furnitur. Biasanya karya seni yang terpajang tidak boleh disentuh oleh para pengunjung.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Profil Wassily Kandinsky, Pionir Aliran Seni Lukis Abstrak Dunia

BERIKUTNYA

Daftar Comeback & Konser Kpop Tertunda Setelah Tragedi Halloween di Itaewon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: