Lelang lukisan termahal karya Leonardo da Vinci ini dimenangkan oleh Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Arab Saudi. (Dok. Christie's)

Inilah Lukisan Karya Para Old Masters Termahal yang Pernah Terjual

16 May 2021   |   00:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Saat ini, Pablo Picasso, Gerhard Richter, Jean-Michel Basquiat, Andy Warhol, dan sejumlah nama akrab lainnya mendominasi penjualan di rumah lelang. Tetapi, beberapa dekade yang lalu, kategori Old Masters — yang mencakup seniman yang aktif antara abad ke-14 dan ke-18 — biasa dibicarakan semua orang.

Meskipun popularitasnya telah berkurang, kategori tersebut masih mencatat sejumlah rekor lelang.

Baik lelang publik maupun akuisisi karya seni raksasa sejarah seni terkenal seperti Leonardo da Vinci, Raphael, Rembrandt, dan Peter Paul Rubens, antara lain, telah menjadi berita utama, dengan karya yang terkadang dijual seharga ratusan juta dolar.

Pada 2021, kategori Old Masters kembali menjadi sorotan, ketika potret Sandro Botticelli dari koleksi maestro real estate Sheldon Solow dijual di Sotheby's di New York pada 28 Januari 2021 seharga US$92,2 juta.

Selain potret tersebut, berikut daftar penjualan lukisan karya para Old Masters yang terjual dengan harga fantastis.

1. Leonardo da Vinci, Salvator Mundi (sekitar tahun 1500)
 

Leonardo da Vinci, Salvator Mundi (Dok. Christie's)

Leonardo da Vinci, Salvator Mundi (Dok. Christie's)

Harga jual: US$450,3 juta

Dijual dari koleksi pribadi Eropa, pemenang lelang lukisan ini adalah Mohammed bin Salman, Putra Mahkota Arab Saudi. Karya itu menggambarkan Kristus memberi isyarat salib dengan tangan kanannya dan memegang bola transparan di tangan kirinya. Lelang Leonardo da Vinci Salvator Mundi ini menjadi penjualan seni yang paling banyak dipublikasikan dalam sejarah dan meraup lebih dari US$450 juta di Christie's New York pada tahun 2016.

2. Rembrandt van Rijn, Pendant Portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit (1634)
 

Rembrandt van Rijn, Pendant Portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit (Dok. Christie's)

 

Rembrandt van Rijn, Pendant Portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit (Dok. Christie's)

Harga jual: 160 juta euro atau sekitar US$195 juta

Potret langka, yang merupakan satu-satunya lukisan Rembrandt berukuran penuh yang diketahui, sebelumnya ada dalam koleksi Rothschild pada tahun 1878. Sebelum penjualan pribadi, lukisan tersebut terakhir kali dipamerkan secara publik pada tahun 1956 di Belanda.

Meskipun kedua lukisan tersebut dimiliki secara terpisah, karena undang-undang Prancis, museum telah berjanji bahwa sepasang lukisan ini akan selalu dipamerkan bersama di kedua museum. Difasilitasi oleh Christie's, karya-karya tersebut dibeli melalui kesepakatan pribadi dengan harga masing-masing sekitar 80 juta euro. Selesai pada 1634, potret pengantin baru itu dilukis dengan rumit oleh seorang seniman muda, yang pada saat itu baru berusia 28 tahun.


 
1
2


SEBELUMNYA

Serial Netflix Populer Money Heist Season 5 Selesai Syuting

BERIKUTNYA

Catat Nih, Game Final Fantasy XIV: Endwalker Bakal Rilis November Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: