Meiska Adinda (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Debut Karier Profesional, Meiska Adinda Rilis Single Hilang Tanpa Bilang

28 October 2022   |   13:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Butuh waktu 4 tahun bagi solois muda Meiska Adinda merilis single perdananya berjudul Hilang Tanpa Bilang. Rilisan ini merupakan debut Meiska sebagai penyanyi profesional yang bergabung dengan label Sony Music Entertainment Indonesia, setelah lebih dulu dikenal sebagai finalis kompetisi pencarian bakat pada 2018 lalu.

Seperti judulnya, single Hilang Tanpa Bilang berkisah tentang laki-laki dan perempuan yang sudah menjalin hubungan kedekatan, namun tiba-tiba salah satu dari mereka menghilang begitu saja alias ghosting. 

"Rasanya sakit banget ditinggal tanpa penjelasan kayak gitu. Inilah yang diangkat jadi tema single aku," kata Meiska dalam rilis, Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Vintonic Merilis Single Back to You, Usung Genre Musik yang Lebih Jazzy

Dara berusia 19 tahun itu mengaku sebenarnya dia diberikan pilihan beberapa lagu sebagai single debutnya. Tetapi, dia lebih memilih lagu Hilang Tanpa Bilang lantaran pernah mengalami kisah yang sama dalam cerita lagu tersebut.

"Menurut aku, hal terpenting  saat kita menyanyikan sebuah lagu adalah terasa relate dengan diri sendiri sehingga kita bisa menyampaikan ceritanya dengan tulus dan jujur,” ungkapnya.
 

Meiska Adinda (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Meiska Adinda (Sumber gambar: Sony Music Entertainment Indonesia)

Penggarapan Lagu
Lagu Hilang Tanpa Bilang dikerjakan oleh Meiska dan tim selama satu setengah bulan. Dia pun mengaku tidak mengalami banyak kesulitan selama proses penggarapan lagu.

“Begitu dapat draft awal, aku berdiskusi dengan para penciptanya mengenai beberapa bagian yang aku ubah untuk disesuaikan dengan karakter vokal aku. Untungnya, mereka setuju. Dari situ, baru masuk dapur rekaman dan pengerjaan mixing," tuturnya.

Dari mengikuti ajang The Voice Kids Season 3 pada 2018 hingga akhirnya merilis single perdana pada tahun ini, diakui oleh Meiska ada perubahan dari segi vokalnya saat ini. Jika dahulu cara bernyanyinya cukup teknis dengan lagu-lagu festival, kini dia mulai belajar menyanyikan lagu yang lebih komersial.

Untuk mengasah kemampuan itu, Meiska pun melakukan berbagai latihan dan kegiatan seperti membuat cover lagu di media sosial, tampil secara reguler di salah satu kafe di Bali, hingga bernyanyi di acara pernikahan.

Selain itu, dia pun rajin memperhatikan tren musik dan cara bernyanyi di Indonesia, tentu tanpa mengubah karakter vokalnya. Semua itu Meiska lakukan demi memperluas perbendaharaan musiknya untuk kemudian dia terapkan di kariernya nanti.

Dalam menggarap lagu ini, Meiska pun bekerja sama dengan beberapa orang seperti Keke Kananta yang membantu mencarikan lagu yang sesuai karakter vokalnya, Trakast, Seto, dan Yafi yang menciptakan lagu tersebut, serta Ivan Nat yang menjadi pengarah vokalnya.
 

Bergabung dengan Label
Sempat merasa tak percaya diri saat diminta bergabung dengan Sony Music, Meiska meyakinkan dirinya bahwa ini jalan yang tepat untuknya mulai belajar tentang dunia musik secara profesinal.

“Awalnya, aku sempat nggak yakin karena merasa belum layak untuk masuk label. Tapi, aku sadar, bahwa inilah kesempatan aku untuk bertemu banyak orang yang sudah lebih dulu berkecimpung di industri musik dan belajar dari mereka," ujarnya.

Akhirnya, dia pun memutuskan untuk bergabung dengan label untuk menambah ilmu di dunia musik Indonesia. Dari situ, dia mengaku ingin belajar mengenai dunia hiburan, cara menciptakan lagu yang disukai orang banyak, dan bisa berkarya secara konsisten.

Baca juga: Solois Nadine Fatiana Rilis Single Ketiga If Tomorrow We Have to Fall Apart

Meiska berharap bahwa lagu perdananya ini akan bisa diterima oleh para pencinta musik di seluruh Indonesia dengan kisah yang sama dalam kehidupan percintaan mereka.

"Aku juga berharap ke depannya bisa belajar lebih banyak dan semakin serius di dunia musik, menciptakan karya yang relate dengan orang-orang di luar sana, dan bisa menumpahkan isi hatiku melalui musik yang dapat diterima para pendengarku," tambahnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

IFG Life Besut Produk Proteksi Bagi Wisatawan & Pegiat Olahraga Ekstrem

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Tontonan untuk Merayakan Halloween

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: