Ilustrasi makanan enak buat pengidap hipertensi (Sumber gambar: Freepik)

7 Makanan Enak yang Bisa Bantu Turunkan Darah Tinggi

17 October 2022   |   21:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hipertensi alias tekanan darah tinggi masih menjadi salah satu penyakit kronis yang kasusnya tergolong banyak, lantaran faktor gaya hidup yang tidak sehat. Kedisiplinan dalam menjaga pola makan sehat terutama asupan dengan kandungan garam yang tinggi umumnya sulit dihindari oleh para penderitanya.

Padahal hipertensi tidak bisa dianggap sepele. Penanganan yang tidak tepat dapat memunculkan berbagai komplikasi yang dapat mengganggu kesehatan pengidapnya. Dalam hal ini, pengaturan makanan menjadi sangat penting untuk membantu seseorang mengontrol tekanan darahnya dengan tepat.

Baca juga: Awas Hipertensi Bisa Picu Kerusakan Otak, Begini Prosesnya

Namun, bukan berarti pengidap tekanan darah tinggi tidak bisa makan enak lagi. Masih ada banyak pilihan makanan enak yang bisa dimakan pengidap hipertensi. Bukan hanya enak, makanan di bawah ni juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasan berikut ini.


1. Ikan Salmon.

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang dapat dikonsumsi pengidap darah tinggi. Kandungan omega 3 di dalamnya diketahui baik untuk menyehatkan pembuluh darah. Mengonsumsi dua porsi salmon setiap satu minggu dapat memenuhi asupan omega 3 di dalam tubuh.

Ikan dengan warna daging kemerahan ini juga punya banyak kandungan gizi lain, seperti protein, vitamin B kompleks, dan potasium. Kandungan tersebut ikut berperan menjaga kesehatan pembuluh darah.


2. Ikan Sarden.

Ikan sarden memiliki daging yang lembut dan mudah diolah. Hal itu membuat ikan ini disukai banyak orang. Ikan sarden juga punya kandungan asam lemak omega 3 yang tidak kalah banyak. Manfaat kandungan itu bisa membantu mejaga kesehatan pembuluh darah.

Namun, sebaiknya kamu mengonsumsi sarden yang masih alami. Jika mengonsumsi sarden dalam bentuk kemasan, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.


3. Buah-buahan.

Buah yang mengandung kalium sangat baik untuk pengidap hipertensi. Kandungan tersebut dapat menyeimbangkan tekanan darah dan kadar natrium di dalam tubuh. Salah satu buah enak yang dapat dikonsumsi ialah pisang.

Selain itu, semangka juga dapat menjadi alternatif buah enak lain. Kandungan L-citrulline diketahui dapat melebarkan pembuluh darah sehingga baik untuk penderita hipertensi. Beberapa buah lain yang dapat dicoba ialah bit, beri, tomat, jeruk, dan kiwi.
 

4. Yoghurt.

Yoghurt bukan hanya baik untuk pencernaaan. Minuman fermentasi tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk pengidap hipertensi. Kandungan kalium di dalamnya mampu menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah.

Selain itu, kandungan magnesium di dalamnya juga dapat menurunkan risiko hipertensi. Yoghurt dapat dimakan langsung atau ditambahkan beberapa buah lain untuk mendapatkan manfaat lebih.


5. Oatmeal.

Oatmeal termasuk makanan enak yang bisa dikonsumsi pengidap hipertensi. Kandungan rendah natrium dan lemaknya baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi pada pagi hari.

Biar rasanya lebih enak, tidak ada salahnya untuk menambahkan aneka buah segar dan madu. Terlebih, makanan ini juga sangat praktis sehingga bisa buat oleh siapa saja.


6. Susu Skim.

Susu skim adalah salah satu jenis minuman yang sehat. Berbeda dengan lainnya, susu skim ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Kandungan kalsium yang tinggi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga: 3 Jenis Olahraga yang Cocok Buat Penderita Hipertensi

Selain itu, kadar kalium yang terkandung didalamnya juga memiliki manfaat untuk merelaksasi dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membantu tekanan darah tetap stabil.


7. Sayuran.

Sayuran hijau sangat cocok dikonsumsi pengidap hipertensi. Misalnya, selada, lobak hijau, sawi, kale, atau bayam. Sayuran hijau memiliki kandungan kalium, magnesium, dan serat yang cukup tinggi.

Namun, mengonsumsi sayur dalam bentuk sup sebaiknya tidak ditambahkan dengan garam yang berlebihan. Pengidap hipertensi mesti melakukan diet rendah garam agar tidak terjadi lonjakan tekanan darah.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengenal Diet Garam yang Cocok Buat Pengidap Hipertensi

BERIKUTNYA

Startup Ini Kenalkan Tren Gamifikasi dalam Proses Belajar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: