Inspirasi model kebaya. (Sumber gambar: Instagram/ataliapr)

Inspirasi Outfit Kebaya untuk Rayakan Hari Sumpah Pemuda

25 October 2022   |   18:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober 2022. Salah satunya dengan memakai pakaian adat yang praktis dan anti ribet seperti kebaya. Baju nasional ini bisa kamu pakai saat ke kantor pada peringatan hari bersejarah itu. 

Kebaya sejak dahulu banyak dipakai perempuan Indonesia mulai dari bangsawan hingga rakyat jelata. Filosofi mendalam tersimpan erat dalam busana ini. Kebaya memiliki nilai kehalusan, kepatuhan, kesederhanaan, dan sikap wanita lembut. Bahkan busana ini yang dipakai para tokoh perempuan muda Indonesia yang hadir dalam Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928. 

Baca juga: Intip Outfit Kebaya Jawa Klasik Maudy Ayunda yang Cantik & Elegan

Seiring waktu, kebaya pun mulai dikreasikan menyesuaikan kebutuhan dan keadaan. Banyak ragam kebaya modern namun tidak lepas dari desain awal. Buat kamu yang tertarik dan ingin ikut merayakan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober mendatang, berikut rekomendasi kebaya yang bisa kamu pakai untuk ke kantor. 


1.  Kebaya lengan pendek


Untuk tampilan praktis namun tetap anggun, kamu bisa memakai kebaya kutubaru lengan pendek berwarna cerah seperti pink, peach, broken white, dan lain-lain. Sematkan bros susun sederhana di bagian tengahnya. Untuk menambah tampilan yang lebih eyecatching, padukan dengan songket dengan panjang di bawah lutut. Kamu bisa memilih warna gelap seperti ungu tua atau merah marun. 


2. Kebaya kartini

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by atalia praratya (@ataliapr)


Tokoh emansipasi wanita memakai kebaya dalam kesehariannya. Dia kerap memakai kebaya berbahan katun dengan bordiran di bagian atas dan turun ke bawah. Desainnya cukup sederhana dengan warna soft seperti peach, tosca, putih, maupun merah muda.

Kamu bisa meniru gaya berkebaya kartini buat outfit ke kantor. Saat ini banyak desainer atau produsen kebaya yang menjual kebaya kartini dengan harga terjangkau.  

Kamu tinggal pilih warna yang sesuai dengan kepribadian kamu. Saat memakai kebaya ini, kamu bisa memadukannya dengan celana hitam panjang atau kain batik. 
 

3. Beskap kebaya


Siapa bilang beskap hanya model untuk pakaian adat pria. Dengan kreasi Rengganis, beskap bisa dijadikan kebaya untuk wanita. 

Tidak jauh beda modelnya dengan beskap pria, koleksi beskap peonies kebaya milik Rengganis menampilkan desain atas yang tertutup. Dengan lengan pendek berbahan 100% cotton, beskap kebaya berwarna maroon itu diberi sedikit sentuhan motif batik di setiap pinggir kain.

Beskap kebaya ini tampak simpel dan sangat manis apabila kamu gunakan ke kantor. Padukan dengan rok batik atau celana panjang warna hitam atau putih.


4. Kebaya batik


Kebaya tidak harus polos dan berbahan kaun atau brokat. Kebaya batik juga bisa menjadi pilihan outfit kamu pada peringatan Hari Sumpah Pemuda mendatang. 

Untuk desain kebaya dengan bahan premium, coba lirik koleksi DhieVine yang memproduksi rangkaian model kebaya dan batik yang elegan. Kebaya kutu baru yang telah dimodernisasi ini dominan dengan motif batik yang klasik dan berkelas. Tinggal padukan dengan rok lilit atau rok asimetrik bermotif batik untuk memaksimalkan gaya chic saat menghadiri acara semi formal seperti rapat dengan klien.


5. Dress kebaya A-Line


Buat kamu yang enggak suka bingung memilih bawahan yang pas untuk kebaya, kamu bisa menggunakan model baju kebaya modern berbentuk dress A-line. 

Pilih model atasan yang menyerupai kebaya tanpa peran bustier. Sedangkan bagian bawahnya menyerupai dress dengan aksen lipit dan siluet yang lebih mengembang. Warna biru dongker pas buat kamu yang ingin memakainya ke kantor.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Identik dengan Italia, Yuk Simak 5 Fakta Unik Sejarah Pasta

BERIKUTNYA

13 Mitos Korea Selatan, Salah Satunya Bisa Bikin Hubungan Percintaan Kandas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: