Sejarah konsumsi pasta sudah dimulai sejak 5.000 tahun sebelum Masehi (SM) di China (sumber gambar Unsplash/Danijela Prijovic)

Identik dengan Italia, Yuk Simak 5 Fakta Unik Sejarah Pasta

25 October 2022   |   19:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kalian tahu kan kalau setiap 25 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Pasta Sedunia? Pasta menjadi sajian spesial karena dari anak kecil hingga orang dewasa pasti banyak yang menyukainya. Makanan berbentuk pipih seperti mie ini memang memilki tekstur kenyal dan lezat saat dibumbui saus dan disajikan selagi hangat.

Dirangkum dari laman National Today, sejarah Hari Pasta Sedunia dimulai saat 40 produsen pasta dari seluruh dunia mengadakan kongres di Roma, Italia pada 1995. Tujuannya adalah membahas tema promosi kolektif dan meningkatkan konsumsi pasta secara global.

Baca juga: Selain Pasta & Pizza, Icip juga 6 Kuliner Khas Italia Ini

Sejak saat itulah setiap tanggal 25 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Pasta Sedunia. Tapi, jauh sebelum kegiatan itu berlangsung, pasta yang kita kenal sekarang ternyata juga memiliki fakta-fakta unik dibalik pembuatannya loh Genhype. 

Sebagai makananan yang memiliki banyak jenis, mulai dari Caneloni, Fettucini, Rigatonni, Spaghetti, Ravioli dan banyak lagi lainnya sejarah pasta ternyata sudah dimulai sejak 5.000 tahun sebelum Masehi (SM) oleh bangsa China.

Nah, bagi kalian penggemar pasta, yuk simak 5 fakta menarik  mengenai sejarah pasta yang belum kamu ketahui sebagaimana dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut.


1. Pertama Kali Dikonsumsi Orang China.

Pasta selalu identik dengan kuliner dari Italia, tapi nyatanya pasta pertama kali dibuat oleh bangsa China. Menurut beberapa penelitian, negeri Tirai Bambu menjadi negara pertama yang sudah mengonsumsi pasta sejak 5.000 tahun sebelum Masehi. Sedangkan orang Italia baru mengonsumsi pasta sejak 400 tahun sebelum Masehi melalui penjelajah dunia Marco Polo.

 

Ilustrasi gambar sumber (unsplash/Mae Mu)

Ilustrasi gambar sumber (unsplash/Mae Mu)

 

2. Zaman Dulu Pasta Dibuat dengan Diinjak.

Pada saat awalnya ditemukan, pasta dibuat dengan cara diinjak untuk menguleni adonannya yang cukup keras  alih-alh diaduk dengan tangan. Bahkan proses pembuatan pasta juga membutuhkan waktu satu hari penuh. Barulah setelah revolusi industri terjadi pasta akhirnya dibuat dengan mesin dan berlangsuung singkat.
 

3. Ada Lebih dari 600 Jenis Pasta di Dunia.

Dikutip dari TimesLives, menurut International Pasta Organization ada lebih dari 600 jenis pasta di dunia. Beberapa bentuknya juga mungkin banyak yang belum diketahui khalayak. Seperti gigli (menyerupai bunga berbentuk lonceng), rotelle (roda gerobak), mafaldine (berbentuk pita) dan anelli (lingkaran tipis).

 

Iustrasi gambar sumber (Unsplash/Pixzolo Photography)

Iustrasi gambar sumber (Unsplash/Pixzolo Photography)

 

4. Italia Konsumen Pasta Tertinggi di Dunia.

Italia dinobatkan sebagai negara yang mengonsumsi pasta paling tinggi didunia. Dikutip dari NewsItalianfood,  produksi pasta negara ini mencapai 3,9 juta ton per tahun dengan pasokan yang mencakup 120 perusahaan pasta. Peringkat berikutnya disusul Tunisia, Venezuela, Yunani, dan Chile.
 

5. Spaghetti Jadi Mie paling Populer di AS.

Salah satu jenis pasta yang bernama Spaghetti menjadi salah satu hidangan pasta paling populer yang disukai masyarakat Amerika. Spagetti pertama kali dihidangkan di salah satu restoran di sana  pada abad ke-19. Dimasak hingga al dente (tiingkat kematangan sempurna) Spaghetti lalu disiram dengan saus tomat, bumbu cengkih, daun salam, dan bawang putih.

Baca juga: 5 Resep Pasta Viral à la Pasta Queen, Nadia Caterina Munno

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Perawatan Penting saat Mobil Terendam Banjir

BERIKUTNYA

Inspirasi Outfit Kebaya untuk Rayakan Hari Sumpah Pemuda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: