Ilustrasi mobil terendam banjir (Sumber gambar: Lifepal)

5 Perawatan Penting saat Mobil Terendam Banjir

25 October 2022   |   19:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Akhir-akhir ini, sebagian wilayah di Indonesia seringkali diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi hingga menyebabkan banjir. Kondisi ini pun dapat mengakibatkan berbagai kerugian mulai dari titik kemacetan, hingga membuat kerusakan pada mobil-mobil pribadi yang terendam genangan air. 

Saat musim hujan, tak jarang kita melihat banyak dari pemilik kendaraan yang terpaksa menerjang banjir untuk tetap bisa mencapai tujuannya. Sayangnya, menerobos banjir dapat merusak komponen-komponen yang terdapat pada mesin, apalagi bila air yang terperangkap di dalam mesin mengandung lumpur.

Baca juga: Suka Touring? Ini 4 Rekomenasi Perawatan Biar Mobil Kalian Lincah

Berbagai risiko dan masalah lain juga akan muncul pada mobil yang terendam banjir diantaranya terjadi karat pada mesin sampai potensi aroma tidak sedap pada kabin mobil.

Sebagai pemilik mobil, kalian tentu perlu lebih memperhatikan kendaraan untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang diakibatkan karena rendaman air. Berikut ini adalah beberapa tip yang perlu kalian lakukan jika mobil terendam banjir menurut Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal.co.id, dalam rilis yang Hypeabis.id terima, Selasa (25/10/2022).


1. Lepas kabel aki dari mobil.

Langkah pertama yang harus diantisipasi adalah melepaskan kabel aki yang berpotensi menghasilkan korsleting. Biasanya, korsleting listrik pada mesin mobil dipicu karena adanya air yang masuk ke dalam mesin. Jika dibiarkan, risiko terbesar dari korsleting pada mesin adalah terjadi ledakan api pada mobil dan mobil mogok.
 

2. Keringkan komponen pengapian.

Komponen dalam pengapian mesin mobil termasuk saringan udara, busi, alternator, karburator, delco kabel, dan koil. Ornamen pengapian termasuk komponen sensitif yang mudah rusak bila terkena banjir. Oleh karena itu, segera keringkan ornamen pengapian tersebut untuk mencegah kerusakan akibat terendam banjir yang lebih parah di kemudian hari.
 

3. Kosongkan tangki bensin.

Penanganan mobil terendam banjir selanjutnya adalah dengan mengosongkan tangki bensin. Mobil yang menerobos banjir rentan terhadap bensin bercampur dengan air pada tangki bensin.

Menguras tangki bensin dapat menghindari karat dan korosi pada tangki bensin. Selain itu, tangki bensin yang keropos juga akan mengganggu sistem pengapian pada mobil.


4. Menetralkan tuas rem tangan.

Tip mobil terkena banjir selanjutnya adalah memeriksa bagian tuas rem tangan. Rem tangan pada mobil erat kaitanya dengan kanvas rem. Bila tuas rem tangan tidak segera dinetralkan, akan menyebabkan rem kanvas lengket dan berdampak pada kerusakan mobil yang cukup serius. Sedangkan untuk mobil transmisi otomatis, hanya perlu memindahkan persneling ke mode parkir.


5. Keringkan panel dan lampu.

Panel dan lampu mobil biasanya termasuk bagian yang pertama kali terendam banjir. Elemen ini cukup berisiko bila mobil menerjang banjir karena masih terhubung dengan listrik. Pembersihan secara detail dan pengeringan secara menyeluruh setelah mobil terobos banjir sangat penting untuk menghindari risiko terjadinya korsleting listrik dan mesin mobil mogok.

Baca juga: 6 Cara Merawat Ban Mobil Ini Wajib Dilakukan Berkala

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Untung Buka Resto atau Kuliner Online? Nih Kepoin Pengalaman Bos Amazy Family Resto

BERIKUTNYA

Identik dengan Italia, Yuk Simak 5 Fakta Unik Sejarah Pasta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: