Ban adalah salah satu komponen yang harus dicek secara rutin (Sumber gambar: PT. Hankook Tire Sales Indonesia)

Buat Penggemar Touring, Lakukan 4 Hal Ini agar Mobil Kalian Lincah Selama di Jalan

18 October 2022   |   06:19 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Touring atau melakukan perjalanan jauh lintas daerah secara berkelompok adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Terutama bagi pengendara roda empat. Namun, tidak jarang para pengendara harus melewati jalan rusak dan kemacetan lalu lintas dalam perjalanan touring.

Jadi, kondisi kendaraan yang prima sangat dibutuhkan agar perjalanan menjadi menyenangkan, serta terhindar dari kemungkinan masalah yang dapat terjadi di jalan. Permasalahan kendaraan yang kerap terjadi saat toruing antara lain turun mesin akibat busi tidak berfungsi.

Baca juga: Pantau 4 Penyebab Ban Mobil Sering Kempes

Kemudian, overheat karena gangguan radiator atau kipas, dan permasalahan rem akibat kondisi jalanan yang naik turun. Jika kendala tersebut tidak diantisipasi, pegendara dapat mengalmai akibat yang fatal.

National Sales Manager PCR (Passenger Car Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono, menuturkan bahwa perawatan mobil secara rutin perlu dilakukan oleh pengendara untuk menunjang performa dan keselamatan berkendara saat touring.

Selain itu, perawatan berkala juga dapat memperpanjang usia pakai kendaraan. ‘Perawatan mobil tidak cukup hanya mengandalkan waktu service ke bengkel, pemilik mobil juga harus paham cara memelihara kendaraannya secara mandiri,” katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Berikut sejumlah tips merawat mobil agar tetap lincah saat melakukan touring.
 

1. Oli

Langkah pertama yang harus selalu pengendara lakukan dan ingat adalah melakukan pemeriksaan terhadap oli mobil secara rutin. Oli merupakan pelumas mobil yang harus diganti dan diperhatikan secara rutin.

Bagi kendaraan yang telah berusia lebih dari 10 tahun,sebaiknya mengganti oli setiap 3 bulan sekali atau setelah menempuh jarak 10.000 kilometer. Sementara itu, pengguna mobil baru dapat mengganti oli setiap enam bulan sekali.
 

2. Kampas Rem

Komponen lain yang harus menjadi perhatian adalah kampas rem. Rata-rata kampas rem hanya bisa menempuh jarak 35.000 sampai dengan 40.000 kilometer.

Terhadap kendaraan manual, usia pemakaian akan lebih lama, yakni 70.000 kilometer. Setelah melewati batas tersebut, kampas rem biasanya sudah mulai aus.  
 

3. Meggunakan Bahan Bakar Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Langkah lain agar mobil dapat tetal melaju saat touring adalah menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomedasi dari pabrik kendaraan. Langkah ini perlu dilakukan guna memperpanjang usia pemaianan dan meningkatka performa kendaraan.

Bahan bakar yang direkomendasikan biasanya berupa Research Octane Number atau yang bisa disebut dengan RON.
 

4. Servis Rutin di Bengkel Terpercaya

Genhype harus melakukan service rutin di bengkel terpercaya agar kendaraan dapat tetap melaju dan baik-baik saja saat menjalani touring. Salah satu komponen yang harus dicek secara rutin adalah ban mobil.

Ban merupakan komponen terpenting karena berfungsi menyangga beban kendaraan, memberi dorongan, meredam getaran dari permukaan jalan, hingga optimalisasi pengereman. Pemilihan ban harus sesuai dengan kebutuhan agar menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara saat touring.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jadwal Dota 2 The International 18 Oktober 2022, BOOM Esports Bertemu Evil Genuises Hari Ini

BERIKUTNYA

5 Fakta Seru Film 6/45, Saat Tentara Korsel & Tentara Korut Berebut Hadiah Lotre

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: