Survei ke toko-toko untuk melihat selisih harga, dan mendaur ulang material yang masih bisa dipakai dapat memangkas biaya renovasi rumah (sumber gambar Pexels/Ksenia Cher)

Mau Renovasi Rumah Tapi Bujet Cekak ? Ikuti Saja 5 Tip Ekonomis Ini 

25 October 2022   |   12:35 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Merawat rumah memang membutuhkan perhatian khusus agar tidak cepat rusak. Tapi, di tengah kesibukan jam kerja dan rutinitas yang berlangsung, perawatan rumah kadang luput dari perhatian pemiliknya. Tak ayal rumah lalu cepat rusak dan harus direnovasi. 

Di fase inilah, pemilik hunian biasanya memutar otak agar budget renovasi tidak menguras kantong. Merenovasi rumah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika ada banyak kerusakan yang harus diperbaiki dengan segera.

Baca juga: Dana Darurat untuk Renovasi Rumah, Why Not?

Namun, pada kenyataannya ada beberapa hal yang dapat memangkas anggaran renovasi rumah. Kejelian memilih bahan, survei ke toko-toko untuk melihat selisih harga, dan mendaur ulang material yang masih bisa dipakai dipercaya dapat memangkas biaya renovasi rumah.

Nah, bagi yang sedang merenovasi rumah, berikut 5 tip yang dapat kamu lakukan agar kantong tidak jebol saat proeses renovasi berlangsung sebagaimana dirangkum Hypebis.id dari Krisbow dalam ulasan berikut.
 

1. Pilih konsep minimalis

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin melakukan renovasi rumah adalah memilih berbagai konsep yang akan diterapkan, karena hal ini akan mempengaruhi anggaranmu. Ketika bujet Genhype terbatas konsep minimalis adalah pilihan yang paling tepat.

 

ilustrasi gambar pexels

Ilustrasi (gambar sumber: pexels/cal david)

Dengan menerapkan konsep minimalis, hasil renovasi tak hanya akan memberi nuansa baru yang kekinian di rumah kalian. Selain itu, karena bahannya mudah dicari, konsep ini tentunya akan lebih menghemat biaya dan anggaran agar tidak membengkak.
 

2.Gunakan barang masih layak pakai

Merenovasi rumah tidak harus memakai barang-barang yang baru. Genhype juga dapat mengandalkan bahan-bahan bekas yang masih bisa digunakan sebagai material reuse, seperti kayu, bongkaran genteng, bekas kusen jendela dan pintu. 

Tak hanya itu, saat ini juga banyak produk-produk bekas yang biasanya dijual dengan harga miring di berbagai tempat. Biasanya barang-barang ini merupakan sisa material bongkaran rumah yang masih layak dipakai. Dengan memanfaatkan barang tersebut tentu akan meminimalisir budget agar lebih hemat.
 

3. Cerdas memilih toko

Selektif dallam memilih toko juga wajib dilakukan. Dalam membeli bahan bangunan, Genhype harus cerdas dalam memilih toko bangunan, carilah beberapa toko alternatif yang memiliki harga terjangkau dan bersaing. 

 

ilustrasi gambar sumber pexels/blue bird

ilustrasi gambar sumber pexels/blue bird


Untuk menyiasatinya, kamu bisa mendapatkannya di toko offline maupun online. Cobalah bandingkan harga diskon dari beberapa toko untuk mendapatkan harga terbaik agar bisa menghemat anggaran saat merenovasi rumah.
 

4. Jangan terburu-buru menyewa jasa tukang

Dalam renovasi rumah, salah satu yang paling menguras kantong paling besar adalah jasa tukang. Tapi, untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana, seperti mengebor dan mengecat dinding, sebaiknya  Genhype lakukan sendiri agar dapat memangkas biaya jasa renovasi.

Melakukan pekerjaan renovasi sederhana juga dapat menjadi kegiatan yang menarik saat libur kerja berlangsung. Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikan berbagai pola desain yang sesuai dengan kepribadian. Sehingga Genhype bakal lebih sering memperhatikan keadaan rumah dan terus merawatnya.
 

5. Lakukan sendiri untuk menghias interior

Dari segi pola desain interior, kalian juga  dapat mengerjakannya sendiri atau do it yourself (DIY)  dengan mencari beberapa referensi di laman desain online. Hal ini tentunya  yang dapat memberi inspirasi kalian untuk  mempercantik interior rumah yang sedang direnovasi.
 

ilustrasi gambar sumber pexels/pixabay

Ilustrasi (Sumber gambar: pexels/pixabay)

Sebelum mengerjakannya, persipakan dulu beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti lem tembak, amplas, dan kuas roller agar pada saat pengerjaan, bisa dilakukan dengan mudah. Jangan lupa nyalakan musik selama proses ini berlangsung, agar kalian tetap santai merenovasi rumah. 

Baca juga: Tak Perlu Renovasi, Ini 4 Trik Bikin Rumah Tampak Berkelas
 
Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Profil Seniman Claude Monet, Pelopor Impresionisme yang Karyanya Sempat Diejek Kritikus

BERIKUTNYA

Tip Lakukan Power Nap yang Efektif, untuk Isi Ulang Energi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: