Renovasi rumah (Sumber gambar: Blue Bird/Pexels.com)

Dana Darurat untuk Renovasi Rumah, Why Not?

15 June 2022   |   14:06 WIB

Kebutuhan dana untuk merenovasi rumah kerap melampaui bujet yang sudah dianggarkan karena tak jarang pemilik rumah melakukan perbaikan yang tidak termasuk dalam daftar rencana pengerjaan yang seharusnya telah diperhitungkan secara detail sejak awal. 

Sederet masalah, mulai dari yang ringan hingga berat seperti genteng bocor, cat tembok mengelupas, kamar mandi mampet, langit-langit rumah jebol, pagar berkarat, kaca jendela pecah hingga rumah mengalami kerusakan karena kebakaran, kerap membutuhkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya.

Jika mengingat hal tersebut, maka idealnya para penghuni rumah harus melakukan perawatan rutin agar biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan renovasi tidak terlalu besar.

Baca juga: Ini 8 Pos Keuangan Ideal untuk Pasangan Muda

Perencana Keuangan dari Janus Financial Dwita Ariani menyebutkan jika suatu saat sebuah keluarga harus melakukan renovasi rumah yang mereka tinggali, mereka bisa menggunakan dana darurat yang sudah ada. “Inilah pentingnya memiliki dana darurat,” katanya.

Bagi pasangan suami istri yang sudah memiliki anak, Dwita menyarankan idealnya mereka menyiapkan dana darurat yang besarnya sama dengan pengeluaran selama 12 bulan. 

Sebelum mulai menempatkan pundi-pundi rupiah pada aneka instrumen investasi, pasangan muda harus pandai-pandai mengumpulkan dana sebagai fondasi keuangan keluarga. 


Jika sebuah keluarga hanya memiliki dana darurat dalam jumlah yang kurang ideal, risikonya adalah saat membutuhkan dana untuk suatu keperluan seperti renovasi rumah, mereka harus menggunakan hasil investasi yang sudah terkumpul karena dana darurat tidak mencukupi. Sayang sekali bukan?

Dalam keadaan yang mendesak, sebuah keluarga bisa saja harus segera merenovasi rumahnya padahal mereka tak mempersiapkan dana sama sekali. Solusinya adalah, mendapatkan dana untuk renovasi rumah dengan cara berhutang.

Namun, sebelum melakukannya, coba tilik kembali cash flow keuangan keluarga, apakah mampu untuk membayar cicilannya setiap bulan? Carilah pinjaman yang mematok bunga kecil, selain jangka waktu pelunasan yang juga harus disesuaikan dengan kemampuan.

Baca juga: Kiat Sukses Investasi Reksa Dana Buat Anak Muda

Perempuan kelahiran Sorowako, Sulawesi Selatan ini menjelaskan cara lain untuk tetap bisa merenovasi rumah tanpa persiapan dana yaitu dengan menjual aset. Namun, aset yang dijual tersebut tidak mengganggu aktivitas rutin keluarga.

Bagaimana, sudahkan kalian siap jika harus merenovasi rumah? Rumah yang indah memang jadi dambaan setiap keluarga, karena itu penting sekali menyiapkan dana darurat yang salah satu fungsinya bisa dipakai saat memerlukan sejumlah uang untuk renovasi rumah.

Catatan redaksi: Artikel diambil dari Bisnis Indonesia Minggu edisi 17 Mei 2015.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini 8 Pos Keuangan Ideal untuk Pasangan Muda, Harus Kompak Ya!

BERIKUTNYA

Ayah Bunda, Jadilah Partner Jika Ingin Anak Sukses

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: