Ilustrasi (Photo by RODNAE Productions from Pexels)

Simak Tips Memilih Ubin yang Bikin Rumah Lebih Indah

01 December 2021   |   21:58 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Elemen desain interior dan eksterior yang paling mudah diaplikasikan untuk berbagai sudut bangunan rumah dan ruangan adalah dengan memanfaatkan ubin keramik dan porselen. Ada banyak jenis ubin yang bisa dipakai mulai dari ubin kaca, ubin semen, ubin logam, hingga ubin batu. 

Selain jenisnya yang beragam, setiap ubin memiliki fungsinya tersendiri disesuaikan dengan kebutuhan ruangan dan tentu saja ada anggaran yang harus kita pertimbangkan.

Untuk Genhype yang saat ini mengerjakan proyek renovasi atau berencana membangun rumah, berikut ini 6 jenis ubin untuk lantai maupun dinding yang paling umum digunakan. Di samping keramik dan porselen, ubin marmer dan granit adalah favorit konsumen.

Kalian harus memilih ubin mana yang pas untuk setiap jenis proyek yang akan dikerjakan guna memastikan ubin yang terpasang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya tahan lama.

Mengutip Good Guy Flooring, berikut tips memilih ubin yang sesuai untuk setiap ruangan, Yuk, simak ulasannya.
 

Ubin Keramik

Ubin keramik merupakan pilihan serbaguna untuk melapisi lantai rumah di berbagai ruangan. Keterjangkauan dan daya tahan menjadikan keramik pilihan ideal untuk setiap ruangan di rumah termasuk kamar mandi, dapur, dan teras depan. Penampilannya yang mengkilap, tahan noda dan tahan pecah ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan lantai kayu, karpet atau bahkan papan vinyl.
 

Ubin Porselen

Porselen adalah contoh ubin keramik tanah liat dengan kualitas yang lebih baik. Terbuat dengan rasio silica dan quartz yang lebih tinggi serta dipanggang atau dibakar pada suhu yang lebih tinggi, ubin porselen jauh lebih tahan lama meskipun harganya jadi lebih mahal dari keramik biasa. Porselen memiliki macam warna dan pola serta mengkilap bisa memberikan visual mirip lantai kayu atau marmer mahal. 
 

Ubin Kaca

Ubin kaca yang berkilau adalah pilihan glamor untuk dinding/backsplash atau aksen pada dinding kamar mandi. Dibandingkan dengan ubin lainnya, ubin kaca memiliki tingkat ketahanan noda tertinggi. Sayangnya ubin kaca relatif mudah untuk pecah dan retak jika tertimpa benda berat, sehingga lebih ideal dipasang di dinding.
 

Ubin Marmer

Sering dianggap sebagai salah satu bahan batu alam yang mahal, marmer adalah pilihan yang elegan karena tampilannya yang mewah serta tidak ada pola marmer yang sama. Dihiasi garis mineral alami, marmer dibuat dengan panas dan tekanan luar biasa sehingga ubin ini tahan terhadap keduanya. Ubin marmer dapat meningkatkan suasana ruangan secara dramatis dengan memberikan kedalaman dan kontras dalam banyak warna, dari hijau, abu-abu, krem, putih, hitam, dan banyak lagi.

Saat memilih ubin atau lempengan marmer, pastikan untuk memeriksa jika ada area kasar, karena ini mungkin memerlukan lapisan ekstra untuk melindungi marmer dari noda karena sifatnya yang berongga.
 

Ubin Granit

Ubin granit memiliki motif bintik-bintik yang alami serta warna beragam. Ubin jenis ini cocok digunakan pada lantai maupun countertop. Granit secara signifikan lebih keras dari pada marmer sehingga lebih tahan pecah atau retak. Ubin jenis ini juga tahan air sehingga bisa jadi pilihan tepat untuk area basah.
 

Ubin Batu Alam

Marmer dan granit bukan satu-satunya pilihan batu alam yang tersedia untuk ubin. Batu tulis, batu kapur, travertine, dan batu pasir adalah bahan berpori, jadi jika akan digunakan untuk lantai di dalam rumah, kalian harus melapisinya secara teratur untuk melindungi dari noda atau perubahan warna.

Editor Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Apakah Butuh Vaksin Booster Menghadapi Varian Omicron? Simak Penjelasannya!

BERIKUTNYA

Bioskop Online Buka Pre-Order Tiket NUSSA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: