Claude Monet (Sumber gambar: https://www.claude-monet.com/)

Profil Seniman Claude Monet, Pelopor Impresionisme yang Karyanya Sempat Diejek Kritikus

25 October 2022   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pada Minggu, 23 Oktober 2022, lukisan karya maestro kembali mendapatkan serangan oleh para aktivis. Kali ini, giliran lukisan bertajuk Claude Monet berjudul Grainstacks (1890) di Museum Barberini, Postdam, Jerman. Sebenarnya siapa sih Claude Monet ini?

Dilansir dari laman Sotheby’s, Claude Monet adalah seorang seniman, yang sering dianggap sebagai pendiri impresionisme, serta merupakan pendukung aktif filosofi gerakan lukisan plein-air atau luar ruangan atau alam terbuka.

Baca juga: Cerita di Balik Lukisan Claude Monet yang Dilempar Kentang Tumbuk oleh Aktivis

Sepanjang karier berkeseniannya, Monet telah menghasilkan beberapa seri lukisan penting seperti Rouen Cathedral dan Water Lilies, yang menangkap pemandangan yang sama sepanjang perubahan cahaya hari dan musim.

Claude Monet memiilki nama lengkap Oscar-Claude Monet, dan lahir di Paris, Prancis, pada 1840. Pada 1845, keluarga Monet pindah ke Le Havre, dan bertemu dengan seniman Édoauard Boudin. Pertemuan itu mendorong sang seniman ke dalam lukisan plein-air yang akan menjadi dasar oeuvre.

Sang seniman kembali ke Paris setelah sang ibu pergi untuk selama-lamanya. Di Paris, Monet berkenalan dengan para seniman yang di kemudian hari membentuk dasar atau fondasi impresionisme.

Seniman-seniman itu antara lain antaranya Édoauard Manet, Pierre-Auguste Renoir, Frederick Bazille dan Alfred Sisley.

Sang seniman ikut serta dalam sejumlah pameran yang diadakan sebagai bentuk protes atas formalisme kaku dari pertunjukan Acamedie Salon sepanjang akhir 1860an dan 1870an. Kemudian, pada 1872, dia membuat lukisan berjudul Sunrise dengan gaya impresionis, dan dipamerkan pada 1874.

Pada 1883, setelah kematian Camille, Monet pindah ke desa Giverny di wilayah Normandia, Prancis. Di tempat ini, sang seniman melukis serangkaian kanvas Water Lilies yang monumental.

Dimulai pada 1899, seri Water Lilies menjadi karya sang seniman selama hampir 20 tahun. Dia bahkan terus melanjutkan karya seri itu meskipun memiliki penglihatan yang buruk. Sang seniman meninggal dunia pada 1926 saat berusia 86 tahun.
 

Impresionisme

Masih dalam laman Sotheby’s, impresionisme merupakan gaya lukisan yang dikembangka di Prancis selama pertengahan – akhir abad ke-19. Gaya ini memiliki karakter seperti sapuan kuas kecil yang terlihat yang menawarkan kesan bentuk terbuka, warna yang tidak dicampur, dan penekanan pada penggambaran cahaya alami  kuat.

Istilah impresionisme adalah istilah yang bukan berasal dari para seniman yang mengadopsi gaya ini. Istilah ini lahir dari ulasan satir seorang kritikus seni bernama Louis Leroy dalam sebuah artikel tentang pameran Société Anonyme Coopérative des Artistes Peintres, Sculpteurs, Graveurs.

Pameran yang terselenggara pada 1874 itu terdiri dari karya-karya 30 seniman impresionis. Mereka dianggap sebagai awal keberadaan gerakan tersebut.

Monet yang merupakan salah satu dari sejumlah pelukis dengan gaya impresionisme mendapatkan ejekan dari kritikus pada 1872. Lukisan berjudul Sunrise yang dibuat disebutnya tidak lebih baik dari pola wallpaper.

Lukisan dengan gaya impresionisme juga sering disebut sebagai gerakan modern pertama dalam seni lukis lantaran gelombang modernisasi yang lebih besar menciptakan kondisi yang mengilhami gerakan itu.

Revolusi industri dan penemuan kereta api membuat masyarakat kelas menengah dan bawah di Paris dapat melakukan perjalanan dengan cepat dan murah ke pedesaan. Para seniman muda dengan gaya impresionisme kerap pergi ke desa-desa terpencil di sekitar kota saat waktu luang.

Mereka berusaha yang terbaik untuk menangkap kilauan sinar matahari sekilas yang dipantulkan oleh air dengan meletakkan objek seperti kuda di tepi sungai.

Baca juga: Lukisan Karya Claude Monet Dilempari Kentang, Museum Barberini Evaluasi Standar Keamanan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Fakta-fakta yang Mesti Kalian Ketahui Mengenai Gerhana Matahari Parsial

BERIKUTNYA

Mau Renovasi Rumah Tapi Bujet Cekak ? Ikuti Saja 5 Tip Ekonomis Ini 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: