Ilustrasi powe nap (Sumber gambar: Freepik)

Tip Lakukan Power Nap yang Efektif, untuk Isi Ulang Energi

25 October 2022   |   13:25 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Power nap belakangan jadi salah satu cara yang dipakai banyak orang untuk mengisi ulang energi dengan cepat. Power nap singkatnya ialah tidur dengan waktu yang singkat dan biasanya dilakukan pada siang hari. Meski tidur singkat, manfaat power nap ternyata sangat efektif mengembalikan energi tubuh.

Power nap berbeda dengan tidur siang. Tidur siang biasanya dilakukan seseorang dengan durasi yang tidak teratur. Namun, pada power nap, durasi tidurnya telah terjadwal sejak awal. Lantaran durasinya sudah ditentukan sejak awal, seseorang tidak akan tidur dengan waktu yang terlalu lama.

Sebab, tidur siang terlalu lama juga punya efek yang kerap membuat seseorang jadi pusing dan linglung. Oleh karena itu, sebaiknya tidur siang selalu menggunakan alarm sehingga bisa bangun sesuai dengan durasi yang telah ditentukan.

Baca jugaIngin Tingkatkan Kualitas Tidur? Genhype Bisa Coba 4 Cara Mudah & Hemat Ini

Genhype, ada beberapa istilah untuk menjelaskan tidur siang berdasarkan durasinya. Berikut beberapa di antaranya.
 
  • Nano nap: Tidur siang dengan durasi waktu 2-5 menit. Umumnya, dilakukan oleh orang yang waktu tidur siangnya sangat terbatas.
  • Mini nap: Tidur siang dengan durasi 5-20 menit.
  • Power nap: Tidur siang dengan durasi 20-30 menit. Durasi tersebut cukup ideal dibanding yang lain.
  • Lazy nap: Tidur siang dengan durasi 50-90 menit.


Manfaat Power Nap

Melansir dari Sleep Foundation, beristirahat sejenak saat siang hari punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Melakukan power nap di kantor bahkan dapat meningkatkan kinerja  karyawan. Sebab, tidur singkat telah meningkatkan fungsi kognitif, seperti memori, penalaran logis, dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas kompleks.

Power nap tidak hanya berguna bagi pekerja kantoran. Para atlet yang melakukannya juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan, performa latihan, dan kinerja kognitif.

Selain itu, power nap juga dapat mengurangi dampak kurang tidur. Risiko kurang tidur yang kerap membuat tubuh mudah stres dapat diturunkan dengan power nap. Namun, bukan berarti power nap dapat menjadi pengganti tidur malam yang cukup.
 

Tip Lakukan Power Nap yang Efektif

Genhype, kamu perlu memperhatikan sejumlah hal agar power nap lebih efektif. Meski bisa dilakukan di mana saja, power nap akan lebih baik jika dilakukan di tempat yang nyaman.

Ruangan yang gelap, sejuk, dan tidak berisik bisa membantu tubuh lebih rileks saat power nap. Namun, jika sedang berada di kantor, kamu bisa menggunakan headset yang memiliki fitur pengurang kebisingan.

Pemilihan waktu yang tepat juga dapat mendukung power nap lebih efektif. Power nap disarankan dilakukan antara jam 1 siang sampai 3 sore. Pada jam tersebut, hormon tidur cenderung naik dan jadi waktu yang cocok untuk terlelap.

Melansir dari Cleveland Clinic, beberapa orang yang melakukan power nap mungkin akan mengalami kesulitan tidur pada malam hari. Namun, risiko tersebut sebenarnya bisa ditangani.

Power nap sebaiknya dilakukan pada siang hari fase awal. Jadi, disarankan power nap dilakukan pada pukul 1 siang dibanding pukul 3 sore. Hal ini dilakukan agar power nap tidak menganggu jam tidur malam hari.

Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan alarm sebelum melakukan power nap. Hal ini untuk menghindari power nap jadi lazy nap. Alarm akan membantumu untuk bangun setelah tertidur selama 20-30 menit.

Baca jugaIni Manfaat Posisi Tidur Telentang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Mau Renovasi Rumah Tapi Bujet Cekak ? Ikuti Saja 5 Tip Ekonomis Ini 

BERIKUTNYA

7 Rekomendasi Street Food di Jakarta, Pas untuk Menemani Akhir Pekan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: