Donne Maula (Sumber gambar: Merakit)

Donne Maula Rilis Single Menjadi Manusia, Karya Personal dari Pengalaman Traumatis

25 October 2022   |   09:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Penyanyi dan pencipta lagu, Donne Maula, kembali merilis single terbaru yang diberi judul Menjadi Manusia. Berbeda dari karya-karyanya sebelumnya, lagu barunya itu merupakan ekspresi penghayatan jiwa sang musisi yang sarat akan kerapuhan dalam hidup. 

Mengusung genre alternative-pop, lagu Menjadi Manusia merupakan bentuk pengakuan diri Donne Maula yang kerap kali memendam tekanan mental, gerhana batin, dan awan kelabu di dalam sukmanya.Di atas aransemen musik yang syahdu tapi kelam, dia menyebut bahwa single anyarnya itu adalah salah satu karya paling personal yang pernah digarapnya.

Meski proyek musik ini sudah rampung sejak 4 tahun yang lalu, dia baru merilis lagu itu pada tahun ini. Hal tersebut dilakukan Donne lantaran dia mengaku masih merasa takut untuk merilis single Menjadi Manusia. Sebab, lagu itu berakar dari sebuah peristiwa traumatis yang terjadi pada 2011 lalu, di mana hati dan jiwanya terasa kebas dan mati suri.

Tanpa sadari, ternyata selama ini dia selalu memendam nestapa yang cukup menyakitkan, sampai-sampai merasa sulit menemukan kembali terang harapan di dalam hidupnya. "Lagu Menjadi Manusia ini bisa dibilang merefleksikan gejolak dan kemelut yang ada di dalam kepala saya," katanya dalam rilis yang Hypeabis.id terima, Selasa (25/10/2022). 

Baca jugaUngkapan Berserah Titi Radjo Padmaja pada Tuhan dalam Single Flow
 

Donne Maula (Sumber gambar: Merakit)

Artwork single Menjadi Manusia (Sumber gambar: Merakit)


Eksplorasi Musik

Untuk menyampaikan emosi sekaligus pesan dalam lagunya, Donne pun mengeksplorasi genre musik yang berbeda dari karya-karya sebelumnya. Lagu Menjadi Manusia tercipta menjadi balada yang turut memadukan elemen alternative-pop, chamber-folk, dan soft-rock.

Sebelumnya, Donne cenderung merilis lagu-lagu dengan alunan romansa yang khas seperti dalam single Sejuk dan Menari Sampai Tua.

"Secara spesifik, saya terinspirasi dari musik chamber Skotlandia dan ragam musik folk dari Afrika. Warna musik tersebut memancarkan semacam mantra magis yang menurut saya sangat cocok untuk narasi lirik yang sangat personal di lagu ini," terang Donne.

Donne berharap bahwa lagu Menjadi Manusia dapat menjadi pelipur lara bagi semua orang di luar sana yang pernah atau sedang mengalami pergumulan batin serupa. Sebab, mungkin saja lagu ini bisa menjadi cermin bagi semua orang yang sedang berjuang melawan gejolak yang sama.

"Pada akhirnya, kita menjadi manusia ketika kita menolak untuk menyerah," ucap penyanyi berusia 39 tahun itu.

Selain itu, melalui lagu ini juga, Donne ingin mematahkan stereotip kaum Adam yang seolah-olah dipaksa untuk senantiasa menjadi ksatria bermental baja. Menurutnya, seorang pria tidak harus selalu tampil kuat setiap saat. "Tidak apa-apa bagi seorang pria untuk menunjukkan sisi rapuhnya dan tidak apa-apa bagi seorang pria untuk mengekspresikan kepedihan di dalam hatinya. Apapun jenis kelamin kita, kita semua sama-sama manusia," terangnya.

Baca jugaGalau Abis! Grup Band Rockin Abby Rilis Single 'Tak Jadi Jaminan'
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Bunda, Yuk Coba Ide-Ide Kreatif Olahan Edamame untuk Buah Hati

BERIKUTNYA

Lukisan Karya Claude Monet Dilempari Kentang, Museum Barberini Evaluasi Standar Keamanan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: