Yogurt (Image by Freepik)

Santap Camilan Aman, ini 5 Makanan Ringan Terbaik untuk Penderita Diabetes

24 October 2022   |   15:45 WIB
Image
Nabila Yuanita seorang perempuan yang suka berbicara melalui tulisan

Kata siapa penderita diabetes tidak bisa menikmati camilan? Mereka juga diperbolehkan ngemil seperti biasa tanpa harus khawatir gula darah bakalan naik. Akan tetapi, makanan ringan untuk penderita diabetes cukup berbeda dengan camilan pada umumnya.

Biasanya jajanan yang tersebar di pasaran memiliki rasa yang sangat dominan, seperti manis dan asin. Sementara itu, camilan untuk penderita diabetes harus dipastikan aman dikonsumsi, atau tidak mengandung gula dan garam terlalu tinggi. Sebab, jika kamu ngemil makanan yang mengandung pemanis tinggi. hal itu bisa mengakibatkan kenaikan gula darah.

Jadi, kamu harus memperhatikan makanan-makanan apa saja yang pasti aman dikonsumsi. Tenang saja, di bawah ini ada beberapa cemilan terbaik untuk penderita diabetes. Simak ulasan berikut ini: 

Baca jugaUsia 20-an Terkena Diabetes? Simak Gejala dan Diagnosis Diabetes Berikut!
 

1. Yogurt

Tidak semua olahan susu buruk bagi penderita diabetes, yogurt adalah salah satu olahan susu yang sangat baik bagi tubuh. Namun, yogurt yang diperbolehkan adalah mengandung rendah lemak. Yogurt memiliki probiotik yang bisa mendukung peningkatan metabolisme untuk mengelola setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Jadi, gula dalam darah menjadi lebih terkontrol. Kamu juga bisa mengkombinasikan yogurt dengan tambahan buah berry. Kamu bisa memilih strawberry, blueberry, dan raspberry. Namun pastikan konsumsi buah berry sewajarnya saja, 
 

2. Biskuit Gandum

Makanan yang mengandung gandum utuh sangat baik untuk menjaga gula darah tetap stabil. Biskuit gandum adalah salah satu cemilan yang paling mudah ditemukan. Kamu juga bisa memanfaatkan biskuit gandum sebagai sarapan. Cemilan ini mengandung karbohidrat baik, sehingga kamu tidak perlu khawatir gula darah akan naik. 
 

3. Buah Apel 

Buah apel juga pilihan cemilan terbaik selain buah alpukat. Kamu bisa mengkonsumsi buah apel di sela-sela setelah sarapan dan makan siang. Tambahkan selai kacang agar buah apel terasa lebih lezat. Namun, kamu perlu perhatikan selai kacang tidak ada tambahan pemanis sama sekali. Sebab, selai kacang yang ditambah dengan gula akan memicu kenaikan gula darah. 
 

4. Chia Seed

Chia seed bisa kamu olah dengan berbagai cara, seperti puding. Chia seed telah dikenal mengandung serat yang tinggi sehingga bisa menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu, chia seed juga mampu melambatkan penyerapan glukosa sehingga gula darah lebih terkontrol.

Agar lebih nikmat, kamu bisa berkreasi dengan membuat puding. Pilihlah puding yang plain atau tidak ada tambahan rasa. Umumnya puding plain tidak memiliki pemanis. Kamu harus pastikan sebelum membuat puding, bubuk tersebut tidak mengandung gula sama sekali. 
 

5. Telur rebus

Telur rebus juga bisa menjadi pilihan cemilan, loh. Tidak harus saat makan makanan berat saja, kamu juga bisa makan ini di sela-sela jam makan. Telur rebus membuat perut akan terasa kenyang lebih lama, sehingga bisa mengontrol nafsu makan berlebihan.Apabila kamu merasa bosan dengan rasa telur rebus yang itu-itu saja, kamu bisa menambahkan sedikit bumbu.

Nah, itu adalah beberapa cemilan terbaik untuk kamu yang menderita diabetes. Pastikan makanan tidak mengandung pemanis tambahan agar tidak memicu kenaikan gula darah. 

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan murni hasil karya penulis yang bersangkutan sebagai penulis independen dan Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Sejauh Ku Melangkah, Film Distribusi Dampak yang Gugah Kesadaran tentang Disabilitas

BERIKUTNYA

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali 4 Perbedaan Sensitive & Sensitized Skin

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: