Ilustrasi camilan sehat. (Dok. Rachael Gorjestani dari Unsplash)

8 Camilan Ini Bisa Redakan Keinginan untuk Konsumsi Makanan Manis

20 July 2021   |   15:31 WIB

Like
Ketika Genhype sedang ingin makan camilan, salah satu opsi makanan yang biasanya diincar adalah makanan manis. Meski bisa memuaskan keinginan setelah makan, tetapi camilan manis seringkali memberikan kalori tambahan yang membuat Genhype sungkan untuk mengonsumsinya.

Karena inilah, Genhype membutuhkan camilan yang sehat sehingga bisa mengurangi rasa khawatir terhadap kalori yang masuk ke dalam tubuh setelah makan. Berikut 8 camilan yang bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi setelah makan.


 
Ilustrasi buah segar. (Dok. Evie Fjord dari Unsplash)
1. Buah segar
Dengan kandungan vitamin dan mineral, buah-buahan segar bisa menjadi salah satu alternatif camilan sehat yang dikonsumsi setelah makan sekaligus menjadi makanan pencuci mulut yang segar.

Dengan rasa manis yang alami, buah-buahan bisa menjadi pilihan cemilan yang mengenyangkan tubuh lebih lama karena kandungan serat yang membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kalori yang ada pada buah-buahan lebih rendah dibanding dengan camilan lain yang masuk ke dalam kategori makanan proses.

Buah-buahan yang akan dikonsumsi sebaiknya tidak diproses menjadi beberapa olahan seperti jus atau makanan olahan lainnya yang berbahan dasar buah. Jika kesulitan mencari buah segar, Genhype bisa konsumsi buah-buahan beku yang biasa dijual di pasaran.




 
Ilustrasi cokelat pekat. (Dok. Tetiana Bykovets dari Unsplash)
2. Cokelat pekat (dark chocolate)
Berbeda dengan cokelat susu dan cokelat putih yang tinggi akan kandungan gula, cokelat pekat biasanya mengandung kandungan gula yang sedikit meski rasanya cukup manis untuk memuaskan keinginan untuk makan makanan manis.

Enggak hanya itu, cokelat pekat juga mengandung flavonoid beserta dengan manfaat kesehatan lainnya yang bisa melindungi kesehatan jantung serta mengurangi rasa lapar. Ada pun manfaat lainnya adalah bisa meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Cokelat pekat bisa dikonsumsi dengan cara memakan cokelat pekat secara langsung atau dibuat menjadi cokelat hangat dengan menggunakan susu rendah lemak atau susu berbasis nabati seperti susu kacang kedelai dan susu kacang almond.



 
Ilustrasi apel. (Dok. Robson Melo dari Unsplash)
3. Apel
Buah apel pada dasarnya sudah memiliki manfaat kesehatan untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, bahkan beberapa jenis kanker. 

Tapi jika Genhype ingin mengonsumsi apel dengan dua cara yang berbeda. Pertama, Genhype bisa coba membuat keripik apel yang dipanggang dengan bumbu yang biasa dipakai di pai apel.

Apel yang digunakan bisa dipotong tipis-tipis layaknya keripik lalu disejajarkan di atas loyang, lalu dipanggang.

Kedua, Genhype bisa mengonsumsi apel yang diiris dengan satu sendok makan selai kacang dan taburan bumbu kayu manis. Penyajiannya bisa dilakukan dengan menjadikan selai kacang sebagai saus atau disajikan di atas roti tawar gandum.





 
Ilustrasi apel. (Dok. Robson Melo dari Unsplash)
4. Sereal
Dikenal sebagai salah satu makanan untuk sarapan, sereal juga bisa menjadi camilan yang dikonsumsi sendiri maupun bersama dengan susu sapi atau susu berbasis nabati. Sereal yang disarankan adalah sereal dengan kandungan gandum utuh.

Sereal dengan kandungan gandum utuh lebih disarankan karena mengandung serat yang membantu proses pencernaan serta memicu rasa kenyang yang lebih lama jika dibandingkan dengan sereal yang dikategorikan sebagai makanan proses.

Sereal ini bisa disajikan seperti membuat sarapan sereal pada umumnya, di mana sereal dituang ke dalam mangkuk lalu masukkan susu sesuai selera ke dalamnya. Cara lainnya adalah mengonsumsi sereal seperti mengonsumsi camilan.



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




 
1
2


SEBELUMNYA

Ini Lho Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dengan Pasangan selama Pandemi

BERIKUTNYA

Genhype, Konsumsi Gandum Kurangi Risiko Penyakit Jantung Lho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: