Ilustrasi camilan tengah malam. (Dok. Ayesh Rathnayake dari Unsplash)

5 Rekomendasi Camilan Sehat untuk Tengah Malam, Wajib Ada di Rumah!

17 August 2021   |   08:17 WIB

Buat Genhype yang suka begadang, tentu sering pada waktu tengah malam tiba-tiba merasa lapar, atau mulut terasa ingin mengunyah sesuatu. Akan tetapi, dalam beberapa situasi Genhype tidak terbiasa menyimpan stok camilan di rumah sehingga ada kalanya harus menyiapkan beberapa camilan sehat yang bisa dibuat di rumah atau menggunakan beberapa bahan yang tersedia di pasaran.

Mulai dari kacang-kacangan hingga yogurt dan buah, yuk cek lima rekomendasi camilan sehat yang cocok untuk dikonsumsi di tengah malam.

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan campuran atau mixed nuts yang sudah dimasak merupakan salah satu camilan yang paling simpel dan mudah untuk dikonsumsi karena kacang ini biasanya mudah ditemui di pasaran. Beberapa jenis kacang yang disarankan adalah kacang almond, kacang walnut, pistachio, dan kacang macadamia karena ketiganya tinggi akan lemak sehat, mengurangi rasa lapar, serta membantu optimalisasi kerja otak.

2. Edamame
 

Ilustrasi edamame. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Ilustrasi edamame. (Dok. cottonbro dari Pexels)

Kacang khas Jepang ini merupakan salah satu jenis kacang yang mudah ditemui di pasaran dan bisa diolah dengan cara yang mudah, yaitu dengan mengukus atau merebusnya. Selain bisa mengurangi rasa lapar, edamame juga mengandung komponen yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

3. Telur
Kandungan protein pada telur menjadi salah satu alasan mengapa telur bisa menjadi salah satu camilan tengah malam yang sehat. Selain itu, telur bisa diolah dengan berbagai cara (direbus, dikukus, atau digoreng) dan konsumsi yang cukup bisa memicu rasa kantuk sehingga membuat seseorang lebih mudah untuk tidur.

4. Greek yoghurt dan potongan buah
 

Ilustrasi camilan tengah malam. (Dok. Wesual Click dari Unsplash)

Ilustrasi camilan tengah malam. (Dok. Wesual Click dari Unsplash)

Greek yogurt yang memiliki tekstur kental merupakan salah satu produk susu yang bisa menjadi alternatif camilan tengah malam karena produknya yang sudah mulai umum di pasaran dan mudah untuk dikonsumsi dengan cara mengombinasikannya dengan potongan buah-buahan.

Selain bisa memberikan manfaat berupa peningkatan kualitas tidur, yogurt dan buah juga bisa mengurangi rasa lapar serta meningkatkan kualitas tidur.

5. Havermut
Selama ini, havermut selalu dikaitkan sebagi salah satu menu sarapan, tetapi ternyata havermut juga bisa dikonsumsi sebagai camilan tengah malam yang menyehatkan tubuh. Mengandung karbohidrat kompleks, havermut bisa mengurangi rasa lapar, mengendalikan gula darah, serta meningkatkan kualitas tidur.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini 6 Cara Redakan Stres untuk Generasi Sandwich

BERIKUTNYA

Film Kolosal Tjoet Nja’ Dhien Dapat Ditonton Gratis di Mola

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: