Penghapusan akun Instagram bisa dilakukan secara sementara dan permanen. (Sumber gambar: Unsplash)

Ingin Menonaktifkan Instagram secara Sementara & Permanen? Ini Caranya

21 October 2022   |   21:47 WIB

Sosial media kini menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dan hal ini memiliki pengaruh terhadap setiap individu. Hal inilah yang kemudian membuat adanya keputusan dari sebagian orang yang memilih untuk menonaktifkan akun media sosialnya untuk sementara maupun permanen.

Hampir seluruh media sosial memiliki fitur untuk menonaktifkan akun, di mana salah satunya adalah Instagram. Setidaknya, Instagram memiliki mekanisme khusus dalam proses ini untuk sementara maupun secara permanen hingga penghapusan akun. Yuk cek beberapa cara untuk melakukan tindakan ini.

Baca jugaStalker Bakal Gigit Jari, Instagram Perbarui Fitur Blokir & Penyembunyian Kata
 

Menonaktifkan Sementara Akun Instagram


Untuk menonaktifkan akun, biasanya Instagram menerapkan proses penyembunyian seluruh konten termasuk akun, profil, foto, video, komentar, dan likes untuk sementara. Nantinya, mekanisme ini akan dikembalikan jika akun kembali aktif setelah satu pekan.
  1. Masuk ke dalam akun melalui situs instagram.com dari komputer maupun browser ponsel.
  2. Klik gambar profile picture pada bagian kanan atas (untuk komputer) atau kanan bawah (untuk ponsel), lalu tekan halaman Profile dan pilih Edit Profile.
  3. Geser ke bawah menu tersebut hingga menemukan opsi Temporarily deactivate my account di sebelah kanan bawah.
  4. Menu opsi alasan untuk melakukan nonaktif pada akun akan muncul, pilih satu alasan yang mewakili atau tulis alasan jika terdapat kolom khusus.
  5. Setelah memilih opsi, masukkan password akun Instagram. Tombol nonaktif akun atau Temporarily Deactivate Account akan muncul, lalu tekan Yes untuk mengonfirmasi atau No untuk menunda.

Jika ingin kembali mengaktifkan akun, Genhype perlu melakukan aktivasi dengan memasukkan username dan password yang sama dengan kelengkapan data akun sebelum proses nonaktif.
 

Menghapus Permanen Akun Instagram


Berbeda dengan nonaktif temporer yang berlangsung selama satu pekan sejak aktivasi pilihan tersebut, metode penghapusan akun akan terjadi secara permanen. Artinya, seluruh konten akun, profil, foto, video, komentar, hingga likes dan daftar followers akan hilang sepenuhnya dari Instagram.

Melansir halaman Bantuan di situs Instagram, metode ini hanya bisa dilakukan oleh pemilik yang bersangkutan dengan permintaan khusus dan bisa melakuakn proses permintaan kopi dokumen akun yang bersangkutan sebelum proses dilakukan.
  1. Masuk ke dalam akun melalui situs instagram.com dari komputer maupun browser ponsel.
  2. Akses halaman Delete your Account melalui halaman https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/
  3. Halaman tersebut akan mengarahkan pemilik akun untuk memilih alasan penghapusan akun. Pilih satu alasan yang tertera, lalu masukkan kata sandi akun.
  4. Opsi penghapusan akun akan muncul setelah memilih alasan dan memasukkan password.

Sebagai catatan, pengguna masih bisa mendaftarkan akun kembali dengan username yang sama sebelum diambil pengguna Instagram lain. Namun, pengguna yang sebelumnya mengalami penghapusan akun karena melanggar Ketentuan Komunitas tidak bisa mendaftarkan kembali dengan nama yang sama dengan username yang dibekukan Instagram.

Baca jugaLindungi Privasi Figur Publik, Instagram Hadirkan Fitur Pembatasan Komentar & Direct Message

Penghapusan akun akan mulai terjadi sepenuhnya 30 hari setelah permintaan penghapusan dilakukan, di mana nantinya pengguna tidak bisa mengambil berbagai data. Waktu maksimal untuk proses ini bisa mencapai 90 hari setelah permintaan penghapusan akun dilakukan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Transformasi Hijau dan Digital Jadi Topik Utama di Hari Riset dan Inovasi Eropa ASEAN 2022

BERIKUTNYA

Kisah Pahit Manis Kehidupan Grup Band Daun Jatuh dalam Mini Album 'Seroja'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: