Hasil uji coba Meta untuk Instagram, dari fitur baru tersebut ada sekitar 4 juta akun yang telah diblokir setiap minggunya (sumber gambar Unsplash/ Mariia Shalabaieva)

Stalker Bakal Gigit Jari, Instagram Perbarui Fitur Blokir & Penyembunyian Kata

21 October 2022   |   13:14 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Para penguntit atau stalker yang sudah diblokir tapi masih terus mencari tahu aktivitas profil Instagram orang yang dikuntit sebentar lagi akan gigit jari. Pasalnya, Meta mengumumkan pembaruan fitur blokir dan kata yang disembunyikan atau hidden words bagi akun Instagram yang memiliki banyak pengikut.

Dirangkum dari unggahan blog terbaru Meta - perusahaan induk Instagram, hal ini dilakukan agar pengguna yang telah memblokir seseorang di Instagram, sekeras mungkin tidak dapat lagi menghubungi mereka. Pengguna juga bisa memiliki opsi untuk memblokir akun lainnya yang kemungkinan dibuat oleh orang yang sama.

"Kami ingin membuat sesulit mungkin seseorang yang sudah diblokir untuk bisa mengontak Anda lagi, Sekarang ketika Anda memblokir seseorang, Anda juga akan memiliki opsi untuk memblokir akun lain yang mungkin mereka miliki atau buat," demikian pernyataan tertulis Meta di situs resminya. 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Shadow Ban di Instagram
 

(Sumber gambar: Instagram)

(Sumber gambar: Instagram)

Berdasarkan hasil uji coba Meta untuk Instagram, dari fitur baru tersebut setidaknya ada sekitar 4 juta akun yang telah diblokir setiap minggunya berdasarkan format otomatis. Sementara itu, melalui fitur hidden words yang ditujukan pada akun yang memiliki lebih dari 10.000 pengikut, fitur ini juga efektif bagi pengguna untuk secara otomatis menyaring konten berbahaya baik lewat komentar atau permintaan pesan. 

Ketika fitur itu dinyalakan, maka pengguna akan diminta untuk memasukkan sejumlah kata. Instagram lalu akan memblokir pesan dan komentar yang mengandung kata-kata tersebut sehingga pesan tidak akan muncul dan sampai ke pengguna.  Melalui fitur hidden words, Meta juga telah melakukan survei yang hasilnya menunjukkan bahwa pengguna mendapatkan 40 persen lebih sedikit komentar yang mengganggu setelah fitur itu diaktifkan. 

Tak hanya itu, lewat pembaruan tersebut raksasa media sosial itu juga menyaring penyembunyian kata untuk balasan Story. Bahkan, perusahaan juga menambah kemampuan untuk menyaring kata salah ketik, misalnya jika seseorang menggunakan angka "1" alih-alih dengan huruf "i". 

 

(Sumber gambar: Meta)

 

 

(Sumber gambar: Meta)

(Sumber gambar: Meta)

Penggunaan fitur hidden words juga diperluas untuk bahasa Farsi, Turki, Rusia, Benggala, Marathi, Telugu dan Tamil. Fitur baru lainnya adalah notifikasi ketika akan mengirim pesan yang berpotensi menghina. Fitur itu tersedia dalam bahasa Inggris, Portugis, Spanyol, Prancis, China dan Arab. 

Meta juga akan memberikan notifikasi supaya pengguna dapat berpikir ulang jika pesan atau komentar yang akan dikirimkan tersebut dinilaimenyinggung pengguna lain. Melalui fitur tersebut Meta ingin mengingatkan bahwa ada manusia sungguhan di balik akun yang mereka kirimi DM atau pesan. Hal ini dilakukan untuk lebih menghargai saat seseorang mengontak pengguna lain yang tidak mereka kenal sebelumnya.

"Kami meluncurkan pengingat ini secara global dalam beberapa minggu mendatang. Kami akan terus mengupayakan lebih banyak cara untuk melindungi orang dari penyalahgunaan di Instagram, sambil mendorong percakapan yang mendukung dan saling menghormati," tulis pernyataan dari Meta. 

Baca jugaMeta Uji Coba Fitur Pindah Akun Instagram & Facebook, Cek Penjelasannya


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Obat Sirup Dilarang, Cek 2 Ramuan Herbal Alternatif Atasi Demam dan Bapil pada Anak

BERIKUTNYA

10 Rekomendasi Film & Serial Horor untuk Rayakan Halloween, Ratu Ilmu Hitam hingga Cabinet of Curiosities

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: