Ilustrasi Instagram (dok: Unsplash/ Souvik Banerjee)

Lindungi Privasi Figur Publik, Instagram Hadirkan Fitur Pembatasan Komentar & Direct Message

12 August 2021   |   13:36 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Kabar gembira bagi Genhype pengguna Instagram yang selama ini mengeluhkan banjirnya komentar atau pesan langsung (direct message/DM) dari orang-orang tak dikenal. Karena Instagram kini menghadirkan fitur terbaru untuk memghindari terjadinya hal yang kerap kali menimpa para figur publik itu.

Fitur yang dimaksud adalah fitur Batas atau Limits yang secara otomatis akan menyembunyikan komentar dan permintaan DM yang tidak diinginkan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Instagram belum lama ini, banyak pengalaman negatif yang diterima oleh figur publik berasal dari akun yang tidak mengikuti mereka, akun yang baru saja mengikuti mereka, atau akun yang tiba-tiba muncul di momen tertentu.

 
Tampilan fitur Batas (Limits) di Instagram (dok: Instagram)




 

"Kami mengembangkan fitur ini karena kami mendengar bahwa kreator dan figur publik terkadang mengalami lonjakan komentar dan permintaan DM secara tiba-tiba dari akun yang tidak mereka kenal.  Misalnya, ketika seorang atlet menjadi viral setelah memenangkan medali Olimpiade, terkadang hal tersebut juga diikuti dengan lonjakan komentar dan pesan yang tidak diinginkan," demikian pernyataan resmi Instagram mengenai fitur Limits pada Kamis (12/8/2021).

Sebelum hadirnya fitur Limits, sebenarnya para figur publik atau pemilik akun Instagram lainnya bisa saja membatasi komentar atau DM yang masuk. Namun, mereka harus membatasi sepenuhnya alias tidak bisa menerima seluruh komentar atau DM yang diterima.

Namun, upaya tersebut tentunya bukan solusi yang bijak mengingat mereka juga tentunya masih ingin berinteraksi dengan komunitas mereka serta membangun komunikasi dua arah. 

"Fitur Limits memungkinkan pengguna untuk mendengar masukan dari pengikut setia mereka, sekaligus membatasi kontak dari akun-akun yang mungkin hanya datang ke akun mereka untuk hal-hal yang tidak diinginkan," tulis Instagram.

Fitur Limits sudah tersedia untuk seluruh pengguna Instagram secara global mulai Kamis (12/8/2021). Kalian dapat membuka pengaturan privasi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, kapan pun kalian mau.

Lebih dari itu, saat ini Instagram juga menyatakan bahwa mereka tengah mencari cara untuk mendeteksi ketika pengguna mungkin mengalami lonjakan komentar dan DM, sehingga pengguna dapat diingatkan untuk segera mengaktifkan fitur ini.

 
Tampilan fitur Kata yang Disembunyikan (dok: Instagram)


 
Melengkapi fitur Limits, Instagram juga meluncukan fitur untuk membantu melindungi para pengguna dari ujaran kebencian di permintaan DM mereka. Fitur yang dimaksud adalah Kata yang Disembunyikan (Hidden Words) yang memungkinkan pengguna secara otomatis menyaring kata, frasa, dan emoji yang menyinggung ke dalam folder Hidden Bar. 

Dengan demikian, pengguna tidak perlu membuka pesan yang terdapat dalam folder tersebut jika mereka tidak ingin melihatnya.


Editor: Roni Yunianto

 

 

SEBELUMNYA

Nikmatnya Sensasi Olahan 'Daging' buat Kalangan Vegan

BERIKUTNYA

Intip Kado Ulang Tahun ke-34 Arema, Bus Mewah yang Dibuat di Malang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: