ilustrasi dropbox recycle. (Sumber gambar: Thenblank)

Thenblank Gandeng Dusdukduk Daur Ulang Kemasan Jadi Produk Bernilai Lebih

21 October 2022   |   19:41 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Kemasan menarik menjadi salah satu faktor sebuah produk menjadi lebih bernilai. Tidak heran bila banyak pelaku usaha yang membuat kemasan yang kokoh dan menarik. Strategi ini seperti yang dilakukan oleh brand fesyen Thenblank yang mengemas setiap produknya dalam kotak kardus ramah lingkungan.

Managing Director Thenblank Mutiara Kamila Athiyya mengatakan selama 10 tahun berkarya dalam industri fashion, hingga kini sudah ada lebih dari 500.000 packaging Thenblank telah terkirim kepada para konsumen.

Namun, wanita yang akrab disapa Muti ini mulai berpikir bahwa kemasan yang sebanyak itu sebetulnya bisa didaur ulang daripada harus terbuang menjadi sampah. Karena itulah, di usianya yang ke-10 tahun ini, Thenblank menghadirkan kampanye Reblank yang bermakna kembali bersih.

Baca juga: Yuk Simak Cerita Pelaku Usaha Fesyen Kembangkan Bisnis Ramah Lingkungan

“Melalui kampanye ini maka kami mengajak para konsumen kami untuk mengembalikan kembali packaging atau kemasan produk berupa paperbag dan kardus untuk nantinya diolah kembali menjadi barang yang bermanfaat dan dapat digunakan kembali,” ujarnya.

Menurutnya ini menjadi salah satu langkah kecil yang sederhana namun nyata dengan mengajak para pelanggan setianya lebih menjaga dan bersahabat dengan bumi. Untuk itu, Thenblank menyediakan kotak daur ulang (dropbox recycle) di seluruh toko fisik sehingga konsumen dapat memasukkan kardus atau paperbag limbah belanja ke dalamnya.

Nantinya konsumen yang membawa sampah kertas untuk dimasukkan ke kotak daur ulang yang tersedia, akan mendapatkan bingkisan menarik dari Thenblank.

Dalam proses pengolahan kemasan tersebut, Thenblank menggandeng pegiat kreasi kardus dan produk daur ulang, Dusdukduk. Nantinya, kardus-kardus tersebut akan dikreasikan menjadi dekorasi termasuk instalasi seni yang bisa dimanfaatkan di toko fisik Thenblank.

Muhammad Arif Susanto, mewakili jenama produk kreatif ramah lingkungan Dusdukduk mengapresiasi adanya kolaborasi antar para pelaku industri kreatif agar produk dan proses yang menyertainya semakin ramah lingkungan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by THENBLANK (@thenblank)



“Semoga makin banyak yang menyadari bahwa kemasan tidak harus jadi sampah tapi bisa diolah jadi produk bernilai lebih,” ujarnya. 

Thenblank sendiri merupakan salah satu pelaku ekonomi kreatif tanah air di bidang fesyen ,yang telah berdiri sejak 2012. Muti mengatakan bahwa bisnis ini dimulai dengan menjual 12 potong pakaian yang saat itu hanya dijual melalui broadcast di Blackberry Messenger.

Namun seiring berjalannya waktu, produk-produk Thenblank makin dicintai apalagi mereka mengusung produk berkualitas yang dapat dikenakan hingga bertahun-tahun ke depan dan tetap sesuai perkembangan dunia fashion.

Selain menyediakan produk berkualitas dengan busana yang mengusung konsep local, timeless, and minimalist, Thenblank juga selalu ingin mendorong gerakan-gerakan baik di tengah masyarakat. Sebagai contohnya adalah program inspiratif mendukung UMKM fashion dapat naik kelas yang telah dilakukan sebelumnya.

Hal tersebut menjadi salah satu hal yang membuat Thenblank bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya. Selain itu, Muti mengatakan bahwa mereka juga terus melakukan berbagai inovasi dengan menyesuaikan kebutuhan pasar.

“Kami juga terus beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi, selalu berpikir out of the box hingga menjalin kolaborasi dengan banyak pihak baik sesama pelaku usahu maupun lintas industri seperti para musisi, dan lain sebagainya,” ucap dia.

Sejalan dengan itu, Thenblank juga terus bertekad menjadi lebih baik, tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga menularkan ajakan #jadilebihbaik kepada khalayak luas. Salah satunya, dengan lebih aktif mengerjakan sesuatu untuk lingkungan.

“Bersama-sama kita lakukan langkah kecil untuk daur ulang kemasan ini sehingga dapat mengurangi sampah. Satu langkah kecil sekalipun, bila dilakukan oleh ratusan ribu orang, semoga dapat menjadi gerakan yang besar manfaatnya. Yuk, daur ulang kemasan Thenblank melalui dropbox di store kami,” ujarnya.

Baca juga: Ini Alasan Fesyen Berbahan Denim Makin Diminati Generasi Muda

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Recap Fashion Parade 5 di Jakarta Muslim Fashion Week 2022, Tampilkan Kreasi Unik Para Desainer

BERIKUTNYA

Bobocabin Tawarkan Destinasi Wisata Unik Tersembunyi di Baturraden

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: