Soto menjadi salah satu rekomendasi ide bisnis kuliner yang menjanjikan. (Sumber gambar: Rafly Alfaridzy/Unsplash)

4 Menu Ini Bisa Kalian Jadikan Inspirasi Usaha Kuliner Loh

30 October 2023   |   18:30 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Bisnis kuliner seakan tidak ada matinya. Setiap tahun, terus tumbuh bisnis-bisnis baru. Saat yang sama juga tak sedikit para pebisnis kuliner menutup usaha mereka. Kalian bisa berinovasi dengan menciptakan menu-menu baru untuk memulai bisnis ini, atau mengandalkan resep-resep yang sudah eksis. 

“Bisnis kuliner memiliki peluang yang besar karena merupakan kebutuhan dasar manusia, orang perlu makan dan minum sehingga usaha ini sangat menjanjikan ditambah dengan modal yang dibutuhkan bervariasi dan fleksibel bahkan bisa minim modal,” ujar Dimas Realino, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Nipa Indonesia Maumere, saat diwawancarai Hypeabis.id melalui saluran whatsapp (29/10/2023).

Baca juga: Catat, 7 Langkah Penting Membangun Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Lantas apa saja menu kuliner yang memiliki banyak peminat? Untuk mendapatkan gambaran tentang hal ini, Hypeabis.id telah mewawancarai pengusaha kuliner Rini Tanjung, owner rumah makan Nasi Kapau Dapur Andung pada (29/10/2023). Sebagai sosok yang sudah cukup lama terjun dalam dunia kuliner, Rini sapaan Rini Tanjung merekomendasikan beberapa menu makanan yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis kuliner.

“Biasanya masyarakat itu lebih menyukai makanan yang lebih spicy, gurih, dan manis. Selain itu, tidak banyak juga masyarakat yang menyukai beberapa makanan khas daerah seperti masakan Jawa dan Sumatra. Kemudian, konsumen juga menyukai makanan yang lebih ringan atau seperti jajanan yang mudah ditemukan” katanya. 

Apa saja menu makanan yang bisa dijadikan ide usaha, simak informasinya berikut ini: 


1. Pecel

Salah satu kuliner yang berasal dari Pulau Jawa ialah pecel. Menurut Rini, pecel memiliki banyak peminat karena rasa yang dihadirkan sangat lezat. Paduan beberapa komposisi dalam pecel menghadirkan cita rasa pedas yang dipadukan dengan rasa manis, dan gurih. Selain itu, pecel juga terdapat beberapa varian mulai dari pecel ayam hingga pecel lele. Jadi tidak heran jika saat ini banyak pedagang pecel yang dapat kita jumpai di berbagai sudut ibu kota.
 

2. Soto           

Menu kuliner yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner hingga masyarakat biasa. Dengan menggunakan rempah pilihan yang mudah ditemukan di pasar, membuat soto banyak digandrungi oleh para pebisnis. Selain bahannya yang mudah ditemukan, soto juga memiliki banyak peminat mulai dari anak-anak hingga orang tua. Dengan beberapa keuntungan tersebut menjadikan banyak pedagang soto meraup omzet yang besar pula.
 

3. Tambusu

Salah satu menu kuliner yang rekomendasikan oleh Rini yakni tambusu. Menu kuliner yang satu ini dapat kalian temukan ketika mengunjungi Pulau Sumatra. Jenis makanan ini memiliki keunikan dari bahannya. Tambusu terbuat dari usus sapi, lembu, dan kerbau  yang diisi dengan telur dan tahu yang telah diberi bumbu. Kemudian sebagai pelengkapnya tambusu akan disiram dengan kuah yang dominan memiliki cita rasa pedas dan gurih.
 

4. Gorengan

Dijelaskan oleh Rini, dalam dunia kerja saat ini, para pekerja dituntut untuk mengerjakan segala hal lebih cepat. Oleh sebab itu, sebagian pekerja memiliki waktu yang lebih sedikit untuk sekedar mencari makanan. Dengan demikian, tidak heran jika kita melihat para pekerja atau seseorang yang memiliki rutinitas padat, yang mencari kuliner siap saji dan mudah dibawa kemana pun.

“Kalau kita lihat sekarang usaha gorengan itu tidak pernah mati. Banyak masyarakat yang menyukai gorengan, mulai dari anak-anak hingga orang tua atau juga para pekerja kantoran yang sibuk juga mencari gorengan. Oleh karena itu, saya merekomendasikan menu kuliner yang satu ini,” jelas Rini.

Demikian beberapa menu kuliner yang dapat dijadikan ide bisnis. Rini mengingatkan, dalam memilih ide bisnis sebaiknya selalu memperhatikan berbagai aspek seperti banyaknya peminat, ketersediaan modal, dan bahan yang mudah ditemukan. Tak lupa dia juga menyarakankan bagi pebisnis untuk menghadirkan inovasi dalam makanan. 

Baca juga: Sejarah Kuliner Legendaris Sate Padang Ajo Ramon

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Team Spirit Juara TI12 & Berakhirnya Sistem DPC untuk Kejuaraan Dunia Dota 2

BERIKUTNYA

Razia Uji Emisi Digelar Lagi per 1 November 2023, Kendaraan Jenis Ini Jadi Sasaran Tilang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: