Meta uji coba fitur pindah akun Instagram dan Facebook (Sumber gambar: Unsplash/Dima Solomin)

Meta Uji Coba Fitur Pindah Akun Instagram & Facebook, Cek Penjelasannya

28 September 2022   |   22:40 WIB

Jika selama ini fitur pindah akun hanya terjadi pada satu platform media sosial saja, maka kini Genhype yang gemar berpindah akun antara media sosial akan dimudahkan melalui fitur switch antara akun Instagram dan Facebook yang dikembangkan oleh Meta sebagaimana diumukan pada awal pekan ini. 

Berdasarkan unggahan dalam blog terbaru Meta, fitur ini dihadirkan bagi mereka yang sering berpindah akun di antara dua aplikasi tersebut atau orang-orang dengan beragam profil Instagram dari brand daring, kehidupan pribadi, maupun bisnis. Pergantian ini dilakukan melalui Pusat Akun yang menggabungkan akun dari platform buatan Meta tersebut.

"Kami tahu bahwa banyak orang menggunakan beberapa aplikasi kami untuk tujuan yang berbeda, menjangkau audiens yang lebih luas, atau berbagi aspek berbeda denga kelompok orang yang beragam. Dengan pertimbangan ini, kami menyederhanakan proses dari pembuatan dan perpindahan antar akun dan profil," tulis perwakilan Meta.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Repost ke Pengguna Terbatas

 
Nantinya, pengguna Facebook dan Instagram dipermudah dengan pembuatan akun dengan login Facebook dan Instagram yang sudah ada maupun membuat akun tambahan, serta mendapatkan notifikasi dalam satu platform yang sama. Notifikasi ini juga akan ditunjukkan pada setiap akun sehingga mempermudah pembaruan informasi.

Fitur ini juga akan mengembangkan aspek pendaftaran akun baru dengan adanya alur registrasi dan login yang lebih mudah antara Instagram dan Facebook. Upaya ini mempermudah dalam proses registrasi dan login dalam satu tempat, tanpa perlu berpindah aplikasi maupun situs.

 

Tampilan Account Center dalam fitur Switch di Meta. (Sumber gambar: Meta)

Tampilan Account Center dalam fitur Switch di Meta. (Sumber gambar: Meta)


Selain itu, fitur ini turut mengembangkan aspek keamanan dengan adanya pembaruan pada otentifikasi dua faktor yang turut terintegrasi antara Instagram dan Facebook. Ini membuat upaya otentifikasi akan semakin sulit dengan aktivasi yang berlaku pada dua media sosial tersebut serta mempermudah notifikasi keamanan saat login akun.

 

Tampilan Registrasi dalam fitur Switch di Meta. (Sumber gambar: Meta)

Tampilan Registrasi dalam fitur Switch di Meta. (Sumber gambar: Meta)


Saat ini, fitur perpindahan antar akun tengah dalam tahapan uji coba secara global bagi pengguna iOS, Android, dan situs. Namun, fitur ini hanya berlaku pada dua media sosial dan rencananya Meta akan mengeksplorasi fitur yang bisa menggabungkan penggunaan dua aplikasi dalam jaringannya.

Upaya ini terjadi bersamaan dengan Meta yang mulai mengembangkan integrasi akun ke dalam satu payung, bahkan berencana dengan mengembangkan adanya akun Meta yang bisa disematkan pada Facebook dan Instagram. 

Pada Agustus 2022, pengembangan akun Meta mulai diimplementasikan pada pengguna aplikasi Quest VR yang mendukung penggunaan aplikasi realitas virtual. Fitur ini sendiri diketahui akan berlaku pada setelah Januari 2023 bersamaan dengan penghentian penggunaan platform Oculus untuk pendaftaran akun. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Punya Kulit Sensitif Tapi Ingin Pakai Serum? Yuk Simak Tip dan Rekomendasi Ini

BERIKUTNYA

5 Fasilitas Menarik Hype Trip yang Instagramable, Kereta Api ala Milenial dan Generasi Z

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: