Ilustrasi beranda Instagram. (Sumber gambar: Unsplash/Alex Bracken)

7 Cara Mengatasi Shadow Ban di Instagram

20 September 2022   |   00:03 WIB

Jika Genhype pernah mengalami pembatasan tak terlihat dalam unggahan media sosial maupun pencarian akun di dalam halaman tagar atau beranda pengikut sebuah akun, biasanya hal ini merupakan tanda-tanda dari proses shadow ban yang diberlakukan di Instagram.

Biasanya, cara untuk melihat unggahan ini dilakukan hanya dengan mencari akun pengikut dan berkunjung ke halaman profil. Namun, hal ini tidak selalu mudah karena shadow ban merupakan bagian dari cara pembatasan yang dilakukan Instagram kepada pengguna dengan berbagai alasan.

Salah satunya adalah menggunakan tagar yang dilarang oleh sebuah media sosial, sehingga menyebabkan akun beserta dengan unggahan milik pengguna yang masuk ke dalam banned hashtag dan dianggap melanggar ketentuan pengguna. Dampak terparah dari shadow ban adalah pemblokiran akun pengguna sepenuhnya dari Instagram.

Baca jugaInstagram Uji Coba Fitur Repost ke Pengguna Terbatas, Segera Dirilis?

Yuk kenali beberapa tips untuk memeriksa dan mengatasi shadow ban di Instagram.
 

1. Perhatikan tagar yang digunakan

Pastikan untuk menggunakan tagar yang diperbolehkan dan memastikan tagar tersebut dicari dengan membuka unggahan terbaru. Jika orang-orang bisa menemukan unggahan dengan mudah, maka hal tersebut mengindikasikan akun atau unggahan Genhype tidak mengalami shadow ban.
 

2. Periksa aplikasi pihak ketiga yang memiliki akses ke Instagram

Pemeriksaan akses aplikasi pihak ketiga biasanya bisa menjadi penyebab dari shadow ban pada akun Genhype. Untuk itu, pemeriksaannya bisa dilakukan melalui desktop dengan membuka Instagram, lalu pilih Settings dan buka menu Apps and Websites. Setelah itu, hapus aplikasi yang berisiko menyebabkan shadow ban.
 

3. Kurangi penggunaan bot dan optimasi khusus untuk mengatur algoritma Instagram

Algoritma biasanya berjalan berdasarkan beberapa aspek, misalnya interaksi akun, minat, ketepatan waktu, frekuensi penggunaan, orang yang diikuti, hingga waktu sesi dari media sosial. Kendati hal ini bisa diakali dengan bot dan aplikasi khusus, penggunaan ini tidak disarankan karena aktivitasnya yang dianggap tidak wajar.

Untuk menghindarinya, Genhype bisa memaksimalkannya dengan unggahan konten yang konsisten, analisis akun media sosial, adanya user generated content, kolaborasi konten, hingga membangun hubungan baik dengan pengikut dan mematuhi ketentuan pengguna di Instagram.
 

4. Hindari tagar yang baru dilarang

Meski Instagram memiliki tagar yang sudah dilarang dengan pertimbangan keamanan, mereka juga memiliki tagar tertentu yang dilarang setelah populer dan menginjak angka yang sangat signifikan. Contoh tagar ini adalah tagar hari raya atau hari besar yang bisa saja tiba-tiba di-blacklist atau dilarang tanpa pemberitahuan.

Karena itu, hindari penggunaan tagar populer saat masa-masa puncak agar akun atau unggahan tidak mengalami shadow ban. Pastikan unggahan ini dinaikkan sebelum adanya potensi keramaian atau menggunakan caption alternatif dengan menghindari tagar tertentu.
 

5. Hindari tagar berulang dan tidak relevan

Selain tagar yang dilarang, shadow ban bisa terjadi saat adanya penggunaan tagar yang berulang dan cenderung tidak relevan dengan unggahan yang naik ke beranda Instagram. Hal inilah yang membuat Genhype harus teliti dengan penggunaan tagar agar tidak berisiko terkena shadow ban dengan memastikan relevansi hingga repetisi dari tagar.
 

6. Hindari spam pada komentar, likes, dan pesan pribadi

Tidak hanya dari perilaku saat menggunggah sesuatu, tapi shadow ban juga bisa terjadi dari perilaku pengguna dari respons tertentu seperti pemberian komentar, likes, dan pesan pribadi (direct message). 

Biasanya, aktivitas mencurigakan ini ditangkap jika ada pengguna yang memberikan 40 komentar dalam kurun waktu satu jam serta terlalu banyak mengirim pesan pribadi kepada banyak orang. Instagram akan menganggap adanya indikasi penggunaan bot atau layanan pihak ketiga yang tidak terverifikasi.
 

7. Istirahatkan akun Instagram

Dengan ragam penyebab dari aktivitas mencurigakan, pelanggaran ketentuan, hingga adanya laporan, shadow ban bisa berdampak pada aktivitas akun Instagram yang tidak maksimal.

Untuk memulihkannya, hal yang bisa dilakukan adalah mengistirahatkan akun selama 2-7 hari. Cara lainnya adalah dengan membuat laporan kepada Instagram yang menyebutkan keluhan tanpa mengindikasikan adanya shadow ban.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

4 Makanan Pantangan Ratu Elizabeth II, Rahasia Panjang Umur Sang Ratu Terungkap

BERIKUTNYA

6 Ide Kencan yang Asyik saat Cuaca Cerah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: