Banyak juga persepsi yang melihat asuransi adalah barang mahal dan memiliki proses klaim yang ribet. (Sumber Gambar: Adrianna Calvo dari Pexels)

Belum Punya Asuransi? Yuk Kenali dulu Jenis Produk, Hitungan Premi & Manfaatnya

04 June 2021   |   20:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Dalam sebuah perencanaan keuangan, proteksi memiliki peran yang penting untuk memastikan bahwa rencana keuangan yang telah disiapkan dapat terlindungi sehingga bisa mencapai tujuan.

Salah satu yang dapat dikategorikan sebagai proteksi adalah asuransi. Namun, masih banyak yang belum menyadari akan hal ini karena seringkali asuransi dianggap sebagai sesuatu yang rumit dan membingungkan.

Banyak juga persepsi yang melihat asuransi adalah barang mahal dan memiliki proses klaim yang ribet.

Untuk membantu Genhype lebih memahami asuransi, berikut beberapa hal mendasar yang perlu diketahui dari FWD Insurance:
 
1. Jenis-jenis Asuransi

Ada berbagai jenis asuransi yang tersedia yang dapat Genhype pilih, dari asuransi jiwa hingga asuransi umum. 

Asuransi jiwa termasuk juga asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi penyakit kritis, sedangkan asuransi umum termasuk asuransi kendaraan, hingga asuransi properti. 

Yang terpenting dalam memilih asuransi adalah yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan keuangan, dan prioritas ya Genhype.

Jika sudah menetukan asuransi yang kamu butuhkan, maka mulailah cari tahu perusahaan asuransi yang punya performa baik. Tapi, tetap yang terpenting adalah melindungi diri kamu sendiri. 

Jika belum memiliki asuransi, maka sangat disarankan untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai dasar proteksi kamu. Jadi, jangan hanya asuransikan kendaraannya ya, karena Genhype juga penting.
 
2. Jumlah Premi dan Periode Pembayaran Premi

Saat sudah memutuskan untuk memiliki asuransi untuk diri, ketahui berapa banyak premi yang harus dibayarkan dan berapa lama harus membayarnya. 

Kemudian, Genhype dapat membandingkannya dengan manfaat yang akan diterima.  Cek juga jadwal pembayaran premi, apakah bulanan, enam bulan, atau tahunan. 

Pelajari juga metode pembayarannya seperti transfer bank, pembayaran langsung, atau auto-debit, dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar Genhype bisa mengatur cash flow keuangan nantinya.
 
3. Pelajari Manfaat dari Produk Asuransi

Setelah mengetahui jumlah dan periode premi, pastikan apa saja perlindungan yang didapatkan. 

Sesuaikan juga dengan apa yang Genhype butuhkan. Misalnya, saat membeli produk asuransi kesehatan, jangan lupa untuk menanyakan penyakit apa saja yang dicakup, atau berapa batas maksimal perlindungan, dan juga rumah sakit rekanan asuransi tersebut. 

Jika Genhype memiliki riwayat penyakit kritis di garis keturunan, maka Genhype juga bisa pertimbangkan untuk memilih atau menambahkan manfaat penyakit kritis yang mungkin membutuhkan perlindungan lebih di masa mendatang.

 
4. Proses Pembelian dan Pengajuan Klaim Asuransi

Saat sudah memantapkan diri untuk membeli sebuah produk asuransi, selanjutnya yang perlu Genhype lakukan adalah mempelajari dengan baik bagaimana proses pembelian, klaim, serta dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan.
 
Memastikan bagaimana proses klaim saat terjadi risiko adalah hal penting yang harus Genhype ketahui. Misalnya, untuk asuransi kesehatan, apakah sistem klaimnya cashless yang berarti kamu tidak perlu mengeluarkan uang saat di rumah sakit rekanan atau reimbursement yang berarti akan menggunakan uang punya Genhype dulu, yang nantinya akan diganti oleh perusahaan asuransi. 

Jangan lupa juga untuk menanyakan dokumen yang harus dipenuhi ketika mengajukan klaim serta teknis pengajuan klaim serta pengiriman dokumen.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Putri Juby Siap Rilis Single Terbaru

BERIKUTNYA

Simak 5 Drama Asia Asal China & Korea yang Bisa Genhype Saksikan di iQiyi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: