Changmin TVXQ. (Sumber gambar: SM Entertainment)

Profil Changmin TVXQ, Idol Generasi Kedua yang Baru Menjadi Ayah

18 October 2022   |   20:24 WIB

Pada hari ini, Selasa (18/10/2022), Changmin TVXQ resmi menjadi seorang ayah setelah istrinya yang merupakan seorang non-selebriti, melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin laki-laki. Dengan kabar bahagia ini, Changmin menjadi salah satu idol yang telah menikah dan memiliki anak.

Changmin atau yang dikenal dengan nama panggung Max Changmin (dalam bahasa Korea dikenal sebagai Choegang Changmin) dikenal sebagai salah satu idol yang menjadi panutan beberapa idol generasi terbaru. Tak hanya itu, dia juga menjadi idol dengan jam terbang yang tinggi dengan masa debut hampir 20 tahun.

Baca juga: 5 Potret Idol K-Pop di Seoul Fashion Week 2022, Ada Member VIVIZ hingga SEVENTEEN

Kariernya sebagai idol dimulai saat dirinya ditarik oleh staf perekrutan talenta, di mana kala itu dia sedang bernyanyi sambil bermain badminton. Saat diberikan penawaran, laki-laki yang memiliki nama lengkap Shim Chang-min ini awalnya tidak tertarik. Berdasarkan artikel Newsen pada 2013, dia akhirnya mengambil tawaran itu setelah ibunya ingin berkesempatan untuk bertemu solois BoA.

Dia akhirnya menjadi peserta pelatihan di agensi SM Entertainment setelah memenangkan audisi tahunan untuk anak-anak muda melalui kompetisi Annual Youth Best Contest ke-6 dengan memenangkan kategori Penyanyi Terbaik dan Artis Terbaik. Setelahnya, dia menjalankan pelatihan sebagai idol hingga debut dalam grup TVXQ atau DBSK pada 2003.

Boy group DBSK atau TVXQ sendiri awalnya beranggotakan lima orang yang terdiri dari Kim Jae-joong, U-Know Yunho, Park Yoo-chun, Kim Jun-su, dan dirinya. Namun, grup ini akhirnya terpecah setelah Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memiliki gugatan terhadap agensi pada Juli 2009 dan resmi meninggalkan grup setahun setelahnya.

Sembari berkarier sebagai idol K-pop, Changmin juga berkuliah di Universitas Kyunghee pada 2009 dengan jurusan musik postmodern. Lalu, pada 2011 dia melanjutkan pendidikan universitas di Universitas Konkuk jurusan Film dan Seni dan mengambil pendidikan pascasarjana di Universitas Inha.

Pada tahun yang sama, Changmin dan Yunho kembali sebagai grup duo dengan nama TVXQ dan setelahnya mulai aktif dalam berbagai proyek solo. Beberapa di antaranya adalah grup proyek S.M. The Ballad bersama Kyuhyun dan Yesung Super Junior, Zhou Mi Super Junior M, Taeyeon Girls' Generation, Chen EXO, Jay Kim eks TRAX, Jino, Zhang Liyin, mendiang Jonghyun SHINee, dan Krystal f(x).

Selain itu, dia juga terlibat dalam beberapa proyek drama, acara televisi, dan film seperti Banjun Drama, Athena: Goddess of War (2010), Fly With the Gold (2012), Moonlight Prince (2013), Cool Kiz on the Block (2013-2014), Mimi (2014), Hologram Musical: School Oz (2015), dan Scholar Who Walks The Night (2015).

Aktivitas solonya semakin intens dengan perilisan album Close to You pada 2015, tepat sehari sebelum dia menjalankan wajib militer. Kewajiban ini kemudian selesai pada 2017 dan dia sempat vakum selama kurang lebih satu tahun, meski sempat terlibat dalam proyek lagu In a Different Life.

Baca juga: Ragam Pola Diet Sehat Idol K-Pop, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Setelahnya, dia mulai terlibat aktif dalam beberapa proyek penulis lagu seperti Sleepless Night untuk SHINee, Ace untuk Taemin SHINee, dan My Thoughts, Your Memories untuk Kyuhyun Super Junior.

Dalam proyek tayangan serial dan acara televisi, dia juga terlibat dalam serial Tensai Bakabon 3 (2018), Analog Trip (2019), Kingdom (2021), Free Hug (2021), Along with the Gods 2 (2021), Bistro Shigor (2021), Book This Out (2021), Kingdom: Legendary War (2021), dan lainnya.

Saat ini, dia baru saja merilis album kedua berjudul Devil dan berpartisipasi dalam terlibat dalam beberapa proyek variety show seperti My: Humanities that Open Work (2022) dan Chang Min-ho's Buddy Buddy (2022). 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Duh Ratusan Kasus Gagal Ginjal Akut Dialami Anak-Anak, Terbanyak di DKI Jakarta

BERIKUTNYA

Buat Pehobi Pemula, Begini Cara Mewarat Burung Peliharaan yang Baik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: