Ilustrasi obat diabetes (Sumber gambar: Pexel/ Mikhail Nilov)

Penuhi Permintaan Tinggi, Kalbe Produksi Insulin dalam Negeri

18 October 2022   |   12:13 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian yang suka mengonsumsi berbagai makanan dan minuman manis harus lebih berhati-hati ya, Genhype. Sebab, dalam jangka panjang konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan obesitas yang pada akhirnya memicu penyakit diabetes melitus (DM).

Apalagi berdasarkan  data dari International Diabetes Federation (IDF), terdapat 19,5 juta warga Indonesia yang mengidap diabetes pada 2021. Bahkan pada tahun 2030, diprediksi diabetes menempati posisi ketujuh sebagai penyebab kematian tertinggi di dunia. 

Diabetes sendiri merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya glukosa atau gula darah di dalam tubuh karena tubuh tidak mampu menghasilkan insulin atau menggunakan insulin dengan baik.

Untuk mencegah penyakit diabetes adalah dengan mempertahankan berat badan ideal, rutin beraktivitas fisikn minimal 30 menit setiap hari dengan intensitas sedang, makan makanan sehat, kelola stress, hindari merokok dan alkohol, serta rutin melakukan tes glukosa.

Baca juga: Waspada, Diabetes yang Merambah Area Ini Bisa Jadi Petanda Munculnya Komplikasi

Lantas bagaimana jika sudah terdiagnosa diabetes? Pasien terdiagnosa harus mengonsumsi obat-obatan untuk membantu menurunkan gula darah serta mengurangi risiko terkena komplikasi.

Namun, obat-obatan tersebut tidak dapat menyembuhkan diabetes secara tuntas tetapi hanya dapat menjaga kadar gula darah untuk menghindari risiko.

Untuk menjawab kebutuhan obat-obatan bagi pasien diabetes di Indonesia, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) memproduksi produk insulin bermerek Ezelin, sekaligus untuk mendukung upaya ketahanan kesehatan nasional. Produk yang akan diproduksi dan dipasarkan oleh anak usaha Kalbe yakni PT Kalbio Global Medika ini merupakan obat anti-diabetes yang mengandung insulin glargine. 

“Kalbe berusaha meningkatkan produksi obat dalam negeri melalui implementasi instrumen TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk membangun ketahanan kesehatan nasional yang  lebih kuat,” kata Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Mulialie.

Menurutnya, Ezelin merupakan produk dalam negeri dengan kualitas profil efikasi dan keamanan yang sama dengan produk originator tetapi dijualdengan harga yang terjangkau.

 “Ezelin merupakan bagian dari ekosisistem Diabetes Total Solution Kalbe yang difokuskan untuk membantu pasien diabetes agar mendapatkan terapi yang tepat. Ezelin sendiri telah masuk dalam formularium nasional dan E-katalog obat,“ tuturnya.

Diabetes Total Solution merupakan ekosistem layanan Kalbe untuk terapi diabetes. Ekosistem ini meliputi obat resep anti diabetes dan komplikasinya, nutrisi khusus pasien diabetes Diabetasol, alat cek gula darah mandiri Elvasense, serta platform digital KlikDiabetes yang menjadi bagian dari platform digital KlikDokter.

Dari sisi farmakologi, insulin glargine adalah analog insulin manusia dalam larutan asam (pH 4), yang setelah disuntikkan akan melepaskan insulin glargine secara perlahan dalam konsentrasi yang relatif konstan selama 24 jam.

Hal ini menyebabkan insulin glargine yang disuntikkan sekali sehari dapat mengontrol kadar glukosa darah harian. Insulin glargine memiliki aktivitas menurunkan kadar glukosa darah dengan cara merangsang pengambilan glukosa oleh otot rangka dan lemak, serta menghambat produksi glukosa hati.
 
Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Waduh, Rencana Wajib Militer BTS Bikin Ekonomi Korea Selatan Terdampak

BERIKUTNYA

Lalahuta Gaet Tuan Tigabelas Rilis Single Selamat Pagi (Hey World)

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: