Piala Dunia 2022 di Qatar akan berlangsung pada 21 November - 18 Desember 2022 (Sumber gambar ilustrasi: pexels/pixabay)

Menengok Keunikan 8 Stadion yang Dipakai untuk Piala Dunia Qatar 2022

17 October 2022   |   20:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Stadion Education City

(Sumber gambar: qatar2022.qa)

(Sumber gambar: qatar2022.qa)

Terletak di Al Rayyan, stadion dengan kapasitas 40.000 prang ini menyoroti posisi Qatar sebagai pusat pembelajaran yang dinamis bagi siswa dan akademisi di seluruh Dunia Arab dan sekitarnya. Dengan lokasi yang strategis, Education City adalah pusat pembelajaran dan pengetahuan yang terkenal.

Desain ultra-modern stadion ini berpadu dengan arsitektur Islam tradisional. Di bagian luar, segitiga menciptakan pola geometris seperti berlian kompleks yang berkilau saat matahari bergerak melintasi langit. Di malam hari, pertunjukan cahaya digital akan menerangi fasad, dan memberi penggemar sepak bola kinerja kejutan yang luar biasa. 
 

Stadion Internasional Khalifa

(Sumber gambar: qatar2022.qa)

(Sumber gambar: qatar2022.qa)

Memiliki kapasitas 40.000 orang, stadion ini selalu menjadi tuan rumah ajang olahraga penting sejak diresmikan pada 1976. Stadion ini juga telah memperoleh pemugaran untuk digunakan dalam ajang Piala Dunia 2022. Di Stadion Internasional Khalifa terdapat lengkungan ganda stadion yang megah, dan selalu jadi fitur paling dikenal. 

Jadi, bagian ini akan tetap utuh. Hanya saja, pada saat ini memiliki kanopi lebar yang terbentang di bawahnya. Tidak hanya itu, stadion juga dilengkapi sistem pendingin stadion untuk menjaga suhu yang nyaman bagi para pemain dan penggemar sepak bola. Kemudian, stadion ini memiliki pencahayaan digital dan fasad modern membawa kilau baru bagi seorang teman lama.
 

Stadion 974

(Sumber gambar: qatar2022.qa)

(Sumber gambar: qatar2022.qa)

Stadion 974 adalah stadion sepak bola tertutup pertama yang dapat diturunkan sepenuhnya, yang menunjukkan komitmen Qatar teradap keberlanjutan yang hemat biaya dan desain bold. Stadion ini juga dibangun sepenuhnya dari kontainer pengiriman dan baja modular.

Nama 974 sendiri merupakan kode panggilan internasional untuk Qatar, dan juga jumlah pasti kontainer pengiriman yang digunakan dalam konstruksi. Terletak di area tepi pelabuhan dan melihat pemandangan kota pesisir Doha, para pencinta sepak bola akan merasakan angin sejuk saat bergulung dari Teluk Arab. 

Kontainer dan super-struktur akan digunakan kembali setelah turnamen usai. Tidak hanya itu, Pengembangan tepi laut yang menawarkan fasilitas luar biasa bagi masyarakat setempat akan menjadi hidup, serta pusat bisnis yang dinamis. Konsep baru dalam pengembangan venue ini memastikan bahwa meskipun kehadiran fisik Stadium 974 mungkin bersifat sementara, tapi warisannya akan abadi. 
 

Al Janoub Stadium

(Sumber gambar: qatar2022.qa)

(Sumber gambar: qatar2022.qa)

Al Wakrah yang berada 22 km selatan Doha adalah salah satu daerah tertua di Qatar. Stadion dengan kapasitas 40.000 penonton ini memiliki desain menawan yang mencerminkan layar penuh angin dari kapal dhow tradisional Qatar. Selama berabad-abad kapal-kapal ini telah berlayar melalui perairan Teluk dan jauh melampauinya, kembali dengan karunia laut.

Kapasitas stadion ini akan dikurangi setelah turnamen usai lantaran kursi yang tersedia akan disumbangkan ke proyek olahraga lain di seluruh dunia. Taman yang indah, fasiltias olahraga, dan tempat rekreasi mengelilingi stadion ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Yuk Terapkan Sutainable Living dengan Berkebun di Rumah

BERIKUTNYA

Mengenal Diet Garam yang Cocok Buat Pengidap Hipertensi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: