Salah satu varian sup yang hangat dan menyegarkan. (Sumber gambar : Freepik)

Mengintip 5 Jenis Sup yang Populer di Dunia

17 October 2022   |   17:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Sup menjadi salah satu sajian kuliner yang menjadi favorit masyarakat dunia. Dengan ragam bahan dan rasa berbeda di setiap negara, makanan berkuah yang biasa disajikan dalam mangkok ini memberikan manfaat yang berbeda-beda pula. 

Di Indonesia, mungkin ada belasan hingga puluhan jenis sup yang lebih sering disebut sop. Mayoritas diantaranya menggunakan daging sapi atau ayam, tetapi tidak sedikit berbahan dasar daging ikan. Namun yang pasti, makanan ini membuat tubuh hangat sekaligus menyegarkan, terlebih jika ditambahkan sayuran yang menambah nutrisi dalam sajian ini. 

Mungkin sop ayam, kambing, atau iga cukup populer di Indonesia, namun bagaimana dengan di dunia? Nah, berikut ini 5 sup yang populer di dunia. 


1. Khao Soi, Thailand

Makanan khas Chang Mai ini dinobatkan sebagai sup terbaik di dunia oleh TasteAtlas pada 2022. Digambarkan sebagai sup kelapa yang lezat, sup ini memiliki cita rasa pedas yang menggabungkan santan dan pasta kari merah. 

Kuah yang menghangatkan ini disajikan dengan mi telur pipih, daging atau atau sapi, dengan topping mi goreng renyah, daun ketumbar cincang, acar kubis, bawang merah dan cabai segar, serta perasan jeruk nipis. 


2. Sinigang, Filipina

Sup kaldu asam asal Filipina ini terdiri dari berbagai potongan daging babi yang direbus bersama buah asam. Kaldu dasarnya cukup khas yakni menggunakan air cucian beras.

Sebagai pelengkap, sayuran seperti seperti tomat, bawang merah, bawang putih, okra, lobak putih, kangkung, kacang panjang, paprika hijau, talas, atau terong. Beberapa menambahkan miso dan untuk memperkaya cita rasa, saus ikan kerap ditambahkan. 


3. Pozole, Mexico

Pozole adalah sup yang berasal dari Meksiko dan biasanya disajikan pada acara khusus seperti ulang tahun, pernikahan, dan perataan Natal. Bahan utamanya adalah nixtamal atau bubur jagung yang dimasak menggunakan larutan alkali. 

Nama pozole diambil dari proses dalam membuat larutan ini. Proses tersebut dinamakan nixtamalization, membuat larutan berbusa atau potzolli. Sup ini memiliki isian seperti daging babi, ayam, atau makanan laut dengan berbagai bumbu serta rempah. 


4. Minestrone, Italia

Sup ini menjadi makanan selama Perang Dunia I. Biasa dijadikan hidangan utama, kuah sup ini bertekstur kental, terbuat dari tomat yang dibiarkan melunak. 

Selain mengunakan tomat untuk membuat kuahnya. Minestrone ini memiliki isian seperti daging asap, makaroni, kentang, wortel, kembang kol, bunci, batang seledri besar. Bumbu seperti bawang bombai, bawang putih, daun bawang, keju parmesan menambah cita rasanya. 


5. Wonton, China

Salah satu sup yang terkenal asal Tiongkok adalah sup wonton yang memadukan berbagai sayuran dan daging dalam kaldu ringan, serta beraroma kuat. Sup ini berasal dari abad ke-17 lho Genhype. Tepatnya, pada Dinasti Qing. 

Sup ini juga cukup populer di kalangan pekerja selama Perang Dunia II. Selain kalah kaldu yang gurih dan menghangatkan, sorotan utama dalam sup ini adalah wonton. Itu berupa adonan tipis yang dibuat dengan tepung dan telur, yang disebut pangsit. Adonan tersebut diisi dengan sayuran dan daging, kemudian dimasak dalam kaldu pedas. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Buah Terbaik Untuk Membantu Kesehatan Mata, Mana Pilihanmu?

BERIKUTNYA

ITZY Lanjutkan Tur Dunia ke Asia Tenggara pada 2023, Bakal Mampir ke Jakarta!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: