ilustrasi ruang makan (sumber gambar Unsplash/ Spacejoy)

Tak Harus Mahal, Ini 5 Inspirasi Desain Ruang Makan Estetis yang Bisa diaplikasikan di Rumah

14 October 2022   |   15:41 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Hampir semua orang tentunya ingin memiliki hunian yang nyaman dan sedap dipandang mata sehingga dapat membuat betah keluarga atau tamu yang datang berkunjung. Terlebih, saat ini ada berbagai ide desain yang bisa diterapkan untuk mendukung keinginan  tersebut.

Sebagai sebuah hunian, rumah juga memiliki ruang-ruang privat, salah satunya adalah ruang makan yang biasanya dijadikan tempat bersosialisasi dan berbagi cerita antar anggota keluarga sambil menikmati kudapan yang telah dimasak di dapur di waktu jam makan.

Karena memiliki peran penting, ruang makan tentunya perlu didesain semenarik mungkin agar membuat penghuninya betah. Sebagian orang beranggapan mewujudkan ruang makan yang bagus pastinya membutuhkan biaya mahal.

Baca juga: Begini Cara Menerapkan Desain Berkelanjutan di Rumah

Padahal, jika menerapkan furnitur dengan gaya penataan yang baik, ruang makan yang unik dan membuat betah bisa juga dibangun dengan biaya murah loh Genhype. Biar enggak penasaran yuk simak tips berikut ini.


1. Satukan Ruang Makan dengan Dapur

Menggabungkan dua ruangan menjadi satu bisa jadi pilihan Genhype untuk mewujudkan ruang makan yang estetis. Untuk menyiasatinya kalian bisa menyatukan dapur dengan ruang makan tanpa sekat sehingga bisa membuat ruangan terasa lebih luas.
 

ilustrasi dapur dengan ruang makan (sumber gambar Unsplash/R ARCHITECTURE)

ilustrasi dapur dengan ruang makan (sumber gambar Unsplash/R ARCHITECTURE)

Selain menghemat biaya, Genhype juga tidak perlu repot-repot pindah ruangan seusai memasak dan memindahkan hidangan ke atas meja makan. Untuk menyiasatinya, bisa juga menggunakan perabot minimalis yang banyak dijual di toko online.
 

2. Gunakan Pencahayaan Alami

Penggunaan cahaya alami dalam desain interior ruang makan juga bisa dipilih karena dapat memaksimalkan pencahayaan matahari di luar rumah ke dalam ruang bersantap. Selain hemat biaya, desain ini juga membuat raung makan lebih sederhana dan natural.
 

ilustrasi ruang makan dengan pencahayaan alami (sumber gambar Unsplash/Spacejoy)

ilustrasi ruang makan dengan pencahayaan alami (sumber gambar Unsplash/Spacejoy)

Untuk memaksimalkan desain ini, penting juga memperhatikan perpaduan warna tone interior yang senada antar berbagai perabot. Sehingga Genhype tidak lekas merasa bosan saat menikmati kudapan dan melakukan aktivitas di dalamnya. 


3. Hadirkan Desain Natural

Cara lain untuk memotong biaya desain ruang makan adalah dengan menggunakan material dari alam, seperti meja dan kursi dari kayu, atau menambahkan tanaman hijau di dalamnya.
 

ilustrasi ruang makan dengan desain natural (sumber gambar Unsplash/Don Kaveen)

ilustrasi ruang makan dengan desain natural (sumber gambar Unsplash/Don Kaveen)

Dengan menerapkan desain ini tentunya semakin membuat jam makan kalian bersama keluarga jadi lebih intim. Karena akan terasa seperti sedang piknik dan menikmati makan bersama di taman.

Baca juga: 5 Ide Desain Interior Geometrik yang Bikin Rumah Makin Estetik


4. Ruang Makan di Tempat Terbuka 

Mempraktikan desain ruang makan dengan mengekplorasi ruangan terbuka di bagian rumah juga bisa jadi pilihan yang tidak banyak menguras kantong. Konsep ini bahkan bisa membuat area bersantap jadi lebih luas dengan pemandangan halaman belakang rumah Genhype.
 

ilustrasi ruang makan terbuka (sumber gambar Unsplash/Hà Nguy?n)

ilustrasi ruang makan terbuka (sumber gambar Unsplash/Hà Nguyen)

Selain menjadi ruang makan, arena ini pada beberapa kegiatan penting juga bisa disulap menjadi tempat kegiatan lain, misal tempat berpesta atau berkumpul bersama tamu-tamu yang datang berkunjung di akhir pekan.


5. Gunakan Warna Monokrom

Agar tidak menghabiskan budget yang menguras kantong saat mendesain ruang makan, Genhype juga bisa menggunakan berbagai furnitur set yang simpel dan memadukan warna monokrom, seperti hitam, putih, atau kuning cerah.
 

ilustrasi ruang makan dengan tema  monokrom (sumber gambar Unsplash/Jorge De Jorge)

ilustrasi ruang makan dengan tema monokrom (sumber gambar Unsplash/Jorge De Jorge)

Dengan menerapkan desain gaya ini tidak hanya  akan memberi kesan sederhana dan mudah diaplikasikan, tapi juga membuat ruang makan jadi lebih elegan khususunya bagi rumah dengan gaya modern minimalis.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tepati Janji, SEVENTEEN Kembali Bawakan Konser Tambahan ke Filipina & Indonesia Desember 2022

BERIKUTNYA

Kenali 2 Tipe Traveler Ketika Memilih Hotel, Genhype Tim Mana?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: