Windah Basudara (Sumber gambar: Instagram.com/windahbasudara)

6 Fakta Windah Basudara, Youtuber yang Galang Dana Rp338 Juta Untuk Okky Boy

12 October 2022   |   10:11 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Nama Windah Basudara sudah tidak asing lagi bagi sebagian penikmat YouTube, khususnya para penggemar konten gim. Kreator yang aktif melaukan live streaming konten gaming ini menjadi banyak idola kalangan generasi Z dan generasi Alpha berkat aksi dan celotehannya yang menghibur. 

Baru-baru ini, Windah kembali menjadi sorotan berkat upayanya menggalang dana untuk anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) bersama dengan Rahmat atau yang akrab dikenal dengan nama Okky Boy. Dia adalah siswa SLB yang disebut-sebut mirip dengan Windah Basudara. 

Akhirnya, perbincangan di internet berlanjut ke dunia nyata. Keduanya bertemu secara langsung di kediaman sang YouTuber. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan live streaming untuk penggalangan dana. Hasilnya, hanya dalam kurun waktu 3 jam, siaran langsung itu menarik lebih dari 100.000 penonton. Selain itu, upaya penggalangan dananya juga berhasil mengumpulkan uang hingga Rp338 juta. 

Disebutkan bahwa dana yang berhasil dikumpulkan melalui aksi tersebut akan diberikan kepada Okky Boy dan siswa SLB lainnya guna keperluan biaya sekolah. Untuk kalian yang belum begitu mengenal sosok Windah Basudara, berikut ini adalah profil dan fakta-fakta menariknya. 

Baca juga: Kreator Wajib Tahu, YouTube Bikin Program Koleksi Musik Berlisensi
 

1. Memulai Karier YouTube Sejak 2018

Merintis kanal YouTube-nya sejak 2018, tidak mudah bagi Windah Basudara mencapai angka 8,7 juta subsribers seperti sekarang. Dengan total lebih dari 3.900 video yang diunggahnya, perjuangan Windah Basudara membuat konten pun berbuah manis. Dia sangat dicintai oleh penggemarnya yang kerap disebut bocil kematian, yang setia menyaksikan live streaming berbagai genre gim di kanal YouTube-nya.


2. Kuliah Jurusan Hubungan Internasional


Windah Basudara sempat duduk di bangku kuliah sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti. Pria yang mulanya mengambil jurusan Hubungan Internasional itu mengaku di kanal Youtube-nya jika ada kendala yang membuatnya harus berhenti kuliah di London School of Public Relation. Ketika itu, salah satu kendala yang dihadapinya adalah biaya. 
 

3. Pernah Jadi Pelayan Hotel & Restoran

Pria kelahiran 14 Maret 1992 itu pernah bercerita melalui video YouTube di kanalnya mengenai kehidupannya sebelum menjadi Youtuber. Dalam video Draw My Life yang diunggahnya 2020 lalu, Windah mengaku sempat menjadi pelayan di restoran dan hotel sebelum akhirnya memutuskan untuk mencari perutungan di YouTube.
 

4. Beda Nama Asli & Nama Panggung


Sebetulnya, Windah Basudara bukan nama asli melainkan nama panggung yang digunakannya di dunia internet. Pria berusia 30 tahun itu memiliki nama lengkap Brando Franco Windah. 
 

5. Memenangi Banyak Penghargaan Kreator Konten

Youtuber keturunan Manado ini telah menorehkan berbagai prestasi dan penghargaan dalam karier YouTube-nya. Windah berhasil menerima Penghargaan Indonesia Esport Award 2021 untuk kategori Content Creator Game Terfavorit.

Dia juga menorehkan prestasi dalam penghargaan Dunia Games Awars 2021 sebagai Gaming Content Creator of The Year. Selain itu, Windah juga memenangkan kategori Gaming: Live Creator with Highest CCV dan Gaming: Most Watched Channel di gelaran Youtuber Partner Day 2022.
 

6. Membuka Donasi Hanya untuk Penggalangan Dana


Salah satu cara kreator konten mendapat penghasilan adalah dengan membuka donasi lewat platform seperti Saweria, Sociabuzz, dan lain sebagainya. Akan tetapi, Windah berkomitmen hanya akan membuka donasi untuk keperluan penggalangan dana saja. 

Apa yang dilakukannya untuk Okky Boy dan siswa di Sekolah Luar Biasa juga bukan pertama kali baginya. Sebelumnya, Windah juga pernah membuka donasi melalui aksi live streaming yang dilakukannya guna membantu korban banjir di Jawa Barat.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rayakan Ragam Musik Indonesia, Spotify Rangkul Musisi Lokal Lewat Tajuk Identitasku

BERIKUTNYA

Blink-182  Sambut Kembalinya Tom DeLonge, Siap Rilis Lagu Baru & Gelar Tur Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: