Spotify luncurkan Hub musik local Indonesia (Sumber gambar Unsplash/Simon Noh)

Rayakan Ragam Musik Indonesia, Spotify Rangkul Musisi Lokal Lewat Tajuk Identitasku

12 October 2022   |   11:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Musisi-musisi Indonesia terus berkarya dan mengekspresikan diri melalui musik dan menghasilkan karya-karya yang tak kalah dari musisi luar negeri. Ragam karya musik lokal di Indonesia juga beragam, mulai dari musik daerah, pop, hingga rock.

Keberagaman musik Indonesia ini tentu menjadi potensi penting untuk mengenalkan budaya dan talenta-talenta musisi berbakat di Tanah Air pada khalayak ramai agar dapat mengapresiasi karya-karya mereka.

Salah satu platform music streaming populer, Spotify, baru-baru ini meluncurkan kampanye bertajuk Identitasku untuk mendukung potensi tersebut lewat koleksi konten-konten audio dari musisi lokal di seluruh Indonesia.

Melalui program ini, Spotify menyediakan berbagai fitur pada pendengar, seperti Hub Suara dari Indonesia yang terus diperbarui dan berkolaborasi dengan artis lokal, serta melakukan kerja sama dengan program pencarian bakat untuk memfasilitasi penemuan ragam jenis musik terbaru di Indonesia.

Baca jugaPenggemar Podcast Merapat, Spotify Luncurkan Tiga Original Video Podcast, Siapa Saja Mereka?

 

Ilustrasi Yura Yunita  (sumber gambar Spotify)

Ilustrasi Yura Yunita (sumber gambar Spotify)



Enam muisisi dari berbagai daerah di Tanah Air juga telah bergabung untuk mendukung kampanye itu, yaitu Ndarboy Genk dari Yogyakarta, Woro Widowati dari Jawa Tengah, Hindia dari Jakarta, Yura Yunita dari Jawa Barat, Sal Priadi dari Jawa Timur, dan Stevan Pasaribu dari Sumatera Utara. 

"Kami ingin semua pendengar di Indonesia dapat menemukan dan mengekspresikan identitasnya. Di mana pun mereka berada, mereka bisa datang ke paltform ini dan merayakan identitas serta asal-usulnya," papar Cassandra Aprilanda, perwakilan Spotify dalam siaran tetulis.

Cassandra mengungkap, Hub Suara dari Indonesia yang baru saja diperbarui memungkinkan para pendengar untuk mendalami koleksi konten-konten audio lokal yang lengkap dari seluruh Indonesia di platform streaming itu dengan menggunakan kata kunci 'Suara dari Indonesia'.

Setiap playlist juga akan menampilkan kurasi lagu-lagu yang dibawakan oleh artis dari daerah masing-masing untuk memberikan soundtrack yang sesuai dengan suasana hati pendengar saat mereka ingin bernostalgia dengan budaya dan asal-usul di mana pun mereka tinggal. 

Yura Yunita, salah satu musisi yang ikut dalam program itu mengungkap, dengan hadirnya Spotify Musik Indonesia Identitasku dia akhirnya juga dapat mengenalkan budaya Jawa Barat, khususnya Sunda, yang selalu menjadi sumber inspirasinya dalam berkarya. 

Baca jugaSukses Bikin Baper, Intip Makna Lagu Dunia Tipu-Tipu dari Yura Yunita

Musisi lain, Stevan Pasaribu dan Ndarboy Genk juga memiliki pemikiran yang serupa dengan Yura. Pada awal karir mereka, nilai-nilai yang dipegang sejak usia dini adalah budaya lokal setempat yang akhirnya membuat mereka dapat menjadi seperti sekarang.

Adapun Woro Widowati, pelantun lagu Full Senyum Sayang itu juga mengaku, selain budaya Jawa dan kenangan masa kecilnya, orang-orang yang tanpa lelah mendukung karya-karyanya hingga saat ini juga berperan penting dalam mengembangkan identitas musiknya. 

Sementara itu, Hindia dan Sal Priadi mengungkapkan keyakinan mereka bahwa pengaruh budaya dan musik daerah juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan musik di Indonesia, yang bahkan malah menjadikannya lebih indah saat didengar.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Hindari Makan Malam dalam Porsi Jumbo

BERIKUTNYA

6 Fakta Windah Basudara, Youtuber yang Galang Dana Rp338 Juta Untuk Okky Boy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: