Yura Yunita (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Sukses Bikin Baper, Intip Makna Lagu Dunia Tipu-Tipu dari Yura Yunita

28 July 2022   |   17:10 WIB

Semenjak merilis album Tutur Batin pada 2021 lalu, penyanyi Yura Yunita seolah hadir menjadi ikon tersendiri bagi para pendengarnya. Lewat karya-karyanya dalam album tersebut, Yura tak jarang berhasil mengetuk pintu kemanusiaan para pendengarnya berkat lirik-lirik lagunya yang reflektif.

Begitupun dengan single Dunia Tipu-Tipu, yang menjadi salah satu lagu dari album tersebut. Yura baru saja merilis video klip dari single tersebut dengan konsep social experience.

Dalam video klip itu, ada tujuh pasangan non-aktor yang terdiri dari suami istri, kakak adik, sahabat, atau orang tua dan anak, yang saling bertatap-tatapan secara langsung selama 4 menit. Mereka saling memandang satu sama lain, dan berkomunikasi sejujur-jujurnya.

Baca juga: Cerita dan Proses Yura Yunita Buat Video Musik Tutur Batin

Video klip itu pun sontak menjadi perbincangan warganet di media sosial. Tak sedikit dari mereka yang memberikan pujian konsep video itu, lantaran menampilkan social experience yang menyentuh sekaligus mengharukan.

Mereka pun ramai-ramai berkomentar di media sosial setelah menonton video klip tersebut. Banyak warganet yang menilai bahwa lagu Dunia Tipu Tipu mengajak para pendengarnya untuk bisa menghargai kehadiran orang-orang tersayang di sekitarnya, sekaligus lebih mengerti terhadap perasaan diri sendiri.

Sampai artikel ini ditulis, nama Yura Yunita pun bertengger di trending topic Twitter.
 

Di balik layar pembuatan video klip Dunia Tipu-Tipu dari Yura Yunita (

Di balik layar pembuatan video klip Dunia Tipu-Tipu dari Yura Yunita (Sumber gambar: Creathink Publicist)


Jika dilihat dari liriknya, Yura seolah ingin menyampaikan kepada para pendengarnya tentang arti orang-orang terdekat yang paling mengerti diri kita di dunia yang penuh dengan ketidakjujuran. 

"Di dunia tipu tipu, kamu tempat aku bertumpu. Baik jahat abu abu, tapi warnamu putih untukku. Hanya kamu yang mengerti gelombang kepala ini," demikian bunyi penggalan lirik itu.

Namun, kedekatan antara dua orang justru tak jarang menimbulkan jarak yang menganga. Mereka yang sering bertemu, apalagi tinggal bersama, cenderung justru akan semakin jarang melakukan komunikasi mendalam satu sama lain. Misalnya, hubungan anak dengan orang tua, suami dan istri, serta sahabat dekat.

Keresahan itulah yang tampaknya ingin disampaikan Yura bahwa seringkali kita tidak memberikan perhatian kepada orang-orang yang selalu dekat dan ada untuk kita. Dengan berbagai alasan, kita kerap mengabaikan besarnya arti kehadiran seseorang di hidup kita.

"Puja puji tanpa kata. Mata kita yang bicara. Selalu nyaman bersama. Janji takkan ke mana-mana," Dunia Tipu-Tipu.

Baca juga: Wih, Yura Yunita Rilis Klip 'Dunia Tipu-Tipu' dengan Konsep Unik

Hal itupun yang ditampilkan dalam video klip single Dunia Tipu-Tipu. Ragam hubungan manusia dihadirkan dan diberi ruang untuk saling mengetahui isi hati masing-masing tanpa banyak bicara, hanya lewat tatapan mata.

Hasilnya, ketujuh pasangan dalam video klip itu pun hampir semuanya menangis. Barangkali mereka menjadi mengerti, betapa berharganya sosok yang ada dihadapannya saat ini.

"Mata adalah gerbang pertama menuju hati, saat bertatapan kita bisa terkoneksi jauh lebih dalam, saat mulut tak bisa berkata, mata kita tetap dapat bisa bicara," ujar Yura dalam keterangannya yang diterima  Hypeabis.id, Kamis (28/7/2022).
 


Sementara itu, ini bukan kali pertama Yura Yunita menjadi perbincangan berkat karya musiknya. Sebelumnya, dia juga sukses merilis video klip single Tutur Batin yang mengangkat isu perempuan.

Lewat karyanya itu, penyanyi asal Bandung itu mengajak para perempuan untuk saling merangkul, menerima ketidaksempurnaan yang dimiliki dan merayakan diri bersama-sama.

Baca juga: Tutur Batin Yura Yunita Tercurah di Panggung Java Jazz

Gambaran dan kisah yang ada dalam video musik tersebut mencoba menampilkan sederet pergumulan batin yang dialami perempuan karena berbagai persoalan mulai dari ketidaksetaraan, standar kecantikan hingga mengalami kekerasan.

Bagi Yura, kisah yang dipilihnya untuk ditampilkan dalam video musiknya merupakan kepingan dari hal-hal yang kerap kali dialami oleh sejumlah perempuan.

Dia menegaskan bahwa setiap perempuan spesial dan memiliki kisah istimewa untuk dituturkan. Oleh sebab itu, dia memilih untuk menampilkan sosok perempuan istimewa yang dapat dengan mudah ditemui keseharian dan memiliki perjuangannya masing-masing dalam video musiknya.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Memantau Aktivitas Fisik & Kebugaran Lewat Aplikasi Google Fit

BERIKUTNYA

Novel Kisah Spionase Gabriel Allon Masuk Daftar Best Seller

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: